Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara Pasang Google Maps Website – Keberadaan maps atau peta pada sebuah website saat ini semakin penting dan harus. Mengapa demikian? untuk semakin memperjelas informasi dan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada sebuah website. Maps membantu pengunjung untuk lebih mudah mengetahui alamat dari pemilik website, ataupun lokasi usaha.

Untuk menampilkan maps pada website, saat ini google maps menjadi pilihan utama. Google maps adalah sebuah aplikasi peta online yang di kembangkan oleh perusahaan Google. Anda dapat mengakses atau menggunakan google maps dengan aplikasi ataupun melalui browser baik itu dekstop ataupun mobile.

Lalu, apakah ada aplikasi lain selain google maps untuk menampilkan peta? Tentunya ada, Anda dapat mencoba menggunakan MapFactor dan BackCountry Navigator. Fitur yang ada tentunya tidak jauh berbeda dengan google maps miliki.

Baca juga: Manfaat Halaman Privacy Policy pada Website

Cara pasang Google Maps di Website

Cara pasang maps di website biasa dikenal dengan istilah Embed. Berikut ini langkah-langkah embed google maps di website:

  • Buka website Google Maps,
  • Cari menggunakan alamat lokasi yang ingin Anda Embed maps nantinya,
cara pasang google maps website
  • Klik menu atau ikon Share
cara pasang google maps website
  • Pilih menu Tab Embed, lalu klik Copy HTML
  • Jika Anda ingin merubah ukuran peta, sebelum copy html ubah ukuran pada dropdown seperti gambar dibawah ini:
cara pasang google maps website
  • Tambahkan atau gunakan element HTML pada page builder website. Anda juga dapat menggunakan widget untuk embed peta. Paste kode yang sudah Anda copy tadi. Pada contoh dibawah ini saya menggunakan gutenberg editor, dan menggunakan elemen HTML.

Baca juga: Rekomendasi Plugin Page Builder WordPress

cara pasang google maps website
  • Simpan, dan coba preview halaman yang sudah Anda tambahkan kode embed Google Maps tadi.

Plugin Google Maps WordPress

Website Anda menggunakan wordpress? dan jika cara diatas membuat Anda sedikit membingungkan. WordPress menyediakan beberapa plugin untuk membantu menambahkan google maps di website. Berikut ini beberapa rekomendasi plugin wordpress untuk menambahkan maps di website:

Apakah Embed Peta dari Google Maps bisa di Kustom?

Sering kali muncul pertanyaan seperti bagaimana saya menghilangkan beberapa navigasi yang muncul di embed kdoe google maps? selain itu, ada juga yang bertanya bagaimana merubah ikon marker di google maps yang kita sematkan di website. Tentunya semua itu bisa di lakukan, namun tidak cukup hanya menggunakan css atau javascript untuk menyembunyikannya.

Untuk menjawab semua perntanyaan diatas, Google menyediakan Google Maps API. Google Maps Api adalah sekumpulan data yang berupa library javascript. Namun sayangnya, jika Anda ingin menggunakan fitur ini tidak gratis. Anda akan dikenakan tagihan atau pembayaran sesuai apa dan untuk perangkat apa Anda gunakan API dari google maps. Tagihan juga sesuai banyaknya request, mulai dari $2 untuk 1000 request.

Jika Anda berkenan ingin menggunakan produk dari Google Maps API dapat melihat rentang harga setiap perangkat dan request melalui link ini: https://developers.google.com/maps/documentation?hl=id .

Demikianlah pembahasan mengenai Google Maps jika Anda ingin memasangnya di website. Jika Anda memiliki cara lain, jangan sungkan untuk menambahkannya melalui kolom komentar setelah pembahasan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.