Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Buat Template Oxygen – Tempate di oxygen sanganlah penting. Template adalah desain yang dapat Anda gunakan ke banyak tempat di website. Anda dapat membuat header, footer ataupun tampilan lain tanpa harus membuat ulang jika ingin menggunakannya ke banyak halaman.

Template juga dapat Anda gunakan untuk halaman, post type, produk woocommerce, forum, hasil pencarian, arsip dan setiap bagian lain dari website Anda. Dengan adanya template, Anda lebih menghemat waktu dan jika Anda ingin merubahnya tidak harus satu per satu lagi.

Baca juga: Pengenalan Visual Editor Oxygen Builder

Cara Buat Template Oxygen

Berikut langkah-langkah membuat template di Oxygen builder, dan bagaimana menerapkannya di website Anda:

  • Masuk halaman Dashboard » Oxygen » Templates, pilih Add New Template.
  • Beri nama untuk template Anda, lalu Publish atau terbitkan.
  • Tentukan di mana template Anda akan gunakan melalui pilihan WHERE DOES THIS TEMPLATE APPLY?, lalu simpan. Berikut pilihan yang dapat Anda pilih:
buat template oxygen
buat template oxygen
buat template oxygen
  • Klik tombol biru Edit with Oxygen untuk membuat desain template

Inheritable Templates

Inheritable Templates adalah template yang berisi elemen konten yang dapat digunakan oleh template lain juga. Misal Anda membuat template header & footer untuk page saja, namun Anda ingin menggunakannya pada template produk woocommerce. Jadi Anda tidak perlu membuat template baru, dapat menggunakan template page tadi.

Jika Anda ingin merubah tampilan, tidak dapat melakukannya pada template yang Anda terapkan. Anda harus melakukan perubahan pada template utama yang Anda gunakan sebagai inherits.

Template Priority

Ketika pengaturan template ada yang sama, berarti beberapa pengaturan template dapat Anda gunakan juga di konten yang sama. Template dengan nomor prioritas tertinggi digunakan. Untuk mengatur prioritas, tentukan nomor Prioritas Template.

Contoh Struktur Template Oxygen

Berikut adalah contoh struktur yang dapat Anda gunakan pada page, post, dan produk woocommerce:

  • Main template – Berisi header, footer dan inner content.
  • Page template – Inherits main template, berisi inner content juga.
  • Blog post template – Inherits dari main template,, gunakan untuk semua jenis single post.
  • Generic Archive template – Inherits dari main template, gunakan jenis template ini untuk semua jenis archive.
  • Woocommerce Product template – Inherits main template, gunakan inner content untuk menampilkan produk woocommerce.
  • Woocommerce Shop Archive – Inherits main template, gunakan pengaturan ini hanya berlaku untuk woocommerce product overview.

Baca juga: Panduan Install dan Konfigurasi Oxygen Builder WordPress

Shortcodes

Anda memiliki desain halaman yang sama pada website lain dan ingin menerapkan desain yang sama pada website yang sedang Anda buat? Anda dapat menggunakan fitur shortcodes, copy desain website oxygen lain dan paste pada website yang ingin Anda terapkan.

Untuk bagaimana membuat header dan footer oxygen silahkan baca pembahasan artikel selanjutnya.

Demikianlah pembahasan mengenai cara buat template di oxygen builder. Jika ada saran dan ingin menambahkan penjelasan diatas, silahkan ajukan pada kolom komentar setelah pembahasan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih! 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.