Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Struktur Jabatan Startup – Anda pernah atau sering mendengar istilah startup? Jika kamu bekerja di bidang digital mungkin sudah tidak asing kan dengan startup? Lalu bagaimana dengan yang bukan bekerja di bidang digital? Nah, saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang startup sebelum masuk pada pembahasan jabatan yang ada di startup.

Apa itu Startup?

Startup adalah sebuah istilah yang merujuk pada suatu bisnis atau perusahaan yang mengembangnkan sebuah produk atau layanan unik yang belum ada sebelumnya sesuai dengan target dan kebutuhan pasar.

Dari sistem pendanaannya, startup memiliki sumber dana yang berasal dari investo atau venture capital. Tentunya modal atau sumber dayan yang didapatkan cukuplah besar setiap tahunnya. Lalu bagaimana dengan pemerintah? apakah pemerintah mendukung adanya startup?. Tentunya sangat mendukung, ini terbukti adanya program pemberian atau suntikan dana untuk startup seperti PPBT dan CPBT.

Lalu apakah startup dengan perusahaan itu sama? tentunya berbeda, lalu apa bedanya? Berikut beberapa perbedaan startup dengan perusahaan biasa:

  • Struktur organisasi, investor tidak tergabung dalam startup, berkebalikan dengan perusahaan biasa,
  • Sumber dana, pada perusahaan biasa sumber dana berasalah dari pribadi atau sekelompok orang, sampai kapan pun merkealah yang akan mendanai perusahan tersebut. Berbeda dengan startup, dana yang di dapat dari investor yang berbeda-beda.
  • Jam kerja, pada startup jam kerja sangat flexibel dan tidak ada aturan berapa jam kerja dalam seharian. Tentunya ini berbeda bukan dengan perusahaan biasanya, dimana Anda dituntut kerja 8 jam dalam sehari senin sampai jumat.

Jika Anda sudah memahami apa itu startup, mari kita lanjut membahas mengenai jabatan terpenting yang ada di startup.

Struktur Jabatan Startup

Tidak hanya di startup, di seluruh perusahaan yang bergerak dalam segala bidang tentunya memiliki struktur jabatan organisasi yang jelas. Mengapa demikian? struktur jabatan ini lah yang juga menjadi faktor keberhasilan sebuah perusahaan. Berikut Struktur Jabatan Startup terpenting saat ini adalah:

CEO

Struktur Jabatan Startup

Chief Executive Officer atau biasa disingkat dengan istilah CEO merupakan istilah yang sering kita dengar. Jika Anda sering mengikuti dan menghadiri sebuah seminar-seminar yang berkaitan dengan kemajuan teknologi, jabatan CEO ini sangat sering kali muncul. Tugas dari CEO adalah sebagai pemimpin dan perwakilan sebuah startup.

Jabatan ini sangatlah penting, untuk menduduki jabatan ini tentunya tidak sembarang memilih. Karena kemajuan dan keberhasilan perusahaan bergantung pada jabatan ini. Berikut peran seorang CEO:

  • Memprediksi tren pasar
  • Merekrut anggota tim
  • Menjalin hubungan dengan investor atau pemberi modal
  • Mengelola dan mengatur anggaran perusahaan
  • Menentukan strategi bisnis yang tepat

CTO

Untuk jabatan ini mungkin masih sangat asing. Chief Technology Officer atau biasa disingkat dengan istilah CTO. Jabatan ini bisa dikatakan sangat berpengaruh, mengapa demikian? Seorang CTO harus memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin demi kemajuan perusahaan.

Berhembus kabar, CTO ini menjadi salah satu tangan kanan dari Founder sebuah perusahaan. Bagaimana itu bis aterjadi, karena dari seorang CTO lah ide baru dan cemerlang selalu muncul. Namun jabatan ini hanya banyak ada pada perusahaan yang bergerak di bidang internet ataupun aplikasi. Tidak memungkiri CTO juga ada pada perusahaan yang tidak bergerak di bidang internet dan aplikasi saja, seperti perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit, retail dan lain sebagainya.

Jabatan ini langsung berada pada posisi dibawah tanggung jawab CEO secara langsung. Jika Anda memiliki perusahaan di bidang teknologi, dan belum memiliki jabatan ini, mungkin dapat membuka peluang untuk penempatan jabatan ini untuk kemajuan yang lebih baik lagi di perusahaan Anda.

CFO

Struktur Jabatan Startup

Chief Financial Officer atau biasa disingkat dengan CFO merupakan jabatan yang tidak terlalu asing. Berbeda dengan jabatan lainnya seperti CEO dan CTO yang selalu dapat tampil di depan publik, jabatan ini bekerja di balik layar. Tugas dari jabatan ini sendiri adalah mengelola seluruh keuangan perusahaan.

Untuk startup yang bergerak di bidang jasa asuransi atau keungan, jabatan ini berada di paling atas dalam perusahaan. Karena startup dengan bidang atau yang melayani keuangan tentunya akan sangat bergantung pada jabatan ini.

CMO

CMO atau dengan kepanjangan dari Chief Marketing Officer, merupakan jabatan yang bertugas dalam pengembangan strategi pemasaran seperti melakukan riset, mengelola hubungan dengan client, dan kebutuhan pasar. Ada yang mengatakan jabatan ini hampir sama dengan direktur marketing. Namun nyatanya tidak sama, jabatan CMO memiliki peran dan tugas yang lebih luas dibangingkan dengan direktur marketing.

COO

COO adalah singkatan dari Chief Operating Officer, tugas dari jabatan ini sendiri adalah dalam bidang pengelolaan perusahaan. Selain itu jabatan ini juga bertanggung jawab menjebatani perusahaan dengan pimpinan perusahaan. COO juga bertugas dalam riset, pengembangan produk, dan pemasaran produk.

CEO dan COO memiliki hungan yang sangat erat dan berkaitan. Dengan itu kedua jabatan ini tidak dapat dipisahkan. Mereka yang menjabati jabatan ini harus memiliki kemapuan teknis yang tinggi. Selain kemampuan teknis, coo juga harus dapat menjalin hubungan relasi dengan siapapun.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.