Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Control Panel Hosting – Anda baru pertama kali menggunakan hosting? atau belum tau pengelolaan hosting bagaimana?. Sesuai judul besar, kali ini akan membahas mengenai hosting. Untuk mengelola hosting biasanya kita menggunakan control panel yang sudah disediakan oleh penyedia layanan hosting.

Apa itu Control Panel?

Control Panel adalah sebuah software atau alat yang bertujuan untuk mempermudah pengelolaan website pada suatu hosting. Dengan adanya software ini Anda dapat melakukan semua apa yang website butuhkan. Seperti konfigurasi DNS, Upload, edit, delete file dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan control panel tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu memahami fungsi dari setiap menu atau tools yang ada pada control panel. Cukup klik, dan konfigurasikan semua sesuai kebutuhan Anda. Saat ini dari beberapa penyedia web hosting, control panel tersedia dalam dua pilihan, berbayar atau gratis.

Baca juga: Penjelasan Perbedaan Hosting dan Domain

Banyak pengguna saat ini hanya mengetahui cPanel sebagai satu-satunya control panel hosting, namun nyatanya banyak control panel yang tersedia saat ini.

Jenis Control Panel Hosting

Saat ini banyak jenis control panel tersedia, meskipun rata-rata menawarkan control panel yang sama. Sebelum memilih control panel yang tepat untuk hosting Anda, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa jenis control panel hosting berikut ini:

cPanel

jenis control panel hosting

cPanel merupakan salah satu software control panel terkenal saat ini. Hampir semua web hosting menggunakan cPanel sebagai alat pengelola website saat ini. cPanel adalah software antarmuka grafis (GUI) berbasis Linux yang dikembangkan oleh cPanel, LLC. Banyak fitur yang tersedia pada cPanel, seperti pengelolaan DNS, Email, FTP, hingga konfigurasi PHP.

Software ini memiliki dua antarmuka, antarmuka pengguna atau biasa yang dikenal dengan cPanel dan antarmuka manajemen server atau biasa dikenal dengan WHM (Web Host Manager). Jika Anda menyewa salah satu layanan hosting, secara default cPanel menjadi kontrol panel hosting Anda.

jenis control panel hosting

Tidak terlalu sulit untuk menggunakan cPanel, Anda hanya perlu klik menu atau tools yang ingin Anda gunakan. Anda ingin menggunakan pihak ketiga pada cPanel? Tentunya bisa, software ini menyediakan command line dan akses berbasis API yang tentunya ini mendukung penggunaan pihak ketiga pada cPanel.

Anda ingin memulai bisnis hosting dan ingin menggunakan cPanel sebagai software pengelola web hosting? Anda dapat mengetahui biaya dari cpanel melalui website resminya di https://cpanel.net/.

pLesk

Plesk adalah software control panel web hosting cloud yang memungkinkan Anda dapat menjalankan ini pada sistem operasi Linux dan Windows. Di Indonesia pLesk terbilang tidak terlalu populer, hanya penyedia hosting dan paket harga tertentu plesk tersedia. Namun di Eropa plesk sangat terkenal, hampir semua penyedia hosting menggunakan plesk sebagai control panelnya.

Hingga saat ini, plesk juga memberikan sertifikasi bagi mereka yang ingin mendalami hosting. Tentunya ini menjadi skill tambahan dan peluang bagi Anda yang ingin mendalami plesk di Indonesia.

Software ini memiliki tampilan yang sederhana, namun tools yang ada saat ini sangat lengkap. Tidak terlalu sulit untuk menggunakan software ini, selain itu plesk memiliki banyak ekstensi tambahan untuk membantu Anda lebih mudah megelola hosting. Anda ingin mecoba? plesk menyedikan paket trial atau uji coba. Silahkan kunjungi melalui link berikut ini: https://www.plesk.com/plesk-free-download/.

DirectAdmin

Control panel selanjutnya adalah DirectAdmin, tidak jauh berbeda dengan control panel sebelumnya dari segi pengertian dan manfaatnya. Software ini menjadi salah satu control panel termurah, ringan, kemudahan aksesnya dan stabil. Saat ini tersedia dalam beberapa akses multilevel, ini bertujuan mempermudah akses dalam satu tampilan.

Jika Anda Administrator dan sebagai reseller juga, dapat melakukan kontrol penuh dalam satu akun saja. Inilah yang tadi saya katakan akses multilevel. Control panel ini cocok untuk Anda yang ingin belajar mengelola web hosting, tidak banyak konfigurasi yang Anda butuhkan.

Fitur yang tersedia seperti backup website, pembuatan database, pengelolaan akun reseller dan masih banyak lagi.

ZPanel

Zpanel merupakan software control panel gratis, Anda dapat menggunakannya tanpa harus mengeluarkan uang lebih. Software ini dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan dapat berjalan dengan aman di sistem operasi Linux, MacOS, UNIX dan Windows. Selain itu zPanel juga mendukung Apache dan NGINX.

Webmin

Untuk software control panel satu ini mungkin sedikit asing, pasalnya ini banyak digunakan hanya untuk perusahaan yang ingin memiliki control panel sendiri. Webmin sangat powerful dan sangat fleksibel. Sayangnya webmin hanya tersedia untuk platform seperti Linux dan Unix. Fitur unggulan dari webmin adalah pengelolaan email server.

Anda dapat melakukan konfigurasi seperti software control panel lainnya yaitu eMail, Subdomain, web server maintaining FTP, managemen file dan masih banyak lagi. Webmin open source dan gratis, dan memiliki fungsi untuk mengatur ulang domain, kontrol SSL dan dapat terintegrasi dengan Amazon SES untuk pengiriman email.

Jika Anda ingin menggunakan webmin, dapat mencoba dengan mengunjungi situs resminya di https://www.webmin.com/.

Fungsi Control Panel Hosting

Dengan adanya control panel hosting, Anda dapat mengontrol dan mengkonfigurasi website Anda sesuai dengan kebutuhan semakin lebih mudah. Semua aktifitas yang berkaitan dengan domain dilakukan melalui control panel hosting. Bayangkan jika tidak menggunakan control panel, bagaimana Anda melakukan konfigurasi DNS, Nameserver, menambah subdomain dan lain sebagainya?. Tentu dengan adanya control panel Anda tinggal klik tidak perlu menggunakan perintah lain.

Fungsi lain dari control panel adalah membuat akses File Transfer Protokol atau biasa dikenal dengan FTP. Jika tidak ada FTP Anda dapat mengelola file yang ada pada website menggunakan file manager yang ada pada control panel.

Baca juga: Penjelasan Perbedaan FTP dan SFTP

Selain itu, dengan adanya control panel Anda juga dapat melakukan install aplikasi dengan mudah seperti wordpress, joomla, drupal dan lain sebagainnya. Anda tidak perlu lagi upload manual file instalasi aplikasi seperti wordpress tadi ke server, membuat database, dan konfigurasi laininya. Anda cukup menggunakan bantuan aplikasi pada control panel, tidak membutuhkan waktu lama langsung dapat digunakan.

Dengan adanya control panel, Anda juga dapat memonitor domain yang ada. Seperti kapasitas, inodes, penggunaan memory, trafik dan lain sebagainya. Anda juga dapat melakukan backup secara berkala. Fasilitas backup tidak semua ada, tergantung dari paket hosting yang Anda beli.

Demikianlah pembasan mengenai jenis control panel hosting yang populer hingga saat ini. Anda pernah menggunakan control panel selain yang sudah dijelaskan di atas? Mari kita bahas di kolom komentar setelah pembahasan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.