Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Hypertext Transfer Protocol atau biasa dikenal dengan HTTP merupakan suatu protokol transfer data dari sebuah website melalui server yang akan diterima oleh broser yang digunakan oleh pengunjung website. Versi terbaru dari HTTP adalah HTTP/3 yang menjadi penerus dari HTTP/2.

HTTP3 diluncurkan pertama kali pada bulan November 2018. HTTP3 dikembangkan oleh Google dengan istilah HTTP over-QUIC ( Quick UDP Internet Connections). Facebook juga menggunakan teknologi ini untuk meningkatkan kecepatan website.

Pada saat peluncurannya tidak membutuhkan waktu lama untuk menyita perhatian pengguna. HTTP3 memiliki banyak keunggulan dan fitur baru yang tidak dimiliki oleh HTTP versi sebelumnya. Banyak pengguna menggunakan HTTP3 dikarenakan mampu membuat performa website meningkat dan lebih cepat dengan jeda waktu yang singkat. Berikut penjelasan apa itu HTTP3 dan bagaimana sistem kerjanya.

Cara Kerja HTTP3

HTTP3 menggunakan protokol UDP sedangkan HTTP3 menggunakan protokol TCP. Kedua versi HTTP ini memiliki konsep yang tidak jauh berbeda namun memiliki perbedaan dalam hal efesiensi.

IP Menjadu dasar dari semua komunkasi online di internet, TCP atau Transmission Control Protocol adalah bagian yang lebih tinggi dari rangkaian protokol internet. TCP mampu menjawab kebutuhan pengguna website, email dan FTP. TCP juga mampu membantu dalam pembuatan koneksi multi-langkah, dengan transfer file yang terjamin keamanannya.

Sedangkan untuk UDP atau User Datagram Protocol merupakan sebuah protokol tanpak membutuhkan koneksi berbasis diagram. Aplikasi atau website yang dibangun diatas protokol UDP dapat memilih strategi yang akan digunakan tergantung pada sebuah kasus yang dialami. Sistem keamanan UDP, pengiriman data dan lain sbeagainya sepenuhnya diberikan kepada aplikasi.

Dengan adanya UDP dapat melakukan upgrade tanpa harus merubah firmware pada semua perangkat yang terhubung ke interenet ataupun harus merubah sistem operasi yang digunakan. Berbeda dengan TCP, sistem operasi dan firmware menjadi perhatian penting ketika harus upgrade.

Manfaat dari HTTP3

HTTP3 bermanfaat meningkatkan performa website dari segi kecepatan, dengna menggunakan protokol UDP proses transfer file atau data tidak mengalami kendala sehingga cepat untuk diakses. HTTP3 dapat mengunduh sesuatu di internet melalui smartphone tanpa memikirkan kestabilan koneksi internet. Jika koneksi internet pada smartphone Anda terputus saat mendownload, tidak perlu mengulang kembali untuk mendownload, hanya perlu dan otomatis proses download akan berlanjut.

Proses transfer data pada HTTP3 terjadi hanya sekali saja tanpa metode perulangan dan membuat keamanan data terjamin. Berbeda dengan HTTP2 proses transfer data melalui 2 tahapan, yaitu proses meminta dan menerima paket dan terjadi secara berulang-ulang.

Jika Anda ingin menggunakan server yang mendukung penggunaan HTTP3 banyak penyedia hosting sudah menyediakan fasilitas penggunaan HTTP3 sehingga website Anda jauh lebih cepat.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.