Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Perbedaan HTTPS dan HTTP – Jika Anda lihat setiap mengakses website akan menemukan URL dengan HTTPS dan ada juga menggunakan protokol HTTP. Mengapa ada dua jenis protokol tersebut? dan terkadang URL dengan HTTP sering masuk kategori Not Secure. Lalu apa perbedaannya dari kedua jenis protokol tersebut lebih detail? Sebelum masuk pada pembahasan inti, kenali terlebih dahulu HTTP dan HTTPS.

Apa itu HTTP dan HTTPS?

Ternyata kedua protokol tersebut memiliki peran penting dalam hal transfer atau penyaluran data website yang sedang Anda kunjungi. Berikut penjelasan lengkap mengenai perbedaan HTTPS dan HTTP.

HTTP?

HTTP atau dengan kepanjangan Hypertext Transfer Protocol adalah protokol jaringan aplikasi yang dipakai untuk mendistribusikan semua informasi antara server dengan client. Intinya protokol ini berfungsi untuk komunikasi antara sistem komputer yang berbeda. Sebagai contoh, lebih sering untuk mengirim data dari web server ke browser untuk menampilkan halaman website.

Masih ada website menggunakan protokol HTTP saat ini? tentu masih, meskipun tidak sebanyak dahulu. Jika Anda mengakses website dengan protokol HTTP sering menemukan masalah. Hal yang sering terjadi jika menggunakan web browser seperti Google Chrome dan Firefox. Web browser akan menampilkan pesan akses yang tidak aman. Mengapa demikian?

Data yang dikirimkan melalui protokol HTTP dari browser menuju server tidak di enkripsi, ini menjadi celah untuk pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan dan menyalahgunakan. Ini biasanya ditandai dengan ikon gembok berwarna merah dan HTTP pada awal nama domain.

Protokol HTTP biasanya berisikan informasi seperti:

  • Jenis Versi HTTP
  • URL
  • Metode HTTP
  • HTTP request headers
  • Optional HTTP body

HTTPS?

Hypertext Transfer Protocol Secure atau biasa disingkat dengan HTTPS adalah protokol jaringan versi terbaru dari versi sebelumnya yaitu HTTP. Sesuai namanya secure, HTTPS memeliki tingkat keamanan yang lebih baik dan ketat. Sehingga pengguna akan merasa aman dalam mengakses sebuah website. Seperti melakukan transaksi jual beli. HTTPS dikembangkan oleh perusahaan internet service terkenal yaitu Netscape Communication Corp.

HTTPS bekerja saat Anda mengunjungi sebuah website dengan HTTPS maka browser akan melakukan audit atau pengecekan apakah website tersebut menggunakan layanan SSL/TLS. Browser akan terus melakukan validasi dari sertifikat SSL yang tersedia, jika dinyatakan valid maka public key dan private key yang terdaftar akan melakukan tugasnya enkripsi dan dekripsi data yang akan di kirimkan.

Setelah semua benar-benar valid, session key akan di buat oleh client dan server dan akan memunculkan notifikasi koneksi aman dan di tandai dengan ikon gembok berwarna hijau dan HTTPS pada awalan nama domain.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

HTTP dan HTTPS meskipun hanya berbeda dari segi tulisan, nyatanya ada perbedaan lain yang lebih detail. Dari penjelasan diatas, Anda sudah dapat menemukan beberapa perbedaan antara keduanya. Berikut perbedaan HTTP dan HTTPS secara lengkap.Keamanan

Keamanan

Perbedaan paling mendasar adalah dari segi keamanan, HTTP tidak menjamin keamanan pada saat pengiriman data antara client dan server. Website yang masih menggunakan protokol HTTP sangat rentan menimbulkan masalah seperti pencurian data. Sedangkan untuk HTTPS memiliki protokol keamanan tingkat tinggi. Pertukaran atau penyaluran data dilakukan dengan enkripsi dan dekripsi. HTTPS memiliki prosedur untuk keamanan pada data website seperti, Autentikasi server, Kerahasian data, dan Integritas data.

Selain itu, HTTP tidak menggunakan sertifikat, sementara HTTPS menggunakan sertifikat yang sering kita kenal dengan SSL/TLS. Jika Anda belum mengetahui apa itu SSL/TLS, simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Penggunaan Port

Port kali ini adalah port yang tidak terlihat sedikit berbeda port atau socket yang kita kenal saat ini. Dengan istilah lain adalah port logic, ini memiliki fungsi dalam menghubungkan antar perangkat protokol. Port logic memiliki banyak jenis serta penggunaannya. Port memiliki nomor urut, mulai dari nomor urut 0 hingga 1000 dan tiap nomornya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda.

HTTP menggunakan port 80 sedangkan untuk HTTPS menggunakan port 443 sebagai jaringan konektivitasnya.

Rangking Website

Nyatanya protokol HTTP dan HTTPS memiliki peranan penting pada rangking sebuah wesbite. Saat ini mesin pencarian seperti Google dan Bing telah mengultimatum semua pemilik website untuk menggunakan HTTPS, jika tidak maka website tersebut dipastikan tidak akan muncul di hasil pencarian.

HTTP tidak dapat meningkatkan peringkat pada search engine, karena dianggap membahayakan pengunjung. Sementara dengan menggunakan protokol HTTPS website Anda cepat untuk di index oleh mesin pencarian. Semakin bagus SEO yang Anda gunakan akan semakin baik rangking hasil pencarian.

Accelerated Mobile Pages (AMP)

AMP merupakan teknologi milik Google, sayangnya jika Anda masih menggunakan protokol HTTP tidak akan menggunakan teknologi AMP di website Anda. Begitu sebaliknya, jika Anda menggunakan protokol HTTPS pada website maka teknologi ini akan dapat di terapkan. Ini sangat bermanfaat jika website Anda ingin cepat di muat.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS, jika belum menggunakan protokol HTTPS pada website Anda silahkan upgrade demi kenyamanan dan keamanan pengunjung. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.