Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

SEO sering kali kita dengar istilah-istilah seperti internal link, external link dan lain sebagainya. Tapi pernahkah mendengar istilah seperti DA PA? Lalu apakah kedua istilah ini juga berkaitan dengan SEO?.

Di dunia digital yang semakin cepat berkembang saat ini, setiap pemilik situs web bertujuan untuk meningkatkan traffic pengunjung dan mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Untuk mencapai hal ini, mereka perlu memahami metrik kunci yang digunakan mesin pencari untuk menilai otoritas dan kredibilitas sebuah situs web. Di sinilah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) berperan.

Dua istilah ini adalah tolak ukur yang sangat penting dalam ranah optimasi mesin pencari (SEO). Dalam artikel ini, kita akan mendalami makna dari “Apa itu DA PA Website” dan menjelajahi pentingnya dalam SEO dan dalam dunia Digital Marketing.

Apa itu DA PA?

Seperti yang sudah disebutkan di awal pembahasan, bahwasannya kedua istilah ini memiliki kaitan erat pada dunia optimisasi mesin pencarian. Simak penjelasan, perbedaan dan kaitannya DA PA pada suatu website berikut ini:

Apa itu Domain Authority (DA)

Domain Authority, sering disingkat sebagai DA, adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz, penyedia perangkat lunak SEO terkemuka. Ini adalah skor yang memprediksi seberapa baik suatu situs web memiliki peringkat di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Skor DA berkisar dari 1 hingga 100, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan potensi peringkat yang lebih baik. Beberapa faktor berkontribusi pada DA sebuah situs web, seperti jumlah backlink berkualitas tinggi, relevansi konten, dan kepercayaan keseluruhan domain.

Ingat! ini bukan skor nyata dari sebuah domain situs website, ini hanya sebuah prediksi. Google tidak menggunakan alat ini sebagai hasil akhir peringkat sebuah website. Untuk itu, beberapa tool untuk cek DA PA website memiliki hasil yang berbeda-beda. Karena tool yang ada saat ini memiliki beberapa tolak ukur yang tidak sama pula dan bukan resmi milik Google.

Apa itu Page Authority (PA)

Page Authority, atau PA, adalah metrik lain yang dibuat oleh Moz. Sementara DA mengukur otoritas keseluruhan suatu domain, PA berfokus pada memprediksi potensi peringkat halaman (page) tertentu di dalam domain tersebut.

Seperti DA, PA juga menggunakan skala 1 hingga 100. Skor PA yang tinggi menandakan bahwa halaman tertentu lebih mungkin berperingkat lebih tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari. Apakah ini hanya berlaku untuk hasil pencarian Google saja? Tentu tidak, PA akan memiliki skor yang sama untuk semua jenis mesin pencari seperti Bing, Yahoo Search, Yandex dan lain sebagainya.

Pentingnya DA dan PA dalam SEO

Selanjutnya, setelah Anda mengetahui apa itu DA PA, berikut ini pentingnya DA PA dalam SEO:

  • Menentukan Kredibilitas Website: Mesin pencari menggunakan DA dan PA sebagai indikator kredibilitas suatu situs web. Situs web dengan skor DA dan PA yang tinggi sering dianggap sebagai sumber informasi yang lebih dapat dipercaya.
  • Potensi Peringkat: Situs web dengan skor DA dan PA tinggi memiliki peluang lebih besar untuk berperingkat lebih tinggi di SERP. Hal ini karena mesin pencari menganggap situs-situs web ini memiliki nilai dan berharga bagi pengguna.
  • Bandingkan dengan Kompetitor: Skor DA dan PA dapat digunakan untuk membandingkan otoritas situs web Anda dengan kompetitor Anda. Ini membantu mengidentifikasi area di mana Anda perlu melakukan perbaikan dan di mana Anda unggul.
  • Meningkatkan Strategi SEO: Dengan memantau dan memahami DA dan PA, Anda dapat menyesuaikan strategi SEO Anda untuk meningkatkan otoritas situs web dan meningkatkan peluangnya untuk memiliki peringkat yang baik di mesin pencari.

Bagaimana Cara Cek DA PA Website?

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui nilai atau skor dari DA PA sebuah website. Anda dapat menggunakan beberapa bantuan tool berikut ini:

Website SEO Checker

Dengan tool website SEO checker Anda dapat mengetahui DA PA website Anda dan orang lain, tool ini gratis. Berikut cara menggunakan Website SEO Checker:

  • Buka halaman website SEO Checker: https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority/
  • Masukkan url domain situs web Anda secara lengkap,
  • Ceklis pada bagian I’m not a robot, lalu klik tombol Check DA PA. Tunggu hingga proses selesai, lihat hasilnya pada tabel yang muncul di bawah
apa itu DA PA

Ahrefs

Selain memberikan fitur site audit secara lengkap, Ahrefs juga memiliki fitur untuk cek DA PA. Namun, Ahrefs tidak menggunakan istilah DA PA, melainkan Website Authority Checker.

Tidak hanya menampilkan Authority secara keseluruhan situs web, Ahref juga dapat menampilkan hasil untuk Backlink dan Broken Link. Berikut ini cara menggunakan Ahrefs website authority checker,

  • Buka halaman Ahrefs Website Authority Checker: https://ahrefs.com/website-authority-checker
  • Masukkan URL domain yang ingin Anda cek
apa itu DA PA
  • Klik tombol Check Authority, tunggu hingga hasilnya muncul.
apa itu DA PA

Bagaimana Meningkatkan DA dan PA?

Jika sudah mengetahui skor atau nilai DA PA situs web yang Anda miliki, tentunya ingin lebih lagi memiliki skor yang lebih tinggi bukan? Beriku ini bagaimana cara meningkatkan DA dan PA situs web,

Buat Konten Berkualitas Tinggi

Konten adalah tulang punggung setiap situs web. Membuat konten informatif, relevan, dan menarik akan menarik lebih banyak pengunjung dan mendorong situs web lain untuk mengaitkan halaman Anda, yang pada akhirnya mampu meningkatkan DA dan PA situs web Anda.

Bangun Backlink Berkualitas

Backlink dari situs web yang terpercaya dan memiliki DA PA tinggi sebagai bukti bahwa konten Anda bermanfaat. Fokuslah untuk mendapatkan backlink dari sumber-sumber berkualitas tinggi guna meningkatkan otoritas situs Anda.

Baca juga: Apa itu Backlink? Ketahui Manfaatnya dalam SEO

Anda dapat menggunakan situs Forum, atau situs lain yang memiliki DA PA tinggi dan Anda dapat melakukan backlink ke situs web Anda. Faktanya, ini mampu meningkatkan DA PA secara signifikan.

Optimalkan Elemen On-Page

Pastikan elemen-elemen on-page situs web Anda, seperti meta tag, judul, dan deskripsi, dioptimalkan dengan kata kunci yang relevan. Hal ini membantu mesin pencari memahami konten dan tujuan halaman Anda.

Tingkatkan Kecepatan Website

Situs web yang memuat halaman dengan cepat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan biasanya lebih disukai oleh mesin pencari. Tingkatkan kecepatan situs web Anda untuk meningkatkan peluangnya mencapai skor DA dan PA yang lebih tinggi.

Baca juga: Apa itu LCP & FCP? Optimasi Page Speed Website

Jangan Pernah Spam Komentar

Spam komentar pada sebuah halaman dengan menautkan link yang mengarah ke situs Anda ini merupakan sebuah pelanggaran. Teknik ini kini sudah dilarang, jangan pernah sesekali spam komentar dengan url yang menuju ke situs Anda.

Kesimpulan

Memahami Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas situs web Anda, potensi peringkat, dan kinerja SEO secara keseluruhan.

Dengan fokus pada menciptakan konten berkualitas tinggi, membangun backlink yang terpercaya, dan mengoptimalkan elemen on-page, Anda dapat secara bertahap meningkatkan skor DA dan PA Anda, sehingga mendapatkan keunggulan atas pesaing Anda di ranah digital.


Avatar for Pram Eko

administrator

Pram Eko is devoted to exploring web trends, website developer, and writing about WordPress for almost 8 years. Moto Traveler, Ingress Prime Agent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *