Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara menggunakan repeater element oxygen – Halo, semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Baru menggunakan oxygen builder? mencari referensi bagaimana cara menggunakan oxygen builder di wordpress?. Anda berada di situs yang tepat, prameko.com menjadi salah satu dan pertama yang memberikan banyak tutorial penggunaan oxygen builder dalam bahasa Indonesia.

Jika pada pembahasan sebelumnya menjelaskan bagaimana cara membuat header di oxygen, kali ini saya akan membahas mengenai repeater element. Apa itu Repeater Element? Repeater adalah sebuah element yang ada di oxygen builder yang memungkinkan dapat membuat loop menggunakan query.

Jika Anda menggunakan page builder lainnya masih menggunakan penulisan kode atau query manual dan membungkusnya dengan shortcode untuk menampilkan sebuah loop sederhana. Namun berbeda dengan oxygen, jika ingin menampilkan loop menggunakan query untuk menampilkan post atau custom post dapat menggunakan repeater element.

Biasanya element ini dapat Anda gunakan untuk menampilkan sebuah listing atau archive seperti post, custom post dan page. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, tidak perlu menulis kode query dari awal. Dengan adanya repeater, dapat membuat sebuah query dengan hanya memilih sesuai fitur yang sudah ada.

Lalu bagaimana jika query yang kita butuhkan tidak tersedia di repeater element? Anda dapat menggunakan advanced mode atau kustom untuk menambahkan query yang tidak ada. Apakah sulit menggunakan element ini? Tentunya tidak.

Cara Menggunakan Repeater Oxygen

Meskipun membuat sebuah query dengan mudah di oxygen, Anda tetap harus memahami konsep dari wp_query terlebih dahulu. Mengapa demikian? banyak parameter yang nantinya perlu Anda ketahui dan dapat gunakan dengan itu Anda sudah paham dan mengerti fungsi dari setiap param itu.

Saya akan meberikan contoh untuk membuat sebuah listing loop post. Pastikan sudah membuat beberapa post yang nantinya akan kita tampilkan. Berikut ini cara mudah menggunakan repeater di oxygen builder:

Baca juga: Cara Buat Header di Oxygen Builder WordPress

  • Buat sebuah halaman, dan beri nama Blog. Jangan lupa pilih page templatenya, publish!
  • Edit halaman menggunakan oxygen,
  • Ketik pada kolom pencarian element dengan kata kunci Repeater. Tambahkan!
cara menggunakan repeater oxygen
  • Selanjutnya, lihat pada sidebar bagian kanan. Pada sidebar ada beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah loop sederhana. Beberapa pilihan tersebut seperti Query, Layout, Pagination dan Grid
  • Klik pada menu Query, dan pilih tab Custom. Lalu pilih menu Post Type,
  • Pada menu ini kita akan memilih post type apa yang ingin kita tampilkan, saya memilih post. Jika Anda ingin menampilkan post type lain juga bisa.
cara menggunakan repeater oxygen
  • Selanjutnya, Anda juga dapat memilih post yang akan ditampilkan berdasarkan taxonomy pada menu Filter. Jika ingin merubah urutan yang akan ditampilkan pilih menu Order.Jika ingin membatasi berapa post yang ingin ditampilkan pada sebuah halaman silahkan pilih menu Count.
cara menggunakan repeater oxygen
cara menggunakan repeater oxygen
  • Jika sudah selesai melakukan konfigurasi, simpan atau klik tombol Apply Query Params.
cara menggunakan repeater oxygen
  • Ini belum dapat muncul, Anda perlu menampilkan beberapa element seperti Judul, Gambar, excerpt dan lain-lainnya. Beralih pada sidebar sebelah kanan Anda Structure oxygen. Add element Gambar untuk menampilan featured image post. Pada sidebar sebelah kiri, pilih tombol data untuk menampilkan gambar. Pilih Featured Image!
cara menggunakan repeater oxygen
cara menggunakan repeater oxygen
  • Dan jangan lupa tambahkan element heading untuk menampilkan judul post. Untuk menampilkan judul post secara otomatis, klik element heading, lalu dobel klik, tekan tombol ctrl + a, lalu hapus teks default element. Selanjutnya, pilih insert data pada menu bagian atas. Pilih post Title dan ceklis pada bagian Link.
cara menggunakan repeater oxygen
  • Simpan dan lihat tampilan pada front-endnya.
cara menggunakan repeater oxygen

Anda perlu menambahkan kode css supaya tampilan lebih rapi dan bagus. Mudah bukan? Demikianlah pembahasan singkat mengenai bagaiamana cara membuat loop sederhana menggunakan Repeater element di oxygen builder wordpress.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.