Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan membuat blog atau sudah memiliki blog. Salah satunya adalah topik pembahasan yang akan digunakan pada blog. Jika Anda memiliki sebuah blog dan masih bingung untuk menentukan topik yang tepat dan sesuai, ada baiknya Anda harus memahami apa itu niche blog terlebih dahulu.

Pada dasarnya sebuah blog bebas untuk diisi konten apa saja atau dengan beberapa tema, akan lebih baik jika blog Anda fokus pada satu topik saja. Mengapa harus fokus pada satu topik saja? sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai niche blog terlebih dahulu.

Apa itu Niche Blog?

Apa itu Niche blog? Niche blog adalah topik atau tema yang lebih spesifik dan terpusat untuk sebuah blog. Pada dasarnya tidak ada aturan khusus mengenai Anda harus memiliki satu niche atau satu topik blog saja. Keuntungan yang didapatkan jika Anda memiliki satu niche blog adalah lebih mudah dimonetisasi oleh pemilik iklan, Anda lebih fokus pada topik tertentu ini akan semakin membuat Anda konsisten dalam menulis blog.

Keuntungan lainnya adalah jika Anda menggunakan program Google Adsense maka ini akan berpengaruh pada CTR iklan. Iklan yang sesuai dengan niche blog Anda akan lebih banyak di klik oleh pengunjung dan tentunya bayaran iklan akan lebih banyak yang di dapatkan.

Cara Menentukan Niche Blog

Jika Anda sudah memahami apa itu niche blog, saatnya Anda menentukan niche blog. Beriku cara menentukan niche blog:

1. Topik sesuai keahlian dan Anda sukai

Memilih topik sesuai dengan keahlian dan yang disukai menjadi cara pertama dan paling penting dalam menentukan niche blog. Jika topik merupakan salah satu keahlian Anda tentunya akan mempermudah dalam penulisan artikel yang akan di tampilkan. Selain itu, jika anda dapat menemukan metode baru atau penelitian baru yang bermanfaat untuk pembaca tentunya akan membuat anda semakin terkenal dan dapat dikatakan seorang yang Ahli.

2. Topik Harus Populer

Menentukan niche blog sesuai keahlian atau yang Anda sukai itu belum cukup. Anda juga harus mempertimbangkan apakah topik tersebut juga populer. Topik yang populer dapat ditentukan pada banyak atau tidak topik tersebut dicari pada mesin pencarian seperti google, bing dan lain sebagainya.

Anda dapat menggunakan Google Trends untuk melihat bagaimana minat pembaca pada topik tersebut. Google Trends akan membantu Anda menentukan niche blog dengan menampilkan beberapa data statistik topik yang Anda masukkan. Cara menggunakan Google Trends sangatlah mudah, masukkan topik yang Anda kuasai atau sukai pada kolom topik. Sebagai contoh saya sudah menentukan niche blog yaitu “Otomotif”. Hasil yang diberikan oleh Google trends sebagai berikut.

Data diatas menunjukkan jumlah minat dari pembaca dengan topik Otomotif. Anda juga dapat melihat perkembangan topik tersebut dalam beberapa bulan dan tahun serta perbandingan wilayah dengan minat tertinggi. Selain itu Anda juga dapat membandingkan dengan topik lainnya, misal saya akan membandingkan topik Otomotif dengan Fotografi. Berikut hasilnya:

Dapat dilihat dari data perbandingan diatas, topik otomotif lebih banyak dicari dan di minati di bandingkan dengan topik fotografi. Pada grafik berwarna biru adalah topik otomotif dan grafik berwarna merah adalah Fotografi. Google trends juga memberikan kueri kata kunci yang sering digunakan oleh pembaca dalam mencari artikel dengan topik yang Anda masukkan diatas.

3. Peluang Keuntungan yang di dapat

Pastikan niche yang anda tentukan atau pilih memiliki peluang keuntungan untuk kedepannya. Semakin bagus niche yang anda tentukan pastinya akan membawa peluang keuntungan dalam bentuk materi dan lain sebagainya. Berikut cara blog Anda dapat memperoleh keuntungan dari niche yang telah di tentukan:

Google Adsense

Google Adsense pada saat ini masih menjadi program paling banyak digunakan untuk menghasilkan uang dari blog. Secara sederhana Google Adsense akan membayar dari iklan yang di klik pengunjung di website Anda. Semakin besar minat pembaca dari niche yang Anda tentukan akan semakin berpeluang besar Google Adsense mebayar Anda lebih tinggi.

Menjual Produk

Dengan niche yang tepat Anda dapat menjual produk yang sesuai dengan niche blog Anda. Anda dapat menjual produk Anda sendiri atau menjual produk orang lain yang sesuai dengan niche Anda.

Program Afiliasi

Program Afiliasi adalah sebuah program mempromosikan produk orang lain dengan sistem referral link yang diletakkan pada blog Anda. Jika ada orang membeli produk dari refferal link tersebut maka Anda akan mendapatkan komisi. Komisi yang di dapatkan tentunya berbeda-beda dari masing-masing pemilik produk sesuai perjanjian yang di sepakati.

Demikianlah penjelasan apa itu niche blog. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.