Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Apa itu DMCA? – Memiliki artikel atau konten yang berkualitas tentunya harapan semua pemilik blog. Apalagi yang sedang berusaha blognya untuk lolos mengikuti program google adsense. Selain lolos program adsense, tentunya setiap kata kunci yang berkaitan dengan pembahasan atau topik selalu berada di halaman pertama hasil pencarian google.

Tentunya memiliki konten yang berkualitas mengundang dan banyak meningkatkan jumlah pengunjung. Ini lah yang akan menjadi tantangan selanjutnya seorang pemilik blog. Jika sudah terkenal, maka konten yang ada rawan untuk dicuri. Dalam artian mencuri konten adalah menggunakan tanpa seizin pemilik blog.

Jika Anda abaikan ini akan menimbulkan banyak masalah lagi, meskipun Anda sebagai pemilik asli konten tersebut nantinya konten jiplakan tadi bisa saja menyaingi dan menjadi peringkat teratas dari konten aslinya di hasil pencarian. Lagi dan lagi sangat merugikan bukan?

Baca juga: Perbedaan Google Ads dengan Adsense

Untuk itu adanya dan upaya untuk melindungi konten di blog Anda. Bagaimana caranya? Dengan mendaftarkan blog atau website Anda di DMCA.

Apa Itu DMCA?

Jika Anda berkunjung ke blog atau situs populer yang menyediakan banyak konten seperti tutorial, tips, edukasi, berita dan lain sebagainya pasti akan menemukan badge atau lambang dari DMCA di beberapa layout situsnya. Lalu apa sih DMCA itu?

Digital Millennium Copyright Act atau biasa disingkat dengan istilah DMCA adalah sebuah aturan yang dikeluarkan secara resmi untuk mengatur hak cipta atas konten digital. DMCA pertama kali digunakan pada tahun 1998 oleh negara Amerika Serikat.

Lalu apa saja sih yang diatur dalam konteks hak cipta digital? Konten digital yang merupakan hasil karya seseorang seperti teks, video, foto, video dan lain sebagainya yang dikemas dalam bentuk digital. Lalu apakah website merupakan konten digital? Ya, website merupakan sebuah konten digital.

Di Indonesia sendiri juga mengatur tentang Hak cipta dalam Undang-undang No. 28 tahun 2014 mengenai Hak atas Kekakayan Intelektual. Maka dengan itu ada pentingnya untuk melindungi karya atau konten digital pada blog Anda.

Cara Daftar Digital Millennium Copyright Act Blog

Setelah Anda memahami apa itu Digital Millennium Copyright Act dan pentingnya untuk mendaftarkan blog atau situs Anda, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mendaftarkan blog atau situs Anda:

  • Silahkan daftar melalui situs resmi DMCA: https://www.dmca.com/ (gratis), lalu pilih menu atau klik tombol Signup
  • Jika ada pilihan popup silahkan pilih Get a Free Badge
apa itu DMCA
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk memilih badge atau lambang DMCA. Silahkan pilih sesuai dengan keinginan.
apa itu DMCA
  • Isikan data lengkap seperti nama lengkap, email dan alamat atau domain blog Anda pada kolom sebelah kanan.
  • Jika sudah selesai silahkan copy atau salin kode embed badge untuk diletakkan di situs atau blog Anda nantinya
apa itu DMCA
  • Login di blog atau situs Anda, silahkan tempel kode tadi di bagian yang strategis. Anda dapat menggunakan element widget atau HTML yang ada pada situs. Saya meletakkan badge ini pada setiap sidebar halaman dan post.

Bagaimana Melaporkan Konten yang Dicuri?

Anda sudah mendaftarkan blog atau situs ternyata ada pemberitahuan dari DMCA bahwasannya ada pencurian konten pada situs atau blog terdaftar. Lalu bagaimana cara melaporkan dan mengambil alihnya? Istilah untuk melaporkan ini kita kenal dengan TakeDown Notice. Langkah ini Anda ambil jika dari pihak yang mencuri konten tidak ada itikad baik untuk menghapus atau meminta maaf.

Baca juga: Cara Pasang Google Maps di Website

TakeDown Notice adalah sebuah dokumen yang berisikan pernyataan atau pengaduan tentang pelanggaran hak cipta yang sedang Anda alami. Perlu untuk Anda ketahui, dokumen tersebut haruslah benar nyata terjadi dan perlu melampirkan bukti jika ada yang melakukan pencurian konten. Berikut beberapa yang perlu Anda lampirkan dalam dokumen tersebut:

  • Data diri Anda, meliputi data lengkap, situs hingga hosting yang Anda gunakan.
  • Bukti yang kuat, seperti tangkapan layar dari situs, dashboard hingga pada saat edit halaman/post
  • Informasi konten, silahkan lampirkan konten apa yang dicuri, untuk mempermudah silahkan tambahkan URL atau link konten yang dicuri.
  • Pernyataan, berisikan pernyataan bahwa informasi dan bukti yang Anda sampaikan benar adanya.
  • Pengesahan, ini berupa tanda tangan.

Untuk melaporkan pencurian konten melalui situs resmi Digital Millennium Copyright Act, silahkan login dan pilih menu takedowns. Pilih jenis pelaporan yang Anda inginkan:

Isikan semua data yang DMCA butuhkan pada form sesuai pengaduan yang di ajukan. Pastikan data yang Anda laporkan valid dan benar terjadi.

Jika berbicara keamanan, keamanan website itu sangat penting tapi jangan mengabaikan masalah kemanan konten. Anda perlu juga untuk melindungi konten yang ada pada situs atau blog. Jika jerih payah selama ini untuk membuat konten dan ternyata Anda tidak dapat melindungi ketika terjadi pencurian, tentunya ini akan sia-sia saja.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara melindungi konten yang ada pada blog atau situs. Jika Anda memiliki referensi dan pembahasan yang sama untuk menambahkan penjelasan tadi, ajukan pada kolom komentar ya. Terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.