Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Mengatasi Masalah Oxygen Builder – Oxygen builder menjadi salah satu favorit saat ini untuk membangun sebuah situs yang menggunakan CMS WordPress. Meskipun harga untuk berlangganan cukup mahal, nyatanya setiap tahun pengguna oxygen builder semakin meningkat. Jika Anda ingin mencoba namun tidak memiliki banyak biaya untuk berlangganan, dapat membelinya di platform ecommerce Indonesia.

Selain pengguna, tentunya dari perkembangan komunitas juga semakin besar. Tersedia beberapa forum baik itu dari pengguna setia ataupun forum resmi oxygen builder sendiri, penggunanya saling berbagi informasi seputar builder ini.

Hingga saat artikel ini tayang, versi oxygen adalah 4.0.1 RC Final. Dapat kita lihat setiap perbaikan dari berbagai macam masalah selalu cepat untuk diperbaharui dan teratasi. Anda harus tahu, kesalahan yang ada tidak harus menunggu pembaharuan selanjutnya untuk dapat terselesaikan. Melainkan Anda dapat melakukannya sendiri.

Mengatasi Masalah Oxygen Builder

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ketika ada masalah pada oxygen builder kita dapat langsung mengatasinya tanpa harus menunggu pembaharuan selanjutnya. Apa saja masalah yang dapat kita hadapi dan bagaimana cara menanggulanginya? berikut beberapa cara mengatasi masalah di oxygen builder:

Error Setelah Migrasi

Error atau kesalahan ini adalah hal yang umum terjadi. Ketika Anda melakukan migrasi dari localhost atau dari berbeda server, selanjutnya banyak tampilan pada frontend tidak muncul secara keseluruhan. Misal, di halaman homepage memiliki banyak section atau block dan setelah migrasi selesai beberapa section tidak tampil.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cukup mudah, masuk pada Dashboard » Oxygen » Settings dan pilih tab Security. Ceklis atau centang pada bagian Show invalid schortcode signature warnings on the front end, lalu klik tombol Sign All Shortcodes

mengatasi masalah oxygen builder

Pada tampilan selanjutnya, ceklis pada pilihan I have made a complete backup of my site dan keseluruhan pada pilihan select the post types. Jika sudah Anda pilih semua, klik tombol Start shortcodes signing process, tunggu hingga selesai “Done”.

mengatasi masalah oxygen builder

Kode/Script Tidak Tampil

Setelah Anda memperbaiki tampilan front end yang tidak tampil secara keseluruhan, nyatanya masalah selanjutnya masih ada. Meskipun ini tidak terjadi pada setiap pengguna, namun dari beberapa pengalaman yang saya hadapi dan temukan seperti ini. Error atau kesalahan selanjutnya adalah pada saat menambahkan kode/script seperti css, javascript hingga penambahan class/ID tidak tampil atau mengalami perubahan.

Lalu bagaimana solusinya? Cukup mudah sekali. Masuk Dashboard » Oxygen » Settings pilih tab CSS Cache. Unchecklist pada bagian Enable CSS Caching, klik tombol Save Changes.

mengatasi masalah oxygen builder

Selanjutnya, klik tombol Regenerate CSS Cache untuk generate ulang css cache setelah migrasi.

Halaman 404/Page Not Found

Hal ini terjadi ketika Anda klik menu yang ada pada header & footer dan menampilkan halaman tidak ditemukan atau 404. Cek kembali apakah halaman dan menu tersebut masih ada atau tidak. Jika masih ada dan tidak Anda hapus sebelumnya, berikut cara mudah untuk mengatasi halaman supaya tidak 404.

Masuk Dashboard » Settings » Permalinks, tanpa perlu melakukan konfigurasi atau pengaturan lainnya langsung saja klik tombol Simpan atau Save Changes.

mengatasi masalah oxygen builder

Error 500

Jika Anda menemukan error 500 ini terjadi yang disebabkan oleh server Anda. Silahkan cek file atau menu error log pada server untuk melihat pesan kesalahan yang muncul. Perbaiki kesalahan sesuai dengan pesan kesalahan yang muncul. Jika mengalami kesulitan, silahkan ajukan bantuan pada teknisi penyedia hosting dan domain yang Anda sewa.

Baca juga: Mengenal Pesan Error Pada Website

Selain itu penyebab umum dari kesalahan ini adalah situs Anda kehabisan Memori. Ini biasanya ditandai pada saat Anda mencoba melakukan edit halaman dan template. Mengapa ini bisa terjadi, dikarenakan banyaknya item atau elemen yang perlu dimuat oleh oxygen dan membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengatasi masalah ini adalah masuk pada Dashboard » Oxygen » General dan isikan pada kolom History Limit menjadi 10.

mengatasi masalah oxygen builder

Error PHP

Maksud dari error PHP ini adalah pada penulisan syntax php yang muncul tidak sesuai dengan versi PHP yang oxygen builder butuhkan. Untuk mengatasinya silahkan cek terlebih dahulu versi Oxygen yang ada saat ini di situs Anda. Pada versi 3.9 dan lebih rendah membutuhkan versi PHP 7.0. Sedangkan pada oxygen versi 4.0 keatas membutuhkan versi 7.0 atau 8.0.

Untuk mengantisipasi dan memecahkan masalah ini silahkan pilih versi PHP 7.0 keatas. Jika pesan error tidak muncul sebelum adanya pesan error PHP silahkan aktifkan WP Debug pada situs Anda.

Pesan Error CodeBlock Element

Codeblock element adalah salah satu elemen yang multi fungsi, kita dapat meletakkan berbagai macam kode seperti HTML, PHP, Javascript, CSS dan lain sebagainya dalam satu elemen saja. Ketika menambahkan kode Javascript sering kali muncul pesan error yang berkaitan degan javascript yang tidak dapat bekerja di oxygen.

Mengapa demikian? ini dikarenakan oxygen lebih mengutamakan untuk menjalankan kode Angular JS terlebih dahulu. Karena oxygen dibangun menggunakan Angular JS. Tambahkan kode berikut ini di dalam kode javascript Anda:

if(window.angular) {
      return;
    }

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi beberapa masalah pada oxygen builder yang sering terjadi. Jika Anda memiliki masalah lain yang belum ada pada pembahasan tadi, silahkan ajukan pada kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.