Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Belajar Excel DATEDIF – Pada artikel ini saya akan membahas mengenai Rumus atau Fungsi DATEDIF pada Microsoft Excel untuk menghitung selisih antara dua tanggal. Berikut penjelasan mengenai Rumus DATEDIF.

Baca juga: Fungsi Max dan Min di Microsoft Excel

Apa itu DATEIF Excel?

DATEDIF adalah salah satu rumus Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung dan mencari selisih antara tanggal dengan format hari, bulan dan tahun yang telah ditentukan. Biasanya rumus DATEDIF pada Microsoft Excel digunakan sebagai perhitungan usia, masa kerja karyawan dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa rumus DATEDIF tidak termasuk ke dalam rumus tetap atau baku dalam Microsoft Excel ini di buktikan dengan DATEDIF tidak akan muncul secara otomatis (Auto complete) jika Anda mengetikkan =DATEDIF pada formula bar. Berbeda dengan =DATE maka akan muncul secara otomatis akan muncul beberapa pilihan rumus yang menggunakan format DATE. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:

rumus datedif excel
rumus datedif excel

Rumus DATEIF pada dasarnya adalah fungsi excel yang tersedia untuk kompatibilitas dengan Lotus123. Lotus 123 merupakan sebuah nama dari aplikasi yang dikeluarkan oleh IBM satu paket dengan aplikasi office. Untuk menggunakan rumus DATEIF Anda perlu mengetikkannya secara manual dan rumus ini masih dapat berfungsi pada Microsoft office versi 2007, 2010, 2013, 2016 dan terbaru.

Cara Menggunakan Rumus DATEDIF Excel

Sintaks atau sistem dasar penulisan rumus DATEDIF adalah =DATEDIF(TglAwal;TglAkhir;Kodesatuan). Pada rumus DATEDIF juga memiliki kode satuan dan ini merupakan sebuah Argumen yang berfungsi untuk mendapatkan informasi selisih tanggal di excel.

Baca juga: Penggunaan Rumus IF di Excel

Argumen kode satuan tersebut seperti “Y”, “M”, “D”, “MD”, “YM”, “YD”. Pada Argumen Y untuk menghasilkan jumlah total tahun antara kedua tanggal, Argumen M untuk menghasilkan jumlah total bulan, Argumen D untuk menghasilkan jumlah total hari.

Dan untuk MD untuk menghasilkan selisih hari TglAwal dan TglAkhir, YM untuk menghasilkan selisih bulan tanpa menghitung selisih hari dan tahun, dan yang terakhir adalah YD untuk menghasilkan selisih hari dari TglAwal dan TglAkhir tanpa menghitung selisih Tahun dari tanggal.

Berikut Contoh soal DATEDIF di excel:

rumus datedif excel

Pada soal nomor pertama, kita akan menghitung jumlah tahun dari tanggal 21 Maret 2018 sampai dengan 30 Maret 2021. Berikut rumus excel yang dapat Anda gunakan:

=DATEDIF(B2;C2;”Y”)

Selanjutnya pada soal nomor dua, kita akan menghitung jumlah bulan dari tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 27 Mei 2021. Berikut rumus excel yang dapat Anda gunakan:

=DATEDIF(B3;C3;”M”)

Sedangkan pada soal nomor tiga, kita akan menghitung jumlah hari dari tanggal 18 Januari 1993 sampai dengan 18 Januari 2021. Berikut rumus excel yang dapat Anda gunakan:

=DATEDIF(B4;C4;”D”)

Download file latihan: [Klik]

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan DATEDIF di Excel. Jika ada yang perlu tambahan dan pertanyaan, ajukan pada kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.