Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Pengenalan – Apa itu Passive Income

Istilah passive income sering kali digunakan untuk istilah yang berhubungan dengan pendapatan. Passive income adalah penghasilan yang didapatkan tanpa harus melakukan pekerjaan atau usaha yang terlalu banyak. Sebagai contoh yang dapat dijadikan acuan adalah pemilik kontrakan, pemilik tidak banyak melakukan aktifitas untuk memperoleh penghasilan tambahan dan setiap bulannya penghasilan akan masuk.

Namun perlu diketahui sebelum pemasukan pasif didapat, Anda perlu mengeluarkan modal awal. Tentunya juga ditambah biaya lainnya yang tidak sedikit dan tidak sepenuhnya tidak melakukan usaha apaun untuk mendapatkan penghasilan. Sebab pendapatan yang bersifat pasif harus rela berkorban diawal dan siap menghadapi segala kondisi yang tak terduga.

Salah satu contoh pada era digital 4.0 dimana kemungkinan mendapatkan passive income sangat luas dan mudah dari internet. Dengan adanya Google Adsense memungkinkan Anda untuk mendapatkan passive income yang lebih banyak.

Apa itu Google Adsense?

Google Adsenese atau biasa dikenal juga dengan istilah Google Ads merupakan sebuah program Cost per Click (CPC) dari Google yang memungkinkan para pemilik website untuk menampilkan iklan di website atau blog pribadi. Google Adsense merupakan salah satu sumber passive income yang sangat mudah untuk digunakan dan menguntungkan. Jika lolos dalam verifikasi atau permintaan Anda disetujui untuk mendaftar Google Adsense Anda akan mendapatkan jutaan rupiah hingga milyaran rupiah setiap bulannya.

Pemilik website yang mengikuti program Google Adsense akan mendapatkan bayaran dari Google ketika beberapa iklan pada halaman yang ditayangkan di klik oleh pengunjung. Ciri-ciri website yang mengikuti program ini ditandai dengan adanya iklan pada bagian-bagian tertentu website, seperti diatas judul artikel, sidebar, footer dan juga pada tengah artikel.

apa itu google adsense

Keuntungan Google Adsense

Banyak keuntungan menggunakan Google Adsense diantaranya sebagai berikut:

  1. Penghasilan Tambahan

Seperti penjelasan diatas, jika Anda lolos dalam verifikasi dan terdaftar Anda akan mendapatkan bayaran yang telah disepakati. Penghasilan yang Anda dapatkan terbilang variatif dan tergantung beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut adalah tingkat popularitas website, trafik pengunjung website, besarnya nilai iklan yang ditawarkan oleh pemilik iklan dan lain sebagainya.

Google akan melakukan pembayaran dan akan di transfer secara otomatis disetiap bulannya. Pencairan dapat dilakukan dengan syarat penghasilan yang Anda peroleh dari Google Adsense sebesar $100 atau setara dengan Rp.1,4 Juta (kurs Rp.14.442).

2. Format iklan yang fleksibel

Google Adsense memberikan kebebasan untuk menampilkan berbagai jenis iklan di website Anda, tergantung dari ketersedian lokasi dan layout website. Anda tidak harus melakukan perubahan pada kode website Anda untuk menampilkan iklan. Semua iklan yang ditayangkan sudah diatur oleh sistem Google. Yang perlu Anda lakukan hanya meletakkan kode javascript pada website Anda.

3. Pembayaran Tepat Waktu

Ketika Anda sudah dapat mengatur pembayaran dan mencukupi persyaratan untuk melakukan penarikan setiap bulannya Anda tidak perlu khawatir mengenai pembayaran. Banyak perusahaan CPC yang tidak jujur dan tidak transparan dalam hal pembayaran, namun hal ini tidak akan Anda temukan Pada Google Adsense. Terbukti terpecaya.

4. Mudah Digunakan dan Dokumentasi lengkap

Jika Anda seorang pemula yang baru menggunakan Google Adsense tidak perlu khawatir. Google Adsense menyediakan dokumentasi lengkap untuk memandu Anda menggunakannya. Seperti apa yang harus Anda lakukan setelah mendapatkan email pemberitahuan Anda dinyatakan lolos, peletakan kode di website Anda dan lain sebagainya. Anda dapat melihatnya dan mempelajarinya lebih lanjut disini [Klik]

Cara Mendaftar Google Adsense dengan Mudah

Hal yang perlu Anda lakukan ketika ingin menggunakan program Google Adsense sebagai berikut:

Langkah 1 – Mendaftar Google Adsense

Pertama, Pastikan Anda sudah memiliki website atau blog pribadi. Anda harus mendaftarkan Akun Google Adsense Anda disini [Klik]. Proses pendaftarannya sangat mudah hanya mengisi nama domain website atau blog Anda, email yang Anda gunakan untuk mendaftar (direkomendasikan menggunakan Gmail) dan persetujuan pemberitahuan melalui email tentang Google Adsense. Perhatikan gambar dibawah ini.

cara daftar google adsense

Setelah Anda mendaftar biasanya membutuhkan waktu 3 hari untuk Google dapat memeriksa dan menerima Pendaftaran Anda, namun bisa lebih cepat. Banyak pemilik website mengatakan ini merupakan proses yang bisa dikatakan susah susah gampang, Google adsense akan memberitahu Anda jika ada beberapa kesalahan yang harus diperbaiki dari website. Pengalaman saya mendaftar Google Adsense membutuhkan 2 kali perbaikan pada masalah file Robots.txt dan 3 minggu untuk dinyatakan lolos mendaftar.

Langkah 2 – Mengaktifkan Akun Adsense

Setelah proses mendaftar Anda lalui sembari menunggu konfirmasi pemberitahuan Anda lolos atau tidak, masuk ke dalam Dashboard Google Adsense » Account. Kemudian isi beberapa informasi yang diminta.

Penting! Masukkan alamat Anda dengan benar. Alamat tersebut menjadi acuan Google Adsense untuk melakukan pembayaran atau Pencairan Google Adsense Anda. Jika salah, maka Anda tidak akan pernah dapat mencairkan dan menerima pendapatan Anda.

Setelah itu Anda akan diarahkan untuk meletakkan kode Javascript yang sudah disediakan oleh Google Adsense kedalam website Anda. Kode tersebut merupakan sebuah identitas atau ID unik Adsense Anda di dalam website. Jika salah, Anda tidak akan menerima atau Google tidak akan menampilkan iklan dengan benar.

Biasanya kode yang ditambahkan diletakkan didalam tag HTML <head>[kode adsense]</head>. Jika sudah meletakkan kode tersebut pastikan Anda memverifikasi pada dashboard Google Adsense Anda menyetujui atau memberikan tanda centang pada bagian ” I’ve pasted the code into my site “. Ini untuk memastikan dan memvalidasi kode tersebut benar-benar sudah diletakkan dan supaya Google Adsense dapat melakukan pengecekan dan melakukan audit website yang Anda daftarkan tadi.

Langkah 3 – Menunggu Komfirmasi

Google Adsense akan memberikan komfirmasi paling lambat 2 minggu, waktu tunggu komfirmasi dapat berbeda-beda disetiap pemilik website. Google Adsense akan memberitahu Anda jika ada masalah teknik yang perlu diperbaiki pada website Anda seperti yang telah dijelaskan pada langkah 1 diatas.

apa itu google adsense

Jika Anda dinyatakan layak untuk mengikuti program Google Adsense maka kan mendapatkan email komfirmasi seperti gambar dibawah ini:

apa itu google adsense

Langkah 4 – Menambahkan Adsense ke WordPress

Setelah Anda dinyatakan lolos, jangan lupa untuk menambahkan kode Adsense Anda di dalam website Anda. Pada pembahasan ini saya akan menjelaskan cara bagaimana menambahkan kode Adsense ke WordPress. Berikut langkah-langkahnya,

Menggunakan Plugin WordPress

Untuk menampilkan iklan pada website yang menggunakan WordPress, Anda dapat menggunakan bantuan plugin seperti dibawah ini:

Easy Google Adsense

apa itu google adsense

Dengan plugin ini Anda tidak perlu menggunakan pengaturan khusus, setelah diaktifkan Anda hanya perlu memasukkan ID Google Adsense atau ID Publisher Anda pada menu Dashboard » Settings » Easy Google Adsense. Kekurangan plugin ini, Anda tidak dapat menyesuaikan dan meletakkan secara manual dimana iklan yang Akan ditampilkan.

Ad Inserter

apa itu google adsense

Plugin ini dapat membantu Anda untuk menyisipkan iklan Adsense ke website WordPress Anda. Kelebihan dari plugin ini anda dapat memilih beberapa lokasi yang akan menjadi tempat menampilkan iklan, selain itu juga Anda dapat mengatur pilihan menampilkan otomatis yang memungkinkan plugin memilih acak lokasi iklan yang akan ditampilkan

Langkah 5 – Atur Iklan yang Akan Ditampilkan

Anda perlu mengatur iklan yang akan ditampikan pada website Anda. Setidaknya ada empat tipe iklan yang ditawarkan Google Adsense seperti Iklan Teks dan gambar (Teks and display ads), iklan berimbang (Matched Content), iklan in-feed dan iklan dalam artikel (In-article ads).

Anda juga dapat memilih ukuran iklan yang sesuai menurut Anda, seperti Responsive dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat mengatur gayaa Teks Ads, warna border, judul, teks, URL dab background. Fitur ini menjadi salah satu unggulan dari Google Adsense.

Perhatian!

Jika Anda sudah melakukan pengaturan Google Adsense pada website Anda, ada beberapa hal yang perlu dan sangat diperhatikan dalam menggunakan dan mengikuti Program Google Adsense. Ini dilakukan supaya tidak terjadi hal yang tidak diingankan dan tentunya juga dapat meningkatkan penghasilan dari Google Adsense Anda.

  • Lakukan Riset yang matang sebelum memulai – Sangat disarankan untuk mengikuti peraturan Adsense agar Anda dapat cepat diterima, hindari menggunakan boot atau cheet itu yang akan menyebabkan akun Anda akan mudah di suspend.
  • Penempatan Iklan yang tepat – Posisi iklan di website Anda akan menentukan penghasilan Anda. Anda dapat meletakkan iklan Anda pada awal atau diatas judul artikel dan dapat juga pad apertengan artikel.
  • Pilih ukuran iklan yang sesuai – Ukuran yang sering digunakan untuk iklan adalah 336×280, 728×90 dan 160×600.
  • Konten yang bersih, menarik dan unik – Pastikan konten atau artikel yang Anda buat tidak mengandung unsur copy paste atau menyalin secara utuh tanpa seizin pemilik dari artikel yang sudah ada.
  • Wesbite Responsive – Website Anda responsive, dalam artian dapat mendukung semua jenis web browser dan dapat menyesuaikan ukuran layar setiap perangkat, laptop, desktop, tablet dan mobile.
  • Fatal! – Jangan klik iklan Adsense Anda baik sengaja ataupun tidak, ataupun sampai meminta orang lain untuk mengeklik iklan Anda. Google dapat mendeteksi ini sejak lama. Jangan sampai akun Google Adsense Anda terkena suspend karena masalah ini.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menambah penghasilan passive income dan Apa itu Google Adsense. Jika ada yang ditanyakan dan ditambahkan silahkan ajukan pada kolom komentar setelah artikel ini. Terimakasih 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.