Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Saat ini menanam atau koleksi tanaman hias menjadi salah satu hobi yang masih tinggi peminatnya. Bahkan setiap hari masih saja kita lihat pembahasan tanaman hias menjadi topik hangat di beberapa media masa. Masa pandemi seperti saat banyak orang mendadak suka menanam tanaman hias.

Perlu kamu ketahui, tanaman hias banyak sekali jenisnya, seperti monstera, aglaonema, kaktus, pakis dan masih banyak lagi. Dari jenis tanaman hias tadi, kamu sudah punya koleksinya di rumah?. Dari beberapa jenis tanaman hias tadi, kali ini saya akan membahas mengenai tanaman hias daun yaitu Monstera.

Mengenal Monstera

Genus Monstera atau biasa dikenal hanya Monstera merupakan tanaman hias daun dari keluarga Arum (Araceae) yang berasal dari wilayah Amerika tropis. Monstera memiliki ciri khas dari bentuk daunnya. Tumbuhan monstera umumnya memanjat atau merambat dan dapat bersifat terestial atau epifit.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, keunikan lain dari monstera terletak pada daunnya. Sebagai ciri khas monstera memiliki daun yang lebar, berlubang dan memiliki sobekan pada pinggiran daunnya. Tentunya keunikan ini terjadi secara alami.

Saat ini monstera menyandang status tanaman hias daun sebagai tanaman sultan, mengapa demikian?. Tanaman hias ini selain unik juga memiliki harga yang mahal, dan akan semakin mahal jika masuk dalam kategori jenis variegata.

Jenis Monstera

Jenis monstera ada banyak sekali, jika kamu masih pemula dalam menggeluti hobi baru tanaman hias dan ingin memiliki monstera sebagai salah satu koleksi di rumah harus mengetahui jenis monstera yang ada saat ini. Jika kamu tidak tahu jenis monstera tentunya nanti banyak kerugian yang muncul selain dari kamu tertipu harga hingga salah menyebut jenis. Berikut beberapa jenis monstera yang ada saat ini, cek kamu ingin yang mana:

Monstera Deliciosa

Untuk jenis monstera pertama yang akan saya bahas adalah Monstera Deliciosa. Jenis ini banyak kita jumpai di beberapa lokasi dan bisa dikatakan tidak sulit untuk menemukan deliciosa jika kamu ingin membelinya. Deliciosa memiliki ciri khas daun yang berbentuk hati, lebar (king), memiliki lubang-lubang ditengahnya dan memiliki sobekan-sobekan pada pinggir daunnya.

jenis monstera deliciosa

Daun deliciosa memiliki jarak antar daun sangat rapat, untuk daun pertama kamu akan langsung memiliki daun yang sobek. Pertumbuhan delicioasa sangat cepat untuk muncul daun baru selanjutnya.

Memiliki warna daun yang hijau, dan jika semakin tua deliciosa akan memiliki warna daun hijau gelap. Tanaman ini dapat bertahan hidup di dalam ruangan dengan suhu sekitar 20-30 derajat celcius. Untuk mengurangi tingkat stres tanaman, keluarkan sesekali dari ruangan dan hindari terkena sinar matahari langsung.

Kamu seorang pemula dan ingin memiliki tanaman hias ini? saya sangat menyarankan kamu untuk membeli jenis deliciosa. Deliciosa memiliki harga jual yang bisa terbilang relatif murah. Di pasaran saat ini deliciosa dibandrol harga mulai 100 ribu hingga 200 ribu tergantung besar kecil daun yang dimiliki.

Monstera Adansonii

jenis monstera adansonii

Monstera Adansonii atau lebih dikenal dengan nama Janda Bolong. Yah, bukan orang Indonesia tentunya jika tidak memiliki istilah nyeleneh haha. Berbeda dengan monstera deliciosa, jenis adansonii hanya memiliki lubang-lubang pada bagian tengah saja. Tidak memiliki sobekan dan daunnya juga lebih kecil dari deliciosa.

Memiliki warna degradasi hijau menjadi ciri khas monstera ini. Warna yang terlihat hijau tua dan semakin ke ujung daun memiliki warna hijau muda, ini lah yang kita ketahui dengan degradasi warna. Jenis monstera ini tumbuh menjalar dan memiliki batang kecil, ini akan membuat kamu lebih fleksibel jika ingin membuat tanaman gantung.

Untuk harga, adansonii memiliki variasi harga mulai dari 30 ribu hingga 100 ribu tergantung dari ukuran tanaman. Kamu dapat meletakkan adansonii di dalam ruangan tertutup dengan suhu 2-30 derajat celcius.

Monstera Borsigiana

Jenis monstera borsigiana ini secara kasat mata tidak terlalu berbeda jauh dengan delicioasa. Mengapa demikian? dari bentuk daunnya sulit untuk dilihat perbedaanya jika kamu seorang pemula. Banyak juga dari mereka salah menyebut atau terbalik untuk jenis monstera borsigiana dan deliciosa. Perbedaannya dapat kamu lihat pada struktur batang, borsigiana meliliki batang yang kecil.

jenis monstera

Jarak antara daun sangat lah jauh, tidak seperti deliciosa yang rapat. Selain itu lubang yang ada memiliki jumlah yang sedikit dan jarak yang jauh antara lubang yang satu dengan yang lainnya. Untuk pertumbuhan, daun baru muncul membutuhkan waktu yang lama.

Monstera Obliqua

Jenis Obliqua sangat sulit ditemukan saat ini, jika pun ada tentunya harganya sangat mahal. Tanaman ini memliki ukuran daun bulat dan kecil. Selain itu yang menjadi ciri khas obliqua adalah memiliki lubang ditengah yang besar. Daun obliqua sangat tipis dan mudah sobek, dan berwarna hijau pekat.

Jenis tanaman ini sering menjadi pelengkap atau hiasan diatas meja ruang tamu dan meja kerja. Bentuk yang mungil menjadikan monstera ini mudah disesuaikan untuk kamu yang memiliki ruangan sempit.

Monstera Variegata

Daun Sultan atau tanaman sultan! Tumbuhan dengan tambahan istilah variegata tentunya memiliki harga yang mahal. Variegata merupakan salah satu jenis yang unik karena memiliki warna yang berbeda dari tanaman biasanya. Variegata memiliki warna hijau, putih dan agak kekuningan. Biasanya warna putih mendominasi.

jenis monstera
Sumber gambar: Adobe Stock

Harga variegata bergantung pada motif dan ukuran daun. Monstera tidak variegata saja sudah mahal, apalagi kalau sudah masuk kategori variegata. Harga mulai dari jutaan, puluhan juta hingga bahkan ratusan juta.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis monstera. Jika Anda ingin memiliki monstera untuk melengkapi koleksi pastikan sudah mengetahui jenis-jenisnya. Untuk pembahasan bagaimana merawat monstera yang baik dan benar akan dibahas pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih! Salam lestari 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.