Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara Hapus Tema WordPress – Dengan menggunakan tema kita dapat mengubah tampilan dan desain dari website lebih menarik. Sayangnya jika kamu menginstall tema wordpress terlalu banyak ini akan menyebabkan performa website Anda akan menurun. Mengapa demikian? ruang penyimpanan pada server Anda akan semakin sedikit. Dan ketika website dimuat maka semua file yang ada pada tema akan dimuat ulang pula.

Tidak hanya itu, jika Anda tidak memiliki akses login pada website dan hanya memiliki akses menggunakan FTP. Hal ini akan menyebabkan Anda semakin bingung, tema yang di install terlalu banyak dan sulit untuk menentukan mana tema yang aktif. Tentunya ada baiknya tema yang tidak Anda pakai dihapus atau unistall.

Ingin menghapus tema wordpress namun takut tidak aman? Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana menghapus tema wordpress di website dengan aman. Pada awal pembahasan sudah saya sampaikan sedikit mengenai alasan mengapa Anda perlu menghapus tema yang sudah tidak dipakai atau aktif lagi. Berikut alasan lainnya mengapa perlu menghapus tema wordpress yang sudah tidak Anda pakai lagi:

  • Anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk update tema meskipun itu sudah tidak aktif.
  • Pembengkakan cadangan pada server karena banyak plugin dan tema yang tidak Anda pakai.
  • Menggunakan tema dengan bahasa pemograman lama akan mengakibatkan muncul celah untuk mereka yang tidak bertanggung jawab memasukkan malware dan kode berbahaya lainnya.

Perlu Anda ketahui, jika ingin menguji coba sebuah tema alangkah baiknya lakukan itu pada lokal server, staging atau menggunakan subdomain pada domain Anda. Ini akan mengurangi resiko lain yang tidak diinginkan seperti salah hapus atau mengganggu performa website live Anda.

Cara Hapus Tema WordPress

“Sebelum melakukan beberapa cara berikut ini, PENTING!!! untuk dilakukan adalah backup website Anda! Saya tidak bertanggung jawab sepenuhnya jika Anda tidak melakukan backup website dan terjadi kesalahan setelah mengikuti cara ini”

Tentunya cara ini sanagat aman untuk Anda lakukan. Ada beberapa cara untuk menghapus tema wordpress yang sudah tidak Anda pakai lagi. Berikut cara mudah Berikut cara mudah hapus tema wordpress dengan aman:

Menggunakan FTP

Cara ini dapat dilakukan apabila Anda tidak memiliki akses masuk pada dashboard website atau tidak dapat melakukan tambah user dengan ftp wordpress. Untuk mengakses website dengan FTP dapat menggunakan bantuan Filezilla. Hubungkan FTP Anda, masuk pada folder wp-content » themes. Pilih tema mana yang akan Anda hapus.

cara hapus tema wordpress

Sayangnya, menggunakan cara ini memiliki sedikit kekurangan. Mengapa demikian? membutuhkan waktu yang lama untuk memastikan tema Anda memang sepenuhnya sudah dihapus. Semua bergantung pada ukuran dan banyaknya file yang ada pada tema itu.

Melalaui Dashboard WordPress

Jika cara sebelumnya hanya memiliki akses melalui FTP, cara selanjutnya adalah kebalikannya. Anda memiliki akses login website langsung masuk pada bagian dashboard website. Pilih pada bagian menu Appearance » Themes, akan muncul tampilan semua tema dengan informasi aktif atau tidak.

cara hapus tema wordpress

Sebelum menghapus tema, pastikan tema yang akan dihapus adalah tema yang tidak aktif. Klik pada bagian themes detail atau rincian tema. Nantinya akan muncul popup atau modal detail tema yang pernah di install. Pilih unistall atau hapus pada pojok kanan bawah Anda.

cara hapus tema wordpress

Kelebihan menggunakan cara ini adalah waktu yang dibutuhkan sangat cepat, berbeda dengan menggunakan FTP. Tentunya dengan ada fitur bawaan dari wordpress untuk hapus tema sudah dipastikan ini cara yang sangat aman dan efektif untuk dilakukan.

Melalui File Manager Server

Tidak punya akses FTP dan akses login website? Namun ingin menghapus tema yang sudah tidak aktif atau tidak Anda gunakan lagi? Jangan khawatir, ini cara terakhir untuk hapus tema wordpress. Cara ini sangat tidak direkomendasikan, namun jika tidak ada pilihan lain lakukan cara ini:

  • Login atau masuk pada server , tampilan web hosting masing-masing berbeda dari penyedia hosting dan control panel hosting yang mereka gunakan.
  • Cari menu File Manager, masuk atau buka folder public_html » wp-content » themes
  • Pilih atau klik tema yang akan Anda hapus, lalu pilih menu delete

Salah Hapus Tema?

Sesuai intruksi atau peringatan sebelum pembahasan cara hapus tema wordpress adalah BACKUP website Anda terlebih dahulu. Jika salah hapus tema dengan adanya cadangan atau backup website tadi Anda dapat memulihkan kembali kerusakan website dengan cepat.

Jika tidak punya backup apa yang dapat saya lakukan? Anda dapat menginstall kembali tema yang sama. Namun sayangnya cara ini akan membuat tampilan website kembali pada sedia kala sebelum melakukan konfigurasi atau perubahan pada tema sebelumnya. Karena pada tema baru pengaturan atau kode perubahan pada tema yang Anda hapus tadi tidak tersimpan pada database.

Saya harap cara hapus tema wordpress ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda! Jika Anda memiliki cara lain menghapus tema, itu sangat baik namun alangkah baiknya berbagi dengan saya 😀 , tuliskan cara itu melalui kolom komentar pada akhir artikel ini. Bagikan melalui media sosial Anda, sekali lagi semoga bermanfaat dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.