Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Microsoft excel masih menjadi salah satu aplikasi atau software andalan dalam mengolah data perkantoran sampai saat ini. Banyak juga yang beranggapan Microsoft Excel sulit untuk dikuasai. Sedikit kesalahan pada penulisan rumus atau formula berakibat error dan perubahan data yang tidak valid.

Jika terjadi kesalahan atau error banyak waktu terbuang hanya untuk mencari solusinya dan banyak yang terjadi kebanyakan pengguna mengulangi kembali dari awal mengolah data daripada mencari solusinya. Kali ini saya akan membahas mengenai mengenal pesan error yang sering muncul pada Microsoft Excel.

Pesan Error Microsoft Excel

Ada banyak pesan error pada Microsoft Excel, biasanya pesan error ditandai dengan awalan tanda pagar (#) dan di ikuti dengan kode lain. Berikut beberapa dari pesan error yang sering terjadi dan dialami oleh pengguna.

1. #VALUE

Jenis pesan error microsoft excel dengan kode #VALUE menandakan tipe data yang Anda masukkan kedalam rumus atau fungsi tidak sesuai dengan tipe data yang diminta atau diharapkan oleh fungsi atau rumus pada microsoft excel.

Sebagai contoh jika kita menggunakan fungsi penjumlahan, jika yang dijumlahkan adalah sebuah kata bukan angka maka akan muncul pesan error #VALUE, karena penjumlahan hanya dapat di gunakan pada Angka saja.

pesan error microsoft excel #value

2. #REF!

Pesan error microsoft excel dengan kode #REF! rumus yang Anda gunakan mengacu pada referensi cell yang salah atau tidak valid. Hal ini terjadi jika sebuah referensi tidak sengaja terhapus, Anda pindah pada workbook lain, atau bisa pada saat workbook belum terbuka secara penuh. Ini biasa terjadi jika Anda melakukan pengolahan data menggunakan metode multi workbook.

3. ########

Mungkin pesan error dengan kode ######## adalah pesan error yang paling unik dan berbeda dengan lainnya. Pesan error ini menujukkan kolom yang Anda buat terlalu sempit sehingga tidak dapat menampung jumlah digit angka yang ada pada cell tersebut. Selain itu pesan error ini menunjukkan adanya penginputan dan menampilkan tanggal/waktu yang bernilai negatif.

pesan error microsoft excel ########

4. #N/A

#N/A merupakan pesan error yang menandakan rumus excel yang Anda gunakan menghasilkan nilai yang tidak ada atau rumus excel tidak dapat menemukan nilai yang direferensikan. Pesan error #N/A sering muncul ketika Anda menggunakan rumus vlookup, hlookup dan lookup.

5. #NUM

Pesan error microsft excel selanjutnya adalah #NUM, ini menandakan rumus excel yang Anda gunakan menghasilkan nilai numeric yang tidak valid. Ini biasa terjadi ketika nilai tersebut terlalu besar atau terlalu kecil melebihi kemampuan spesifikasi microsoft excel.

6. #NAME?

#NAME? dengan kode ini menandakan rumus excel yang Anda gunakan tidak valid. Biasanya ini sering terjadi ketika Anda salah ketik dalam penulisan rumus dan bisa jadi rumus yang Anda masukkan tidak tersedia di Microsoft Excel.

pesan error microsoft excel #NAME

7. #NULL

Pesan error microsoft excel selanjutnya adalah #NULL. #NULL ini terjadi karena rentang cell yang kita masukkan kedalam rumus tidak ada mengandung irisan atau tidak ada pemisah argumen sepeti titik dua (:), titik koma (;), dan koma (,) dan juga terjadi karena adanya spasi diantara penulisan rumus.

Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini

Demikianlah penjelasan mengenai pesan error microsft excel, semoga bermanfaat dan dapat membantu. Jika ada pertanyaan dan ada yang ingin ditambahkan silahkan ajukan pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.