Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Apa itu VPN? – Istilah VPN saat ini sudah tidak terlalu asing lagi. Sebagai contoh, istilah VPN sering muncul pada saat sebuah website tidak dapat di akses dan beberapa teman ada yang menganjurkan menggunakan VPN. Hasilnya setelah menggunakan VPN website dapat di akses. Jadi apa itu VPN? manfaat dan cara menggunakannya. Berikut penjelasan lengkap manfaat VPN dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa Itu VPN?

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. VPN merupakan sebuah jaringan yang dapat membantu pengguna berselancar di internet dengan lebih aman dan private. Dengan adanya VPN, pengguna mengunakan koneksi bersifat pribadi dan bukan bersifat publik. Dengan artian, tidak ada pengguna lain yang berada di jaringan Anda yang sama, kecuali Anda mengizinkannya.

Pada awalnya VPN hanya digunakan sebagai koneksi jaringan antar gedung perkantoran secara aman. Namun saat ini VPN sudah banyak digunakan secara bebas. Jika Anda menggunakan VPN, Anda menggunakan server negara yang Anda pakai sesuai yang digunakan pada VPN. Misalnya, Anda berada di Indonesia dan ingin menggunakan jaringan VPN pada negara Belanda, ini akan menjadi negara yang Anda gunakan ketika internet mengenai Anda dan melalui koneksi tersebut. Akibatnya Anda dapat mengakses semua website yang tidak dapat di akses melalui negara asal atau negara sesungguhnya Anda berada.

Cara Kerja VPN

Adapun cara kerja VPN adalah melakukan enkripsi pertukaran data sebelum koneksi yang Anda gunakan sesungguhnya mendeteksi adanya lalu lintas internet. Ketika VPN diaktifkan dan terhubung dengan internet Anda akan langsung terhubung dengan jaringan private atau pribadi tanpa melalui atau terdeteksi koneksi utama saat ini.

VPN memiliki server yang bertugas khusus menghubungkan koneksi langsung pada situs yang Anda ingin akses tanpa penghalang. Selain itu juga Server VPN menjadi perangkat pihak ketiga untuk menghubungkan Anda dengan website yang dituju. Ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang mengalami privasi keamanan data saat melakukan pertukaran data yang menyebabkan website tidak dapat di akses.

Manfaat VPN

VPN memiliki banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh, sepertI melakukan bypass. Adapun manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

Membuka Website yang Di Blokir

Indonesia dan negara lainnya memiliki beberapa pembatasan hak akses bagi pengguna Internet. Sebagai contoh banyak website seperti judi, pornografi dan website luar negeri yang membatasi aksesnya tidak dapat di akses. Dengan adanya VPN Anda dapat mengakses website tersebut tanpa ada gangguan. Penting! jangan gunakan VPN untuk mengakses website terlarang. Ini juga akan memberi dampak yang tidak baik untuk Anda!.

Enkripsi Informasi Perangkat

Seseorang tidak dapat dengan mudahnya mengidentifikasi perangkat yang Anda gunakan, mulai dari penyedia jaringan yang Anda gunakan, IP, DNS hingga perangkat yang Anda gunakan. Selain itu juga aktifitas yang Anda lakukan saat browsing dan lokasi juga tidak akan di identifikasi.

Mengurangi Gangguan Koneksi

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, Anda menggunakan VPN secara private dan tidak ada yang menggunakan jaringan yang sama dengan Anda. Dengan itu, ini akan mengurangi gangguan koneksi apabila traffic terlalu tinggi. VPN juga bertindak sebagai pengaman dari koneksi.

Jenis-jenis VPN

VPN memiliki beberapa jenis tipe layanan yang tersedia saat ini. Menurut kaspersky.com, sebuah perusahaan antivirus terkenal ada tiga jenis vpn saat ini. Berikut penjelasan singkatnya:

SSL VPN

SSL VPN banyak digunakan untuk kebutuhan remote sistem. Sebagai contoh, karyawan ingin mengakses data ke komputer perusahaan dari rumah. Untuk mengakasesnya menggunakan SSL VPN, dan menggunakan browser yang sudah mendukung HTML5. Untuk dapat mengakses biasanya membutuhkan username dan password juga.

Client-to-server VPN

Untuk dapat menggunakan jenis VPN ini terlebih dahulu harus menginstall dan konfigurasi melalui perangkat Anda. Jenis VPN ini Anda dapat terhubung dengan client darimana pun. Proses ini melibatkan banyak pengguna untuk terkoneksi langsung dengan VPN. VPN dengan otomatis mengenkripsi data sebelum nantinya di kirim dan digunakan oleh pengguna.

Site-to-site VPN

Pada dasarnya jenis VPN ini merupakan jaringan pribadi yang dibuat untuk menyembunyikan internet pribadi. Ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki perusahan di beberapa lokasi. Jenis VPN ini banyak digunakan oleh perusahaan besar, lebih kompleks dan tidak memiliki persyaratan khusus seperti SSL VPN.

Resiko Menggunakan VPN

Dari banyak manfaat yang ada pada VPN, ternyata memiliki banyak resiko juga diantaranya sbeagai berikut:

  • Mengandung malware
  • Pembajakan
  • Spam iklan
  • Penyadapan Data Perbankan

Jangan pernah gunakan VPN secara bersamaan untuk mengakses data perbankan dan Email Anda. Ini sangat berbahaya!

Aplikasi VPN dan Cara Menggunakannya

Saat ini banyak aplikasi VPN yang tersedia, dalam bentuk ekstensi browser (Chrome, Firefox, dan lain sebagainya) dan aplikasi. Berikut beberapa aplikasi VPN yang tersedia saat ini,

NordVPN

manfaat vpn

Aplikasi ini sangat populer di Google Play untuk Anda pengguna Android dengan total unduhan mencapai lima juta lebih. Banyak fitur yang tersedia seperti tanpa registrasi, internet aman dan cepat, server berada di seluruh dunia dan pengaturan IP khusus. Kekurangan hanya pada konfigurasi dan fungsinya yang masih terbilang sederhana.

Ada dua pilihan jika ingin menggunakan aplikasi ini, tersedia untuk desktop dan mobile. Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak dapat menggunakan pilihan premium, tentunya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

ZenMate

manfaat vpn

Aplikasi VPN ZenMate merupakan ekstensi browser gratis yang dapat menyembunyikan IP Anda. Zenmate memiliki enkripsi yang kuat dan mengamankan semua lalu lintas Anda. Anda dapat menggunakan zenmate dengan mudah, cukup install dan mengharuskan pengguna untuk registrasi dan login.

ExpressVPN

manfaat vpn

Aplikasi ini memiliki fitur diantaranya dengan memiliki lebih dari 30 ribu alamat IP dan 160 lokasi server dan di dukung dengan 3 ribu server lebih. ExpressVPN ini sangat mudah dan user friendly, tidak membutuhkan konfigurasi lebih. Sayangnya aplikasi ini berbayar, namun Anda tetap dapat menggunakan dengan memanfaatkan trial selama 7 hari.

VPN dapat membantu Anda untuk berbagai masalah saat mengakses website yang di luar jangakauan server lokasi Anda berada. Selain itu dapat mengamankan koneksti yang Anda pakai saat ini. Untuk di ingat sekali lagi, jangan pernah menggunakan VPN untuk kepentingan atau akses data perbankan. Demikianlah pembahasan tentang manfaat VPN dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan terimakasih! 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.