Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Penjelasan Backdoor? – Pada pembahasan kali ini saya akan mengangkat tema seputar website security atau keamanan website. Istilah ini mulai jadi pembahasan sekitar tahun 2013 lalu dan mulai meningkat sejak tahun 2018. Mengapa backdoor berkaitan dengan keamanan website? apakah ini berbahaya, dan jika benar lalu bagaimana cara mengatasinya? Mari simak penjelasan berikut ini tentang backdoor.

Apa itu Backdoor?

Istilah pintu masuk atau biasa dikenal dengan backdoor adalah sebuah software atau perangkat lunak yang dapat mengakses sebuah sistem, aplikasi dan jaringan tanpa melewati proses autentikasi. Apa proses autentikasi itu? seperti mengharuskan seseorang untuk login dan mengisi recaptcha.

penjelasan backdoor
sumber gambar: https://www.imperva.com/

Lalu apakah ini ilegal? Sebagai awal mulanya backdoor diciptakan tidak untuk kegiatan ilegal. Melainkan, backdoor dibuat untuk membantu para pengembang masuk ke sistem lebih cepat jika terjadi suatu bugs atau ingin melakukan maintanance.

Nyatanya, dengan perkembangan yang sangat pesat banyak dari pengguna menyalahgunakan celahnya. Backdoor disisipkan ke delam sistem dan aplikasi hingga pemilik tidak mengetahui jika di dalam sistemnya memiliki backdoor. Ini akan berujung pemilik backdoor akan mengambil secara paksa sistem yang sudah ada backdoor tadi kapan pun dia mau.

Jenis Backdoor

Backdoor memiliki beberapa jenis berdasarkan dari tipenya. Berikut jenis-jenis backdoor yang perlu kamu ketahui:

Web Shell Backdoor

Pada jenis pintu masuk ini menggunakan atau memanfaatkan web shell untuk memperoleh backdoor. Bagaimana cara kerjanya? dengan cara menyisipkan sebuah kode atau script pada website yang dapat digunakan untuk akses masuk ke dalam direktori file website dengan mengeksekusi file terntentu.

System Backdoor

System backdoor adalah jenis pintu masuk yang sangat populer. Mengapa demikian? dengan jenis backdoor ini sangat mudah dan fleksibel. Biasanya cara ini bertujuan untuk menyisipkan flie trojan ke dalam sistem.

Apa yang Peretas Lakukan dengan Backdoor?

Ada banyak sekali upaya dan peretas lakukan ketika menggunakan backdoor. Salah satunya, yaitu menanamkan malware dengan berbagai jenis seperti:

Spyware

Spyware adalah jenis malwawre yang memiliki karakteristik mengumpulkan data. Jika malware ini sudah ada pada sistem Anda, spyware akan mulai mengumpulkan banyak data tentang apa yang Anda lakukan. Seperti, situs yang Anda kunjungi, file apa saja yang Anda download, akses login, hingga pada hal-hal yang berharga lainnya.

Jika Anda pernah mendengar keyloggers, ini merupakan salah satu jenis spyware untuk melacak dan merekam semua aktifitas pada tombol keyboard dan klik pada mouse. Meskipun pada dasarnya keyloggers sah untuk dapat Anda gunakan untuk memantau aktifitas karyawan di kantor.

Ransomware

Anda pernah mendapatkan sebuah email atau pesan singkat yang berisikan tentang Ancaman untuk membayar dengan nominal yang sangat besar? Jika tidak, maka foto, dukuem dan file penting Anda akan di kunci. Itu merupakan salah satu bentuk ancaman yang berkaitan dengan Ransomware. Ransomware dapat mengenkripsi file dan mengunci komputer Anda.

Jika Anda mendapatkan ancaman seperti yang sudah saya sebutkan tadi, jangan panik dan langsung membayar ya. Lakukan segera untuk backup data dan mengubah sistem keamanan komputer Anda.

CryptoJacking

Belakangan istilah crypto sangat santer terdengar di berbagai media. Nah dengan adanya malware dengan jenis cryptojacking ini maka malware akan menggunakan sumber daya sistem Anda untuk menambang cryptocurrency. Initnya untuk memanipulasi pendapatan pada crypto ke dalam botnet.

Cara Mencegah dari Backdoor

Terlalu sulit untuk mengidentifikasi apakah sebuah sistem sudah tertanam backdoor atau belum. Namun tidak ada salahnya sebelum itu terjadi Anda mencegahnya. Ada beberapa cara untuk mencegah dari penyalahgunaan backdoor.

Gunakan Username dan Password Unik

Pada sistem atau website Anda memiliki username dan password yang terlalu familiar dan mudah untuk ditebak, silahkan ganti. Buat username untuk login tidak menggunakan email. Untuk password gunakan kombinasi yang unik, seperti huruf kapital, simbol dan jangan gunakan password yang berkaitan dengan data diri Anda seperti tanggal lahir atupun hari perayaan lainnya.

Hindari Penggunaan Plugin/Tema Bajakan

Website Anda dibangun menggunakan wordpress? Hindari untuk tidak menggunakan plugin atau tema bajakan. Biasanya plugin dan tema bajakan sudah banyak disisip malware. Jangan pernah menggunakan plugin dan tema yang tidak jelas asal usulnya. Pastikan plugin atau tema masih selalu melakukan update dan pemeliharaan yang baik.

Aktifkan Firewall

Dengan mengaktifkan sistem firewall, Anda dapat mengetahui siapa saja yang masuk ke dalam sistem tanpa sepengetahuan dan masuk secara paksa. Anda harus cek firewall secara berkala.

Gunakan Antivirus

Menggunakan antivirus mungkin akan menimbulkan banyak kendala, seperti jika Anda memiliki spesifikasi perangkat di bawah rata-rata maka perangkat akan semakin lambat dan terbebani. Selanjutnya, sebelum menggunakan atau install antivirus ada baiknya cek syarat minimum perangkat yang dibutuhkan untuk dapat berjalan normal.

Jangan Sembarang Klik atau Download di Internet

Malware juga dapat menyebar melalui internet. Untuk itu jika Anda sedang browsing, pastikan website yang Anda kunjungi aman dan terpercaya. Jangan sembarang klik link yang ada dan download softaware open source yang tidak di kenali.

Lakukan Backup

Gunakan fitur backup pada sistem dan website Anda, ini akan mengurangi resiko kerusakan yang terjadi jika suatu saat hal yang tidak di inginkan Anda alami. Jika tidak menggunakan fitur backup secara otomatis, Anda dapat melakukannya manual setiap harinya.

Info Tambahan

Sony dan Samsung pernah menggunakan backdoor untuk pengembangan usahanya. Kamu bisa membacanya pada artikel ini https://www.malwarebytes.com/backdoor

Demikianlah pembahasan mengenai penjelasan tentang backdoor. Jangan anggap remeh ya, karena keamanan website dan sistem sangatlah penting. Jangan sampai itu terjadi Anda baru menyesalinya. Jika Anda ingin menambahkan penjelasan yang sudah ada tadi, silahkan ajukan pada kolom komentar setelah pejelasan backdoor ini ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.