Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Penjelasan Format gambar Vektor dan Raster – Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah vector bukan? nah, kalau dengan istilah raster sudah pernah dengar belum? Bukannya format gambar itu seperti jpeg, png, svg dan lain-lain? ya benar sekali, tapi pada penjelasan kali ini saya akan mebahas klasifikasi dari format gambar itu sendiri.

Sebelum masuk pada pembahasan inti, ada yang perlu Anda ketahui. Tahukah Anda jika setiap format gambar sebenarnya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda? Bukannya format file gambar itu sama saja tetap menghasilkan gambar yang sama? tentunya tidak, setiap format gambar memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula. Dan tentunya hasilnya juga berbeda, dapat dilihat perbedaan yang sangat mencolok adalah kontras dan warna.

Apa Itu Gambar Raster?

Gambar raster adalah gambar yang terdiri dari grid, biasa juga kita sebut dengan istilah piksel yang berbentuk titik persegi. Lalu setiap titik persegi ini berisikan warna, tertata dan membentuk elemen visual. Pada gambar raster, semakin tinggi resolusinya semakin detail pula tampilan gambarnya.

Ukuran file yang dihasilkan atau dimiliki gambar raster memiliki ukuran yang lebih besar daripada gambar vector. Jenis format ini cocok untuk grafis yang rumit yang memiliki banyak gradient atau perpaduan warna.

Sesuai dengan karakteristiknya, setiap piksel gambar raster memiliki warna, posisi dan proporsi yang bergantung pada resolusinya. Jika Anda merubah resolusi gambar piksel akan mengisi ruang tambahan sehingga gambar pun menjadi buram.

Sebagai contoh lain, jika Anda memiliki gambar raster dan cobalah untuk zoom gambar. Gambar akan semakin buram dan tidak terlalu jelas, hingga terlihat jelas titik-titik persegi setiap pikselnya.

Format Gambar Raster

Jika Anda sudah paham mengenai penjelasan gambar raster tadi, selanjutnya saya akan mebahas format gambar apa yang masuk dalam kategori gambar raster. Berikut format gambar raster yang paling umum dan banyak digunakan:

JPEG dan JPG

JPEG atau dengan kepanjangan Joint Photography Experts Group adalah format gambar dari jenis raster dengan menggunakan teknologi kompresi lossy. Format gambar JPEG memiliki karakteristik berbentuk flat image atau semau pengeditan tersimpan ke dalam satu layer atau lapisan. Jika Anda memiliki kamera digital atau kamera smartphone maka secara bawaan format gambar yang ada adalah JPEG.

Baca juga: Perbedaan Kompresi Lossy dengan Kompresi Lossless

Mengapa demikian? tujuan dari format JPEG adalah untuk menyimpan gambar di kamera digital dan printing. Ini membuat Anda tidak harus melakukan banyak pengeditan gambar lebih maksimal.

Tidak ada perbedaan antara JPEG dan JPG, keduanya adalah format file yang sama, hanya berbeda pada akronim dan ekstensi file yang berbeda. Kedua file ini juga mendukung semua browser dan sistem operasi yang ada saat ini.

PNG

Portable Network Graphics atau biasa disingkat dengan PNG, merupakan format gambar raster dengan menggunakan teknologi kompresi lossless. Kualitas dari data aslinya tidak akan dihapus dan tetap bertahan mesikupn sudah melalui proses komrpresi. Jika Anda membandingkan segi kualitas, PNG memiliki kualitas jauh lebih baik dengan JPEG atau JPG.

PNG memiliki detail dan kontras warna yang tetap bagus. Jika ingin membuat gambar model transparan, PNG sangat cocok. Selain itu, PNG juga memiliki kelebihan seperti jika gambar Anda mengandung teks maka teks tersebut akan tetap bisa terbaca dan tidak buram.

format gambar raster dan vector
Format gambar PNG
format gambar raster dan vector
Format gambar JPEG

Pada format file PNG memiliki 16 juta warna, sangat banyak bukan? Sementara format gambar GIF hanya mendukung sekitar 256 warna saja. Jika Anda ingin membuat sebuah desain dengan ukuran kualitas tinggi seperti desain website, mockup dan lain sebagainya sangat saya sarankan menggunakan format PNG. Namun perlu Anda ingat, jangan membuat ukuran jauh dari permintaan, karena ini akan berdampak ukuran file akan semakin besar.

Dan tidak saya rekomendasikan untuk menggunakan PNG untuk bisnis percetakan. Karena PNG bukanlah pilihan terbaik untuk dicetak. Jika ingin mencetak gambar yang menggunakan format PNG, maka Anda dapat menggunakan file asli tersebut seperti AI, CDR dan TIFF.

GIF

Graphics Interchange Format (GIF) merupakan format gambar yang menggunakan teknologi kompresi lassless. Memiliki 8 bit per piksel dan hanya mampu menampilkan sekitar 256 jenis warna saja. Pada dasarnya GIF memiliki kualitas gambar yang kurang tajam.

Atas dasar banyak kekurangan dari format gambar ini jika kita membandingkan dengan format gambar lainnya, menjadikan GIF sebagai format gambar yang memiliki ukuran kecil. Namun adanya kekurangan ini, nyatanya GIF sangat cocok untuk membuat animasi dengan durasi pendek. Apakah GIF mendukung semua web browser dan sistem operasi? Tentunya sangat mendukung.

Jangan khawatir jika kamu memiliki gambar GIF dan ingin membukanya pada sistem operasi yang kamu miliki saat ini. Image viewer pada sistem operasi dapat membuka semua file gambar GIF.

TIFF

Tagged Image File Format (TIFF) adalah format gambar yang juga menggunakan teknologi kompresi lossy. Sama seperti JPEG dan JPG, format TIFF juga memiliki satu format yang sama yaitu TIF. Biasanya format gambar TIFF digunakan untuk percetakan, karena kualitasnya yang sangat tinggi.

Jika Anda menggunakan format gambar TIFF untuk kebutuhan website sangat tidak saya sarankan. Mengapa demikian? sebagian besar browser tidak mendukung penggunaan TIFF. Lalu bagaimana jika ingin membuka file format TIFF? Anda dapat menggunakan software profesional seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator.

Sementara untuk membukanya pada sistem operasi windows, Anda dapat menggunakan Windows Photo Viewer.

PSD

Tentunya sebagian dari kalian format file ini sudah tidak asing lagi. Ya, Photoshop Document atau PSD adalah format gambar dari Adobe Photoshop untuk menyimpan gambar dan pekerjaan yang Anda garap. PSD masuk kategori format gambar yang menggunakan teknologi kompresi lossless.

Ukuran yang dihasilkan oleh file ini sangat besar, semakin banyak layer yang Anda buat maka itu akan membuat file PSD juga semakin besar. Anda ingin mencetak file PSD? lalu aplikasi apa yang bisa mendukung atau dapat membuka PSD? Adobe Illustrator dan CorelDraw dapat melakukannya.

RAW

RAW adalah format gambar yang digunakan pada kamera digital untuk menyimpan gambar dengan kualitas tinggi. Format RAW memiliki ukuran warna sekitar 14-bit, sementara itu JPEG hanya memiliki 8-bit saja. Tidak hanya pada kamera digital, nyatanya smartphone dengan kemampuan dan spesifikasi tinggi menggunakan format gambar RAW untuk setiap foto yang Anda ambil.

Apa itu Gambar Vektor?

Saat ini gambar vektor menjadi sangat populer dengan banyaknya penyedia jasa-jasa edit foto menjadi vektor. Tidak hanya melalui mereka yang menyediakan jasa, banyak aplikasi yang ada di playstore dan appstore juga mampu menkonversi foto menjadi vektor secara instan. Lalu apa itu gambar vector? Gambar kartun mas, haha mari kita bahas.

Vektor adalah gambar yang disusun dari jalur atau garis yang didasarkan pada persamaan matematika. Wessh, matematika? semakin rumit ini pembahasan hahaha. Secara sederhana seperti ini penjelasannya, jalur yang ada adalah adanya titik awal dan akhir yang terhubung melalui garis dan kurva. Garis tersebut dapat berupa garis lurus, melengkung, lingkaran dan sebagainya.

Setiap bagian jalur memiliki banyak properti, seperti warna degradasi, isian ataupun ketebalan. Gambar berjenis vektor ditentukan berdasarkan algoritma bukan berdasarkan piksel seperti jenis atau format gambar lainnya. Skala yang ada pada cektor dapat Anda tingkatkan sesuai kebutuhan tanpa harus mengurangi atau menurunkan kualitas.

Format Gambar Vektor

Anda membutuhkan gambar vektor? Berikut beberapa format gammbar vektor yang dapat dicoba dan sesuaikan dengan kebutuhan:

SVG

SVG atau dikenal dengan kepanjangan Scalabel Vector Graphics merupakan format gambar berbasis vektor yang kualitasnya tidak akan menurun jika Anda perbesar atau zoom. Tahukah Anda jika SVG nerupakan format gambar yang disusun menggunakan XLM yang bertujuan untuk penggunaan grafik 2D dan website.

Selain mudah untuk digunakan, nyatanya file SVG juga dapat langsung digunakan pada sebuah halaman web sebagai kode tambahan di css. Jika Anda menggunakan file SVG secara keseluruhan pada website tentunya ini akan banyak menghemat ruang penyimpanan pada server.

Untuk web browser, tentunya semua web browser yang ada saat ini dapat mendukung file SVG dengan baik. Namun sayangnya, jika Anda membaut website menggunakan wordpress format SVG belum diizinkan hingga waktu yang tidak kita ketahui. Untuk dapat menggunakan dan mengizinkan wordpress upload file svg, Anda dapat menggunakan kode tambahan atau plugin.

Baca juga: Cara Upload File SVG di WordPress

PDF

Siapa sangka PDF ternyata salah satu format gambar. Portable Document Format (PDF) adalah format gambar yang termasuk dalam vektor dengan menggunakan teknologi kompresi Lossless. Anda dapat memperbesar gambar hingga batas yang Anda mau. Saat ini PDF hanya kita ketahui sebagai format dokumen. Nyatanya, PDF juga dapat digunakan untuk gambar dan ilustrasi.

AI

AI tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan? Format gambar AI merupakan hasil format file dari Adobe Illustrator. Format file adobe ilustrator biasanya banyak digunakan oleh mereka yang ingin membuat ilustrasi dan vector art.

AI tidak dapat langsung dibuka menggunakan web browser ataupun photo viewer bawaan dari sistem operasi. Anda harus menggunakan aplikasi atau software adobe illustrator pula.

Demikianlah pembahasan mengenai format gambar raster dan vektor beserta jenis-jenis format gambar dari kedua format gambar tadi. Semoga bermanfaat dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.