Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

PramEko – Pada dasarnya di CorelDraw sudah menyediakan banyak model shape, seperti lingkaran, persegi, segitiga dan lain sebagainya. Namun bagaimana membuat beberapa shape baru dengan beberapa teknik?. Dalam pembuatan shape baru atau objek baru Anda dapat menggunakan teknik menggabungkan, memotong dan lain sebagainya.

Untuk teknik diatas biasa dikenal dengan istilah Shaping. Teknik shaping sangat penting dan sering dilakukan dalam mendesain. Teknik shaping terdiri dari Combine, Weld, Trim, Intersect, Front Minus Back CorelDraw.

Shaping Tools

Di CorelDraw sudah menyediakan kumpulan dari teknik shaping dan dapat digunakan dengan mudah. Berikut penjelasan dan cara menggunakan teknik shaping di CorelDraw.

Shaping Tools

Combine

Combine adalah teknik menggabungkan objek menjadi satu tanpa mengikut sertakan irisan. Jika objek memiliki fill atau warna dasar berbeda, ketika teknik combine digunakan maka warna objek akan mengikuti warna objek yang terakhir di seleksi.

Cara menggunakan teknik combile, buat lah dua objek kemudian seleksi kedua objek tersebut. Anda dapat menggunakan dua cara untuk seleksi objek.

  • Cara pertama, Klik salah satu objek kemudian tekan tombol Shift pada keyboard lalu klik atau pilih objek berikutnya.
  • Cara kedua, Klik kiri mouse Anda dan tahan kemudian blok semua objek

Setelah Anda seleksi kedua objek tersebut, pilih icon combine atau tekan tombol CRTL + L pada keyboard. Lihat gambar dibawah ini:

trim weld combine coreldraw

Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:

trim weld combine coreldraw

Weld

Weld adalah tekni menggabungkan dua objek menjadi satu. Tidak jauh berbeda dengan teknik combine, namun pada teknik weld irisan juga ikut tergabung menjadi satu tanpa menyisakan objek asli. Untuk menggunakan teknik ini, seleksi kedua objek lalu klik icon weld.

Dengan hasil akhir seperti gmabar dibawah ini:

trim weld combine coreldraw

Trim

Trim merupakan sebuah teknik memotong objek dengan menggunakan objek lain. Pada dasarnya adalah objek pertama yang kita seleksi akan memotong objek kedua yang diseleksi.

Cara menggunakan teknik ini tidak jauh berbeda dengan teknik sebelumnya, seleksi kedua objek lalu klik icon Trim. Untuk melihat objek sudah terpotong atau belum, geser salah satu objek tersebut.

maka hasilnya seperti gambar dibawah ini

trim weld combine coreldraw

Intersect

Teknik ini berfungsi untuk membuat atau mengambil objek yang bersinggungan atau lebih tepatnya irisan antara kedua objek. Cara menggunakannya seleksi kedua objek, lalu klik icon intersect.

trim weld combine coreldraw

Simplify

Fungsinya tidak jauh berbeda dengan Trim, hanya saja berbeda pada antara kedau objek tidak terpengaruh oleh objek mana yang di seleksi. Pada teknik Simplify objek yang berada paling atas akan memotong objek yang dibawahnya.

trim weld combine coreldraw

Trim, Weld, Combine CorelDraw diatas dapat Anda terapkan dengan mudah. Demikianlah penjelasan singkat tentang teknik shaping coreldraw. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar di akhir artikel ini atau melalui media sosial yang tertera. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

3 Comments

  • hotshot bald cop, 29 Maret 2022 @ 12:30 am Reply

    I was just telling my friend about that.

  • hotshot bald cop, 12 April 2022 @ 8:31 pm Reply

    That’s a great point

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.