Mengatasi Noindex Page in Sitemap – Untuk meraih posisi atau peringkat yang baik dalam mesin pencarian seperti Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya adalah melakukan optimasi SEO. Salah satu penerapan dan strategi dalam SEO adalah mengoptimalkan kinerja sitemap.

Sitemap memiliki peran penting dalam cara bagaimana meningkatkan peringkat suatu halaman yang ada pada website dengan kata kunci tertentu menjadi posisi paling atas di halaman pertama mesin pencarian.

Namun sayangnya, beberapa masalah muncul pada halaman sitemap. Jika masalah yang muncul tidak ditangani akan menimbulkan dampak pada strategi SEO. Masalah yang muncul seperti Noindex Page in Sitemap, masalah ini muncul pada saat melakukan Site Audit.

Beberapa tool SEO seperti Ahrefs, semrush, dan lain sebagainya akan mendeteksi setiap kesalahan yang ada pada sebuah website. Beberapa kesalahan setelah melakukan site audit adalah Noindex page in sitemap. Lalu bagaimana cara mengatasinya? simak penjelasan berikut ini:

Apa Penyebab Masalah ini Muncul?

Noindex ini menandakan adanya halaman yang muncul pada sitemap memiliki tag Noindex atau perintah untuk tidak melakukan index. Sitemap secara default akan memuat dan menampilkan halaman yang ada pada suatu website dengan status publish tanpa terkecuali.

Sitemap dirancang untuk membantu dan mengarahkan mesin pencari untuk melakukan crawl dan index. Tentunya dengan adanya halaman noindex di sitemap akan meyebabkan kebingungan bagi bot mesin pencari.

Baca juga: Pengenalan dan Cara Buat Sitemap di WordPress

Jika bot mesin pencarian menemukan halaman noindex pada sitemap, maka bot akan berhenti dan mengabaikan sitemap Anda. Sangat merugikan bukan? halaman lain akan berdampak sulit untuk tampil di hasil pencarian.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jangan khawatir, Anda berada di halaman pembahasan yang tepat untuk bagaimana cara mengatasi noindex page in sitemap. Setelah mengetahui apa penyebab dan dampaknya masalah ini muncul saat melakukan site audit, ini dia cara mengatasinya,

Mengatasi noindex page in sitemap, Anda harus memastikan halaman sitemap tidak memiliki halaman noindex. Silahkan cek pada tool site audit yang Anda gunakan.

Mengatasi Noindex Page in Sitemap

Setelah mendapatkan data atau list halaman yang memiliki tag noindex, silahkan kecualikan halaman tersebut untuk tidak tampil di halaman sitemap. Perlu diketahui setiap plugin SEO atau pembuat sitemap memiliki cara yang berbeda untuk mengecualikan halaman dengan tag noindex.

Baca juga: Cara Exclude URL di Sitemap Yoast WordPress

Jika halaman noindex tersebut tidak digunakan ada baiknya untuk merubah status publish ke draft. Namun jika halaman tesebut tidak sengaja merubah ke noindex, silahkan ubah menjadi index.

Setelah Anda memperbaikinya, ada baiknya melakukan resubmit sitemap pada halaman Google Search Console. Langkah ini dilakukan untuk memberitahu kembali bot google untuk melakukan crawl dan index ulang.

Kesimpulan

Dengan adanya sitemap pada sebuah website membantu mesin pencarian untuk cepat melakukan crawl dan index halaman. Dengan adanya kesalahan noindex page in sitemap tentunya akan berdampak pada halaman yang ada tidak akan cepat untuk di crawl dan index oleh bot.

Baca juga: Mengatasi XML Sitemap Error pada Yoast

Tentunya dengan cepat mengatasi noindex page in sitemap akan membantu halaman lain tidak berdampak buruk pada hasil pencarian. Semoga bermanfaat cara dan langkah-langkah diatas untuk mengatasi masalah pada sitemap. Terimakasih!


Avatar for Pram Eko

administrator

Pram Eko is devoted to exploring web trends, website developer, and writing about WordPress for almost 8 years.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *