Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Manfaat Refresh Windows – Sering kali kita dengar dari kebanyakan mereka mengharuskan atau memberi informasi ketika menyalakan komputer atau laptop harap refresh terlebih dahulu. Sudah tahu fitur Refresh yang ada pada Windows? Lalu apa manfaat dari fitur refresh itu sendiri? apakah dampak setelah melakukan refresh? semuanya akan saya bahas pada artikel ini.

Fitur refresh merupakan salah satu fitur yang tersedia secara default, atau dari bawaan windows sudah ada. Lalu bagaimana menemukan fitur ini? Anda dapat melakukan klik kanan pada layar desktop lalu pilih menu Refresh. Anda juga dapat melakukan refresh dengan cara menekan tombol F5 pada keyboard.

manfaat refresh windows

Bukan hanya pada layar dekstop, fitur refresh juga dapat ditemukan pada perangkat lunak lainnya seperti browser. Tentunya fitur refresh pada windows dan browser sangat berbeda tujuan dan manfaatnya. Pada browser bertujuan untuk me-reload atau memuat halaman yang gagal dimuat. Biasanya disebabkan oleh jaringan atau pada server website yang Anda akses.

Banyak isu yang berkembang saat ini, bahwasannya manfaat refresh dapat meningkatkan performa dari perangkat Anda. Ada juga yang mengatakan dapat pula menstabilkan dan meningkatkan performa windows Anda lebih cepat. Selain itu dapat pula menstabilkan, membersihkan dan menyegarkan RAM.

Manfaat Refresh Windows Sesungguhnya

Sebelum membahas manfaat refresh windows, perlu Anda ketahui fakta sesungguhnya. Untuk lebih jelasnya manfaat sesungguhnya dari fitur refresh windows adalah sebagai berikut.

Refresh pada dekstop tidak ada hubungannya dengan performa dan kinerja laptop atau komputer Anda!

Fitur refresh sendiri memiliki manfaat seperti memperbaharui tampilan desktop yang sedang dibuka, menyelaraskan tampilan ikon yang ada pada desktop, menampilkan berkas yang terkendala pada saat lama dimuat. Anda tidak perlu melakukan perubahan lagi, karena pada dasarnya windows sudah secara otomatis melakukan perubahan. Nah, yang harus Anda lakukan adalah melakukan refresh hanya sekali saja, tidak perlu melakukannya berulang kali.

Pendapat tentang melakukan refresh berulang kali dapat meningkatkan performa dan kinerja laptop Anda menjadi lebih cepat dan baik itu adalah pendapat yang salah besar. Terlalu sering melakukan refresh akan menimbulkan masalah seperti laptop Anda terlalu lambat untuk memproses perintah-perintah yang kita lakukan. Pada saat melakukan refresh prosesor atau CPU akan mereset ulang kondisi ke kondisi terakhir pada sistem, sementara windows sudah melakukannya secara otomatis.

Tentunya aktifitas ini bisa dikatakan dua kali kerja, ini apabila dilakukan terlalu sering akan menimbulkan masalah pada prosesor dan berujung kerusakan. Jika terjadi hang, sumber daya tidak terpenuhi dengan tepat waktu yang sesuai dan akan membuat antrian menjadi panjang. Dengan itu ini lagi-lagi akan membebani kinerja CPU.

Jika Anda ingin melihat kinerja CPU pada perangkat, dapat melihatnya pada Task Manager lalu buka pada menu Performance. Coba perhatikan pada saat sebelum dan sesudah menggunakan refresh performa perangkat Anda. CPU akan megalami peningkatan kinerja setelah melakukan refresh, tentunya suhu prosesor meningkat dan menimbulkan lebih cepat panas.

Kesimpulan

Dengan adanya fitur refresh ini bukan berarti akan meningkatkan performa dan kinerja perangkat Anda semakin baik, malah sebaliknya. Masih ingin dan melakukan refresh terlalu sering? Mulailah dari sekarang untuk tidak lagi terlalu sering menggunakan fitur refresh terlalu sering, cukup sekali saja.

Demikianlah pembahasan mengenai fitur refresh sesungguhnya, semoga bermanfaat dan terimakasih. Jika Anda memiliki pengalaman tentang penggunaan fitur refresh pada windows silahkan ajukan pada kolom komentar setelah artikel ini ya. Terimakasih! 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.