Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Prameko.com – Halo, semoga kalian dalam keadaan sehat selalu ya. Kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis literasi, salah satunya adalah Literasi Teknologi. Mari simak penjelasan pengertian literasi teknologi dan manfaatnya.

Baca juga: Pengertian Literasi, Pahami Tujuan dan Manfaatnya

Pengertian Literasi Teknologi

Ada beberapa pendapat yang memberikan definisi atau makna tentang literasi teknologi. Berikut beberapa defenisi literasi teknologi dari beberapa ahli:

  • Maryland Technology Education State Curriculum, Literasi Teknologi adalah kemampuan untuk menggunakan, memahami, mengatur dan menilai suatu inovasi yang melibatkan proses dan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah dan memperluas kemampuan seseorang.
  • National Academy Of Engineering and National Research Council Of The National Academis, Literasi Teknologi ialah sebuah pemahaman tentang teknologi pada sebuah tingkatan yang memungkinkan pemanfaatan secara efektif dalam masyarakat teknologi modern yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu, pengetahuan, kemampuan dan berfikir kritis, serta pembuatan keputusan.
  • Rose (2007:43), Literasi teknologi dapat dimaknai sebagai pemahaman atas hasil karya buatan manusia, hubungan diantara sains, lingkungan dan teknologi, kemampuan untuk menggunakan teknologi khususunya didalam pembelajaran sains dan kemampuan berinkuiri, serta kemampuan untuk mengevaluasi dan membuat suatu keputusan.

Maka literasi teknologi dapat dimaknai sebagai kemampuan yang terdiri dari aspek ilmu pengetahuan, keterampilan berpikir kritis, serta pembuatan keputusan dalam upaya pemanfaatan teknologi/inovasi hasil karya manusia secara efektif pada dunia pendidikan.

Manfaat Literasi

Ada banyak manfaat jika Anda menerapkan literasi teknologi sejak dini, berikut manfaat literasi teknologi:

  • Memiliki keterampilan mencerna dengan bijak informasi media sosial
  • Memiliki pemikiran kritis dan membentuk cara berfikir yang mendalam
  • Kemudahan mendapatkan sumber-sumber belajar sehingga mampu meningkatkan kompetensi dalam belajar
  • Mudah berokomunikasi dengan teknologi yang sedang digunakan

Sesuai penjelasan diatas, perlu Anda ketahui literasi teknologi juga memiliki empat bagian yaitu literasi informasi, literasi komputer, literasi digital dan literasi internet. Literasi internet adalah kemampuan menggunakan pengetahuan teoritis dan praktis mengenai internet. Pada literasi informasi maksudnya adalah kemampuan mengakses, evaluasi dan menggunakan informasi dari berbagai bentuk media.

Sedangkan pada literasi komputer adalah kemampuan pada bidang komputer untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Demikianlah pembahasan mengenai pengertian literasi teknologi, manfaat dan konsep dasarnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.