Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Jika Anda seorang programmer mungkin dengan kalimat Hello, World! sudah tidak asing lagi. Di setiap bahasa pemograman pasti selalu menampilkan kalimat ini. Sebagai contoh ketika Anda selesai melakukan instalasi wordpress, post pertama yang di tampilkan adalah Hello, World!. Ternyata, kalimat ini mengandung makna untuk mengilustrasikan dasar bahasa pemograman.

Sejarah “Hello, World!”

Sejarah “Hello, World!”, Hello World merupakan program komputer yang akan menampilkan pesan serupa pada layar komputer pada saat Anda melakukan uji coba bahasa pemograman tertentu. Hampir semua bahasa pemograman menggunakan kalimat ini sebagai kalimat pembuka. Bisa dikatakan sebagai perkenalan bahwasannya Anda baru menggunakan bahasa pemograman tertentu.

Kalimat “Hello, World!” pertama kali ditulis oleh Brian Kernighan pada saat dirinya menulis dokumentasi bahasa pemograman BCPL (Basic Combined Programming Language) sekaligus memberikan contoh dari program tersebut.

Setelah bahasa pemograman C dirilis, BCPL kemudian dikenal dengan bahasa pemograman B. “Hello, World!” pertama kali digunakan pada tahun 1972 sehingga tahun ini digunakan sebagai tahun kelahiran kalimat tersebut.

Brian Kernighan pernah mengatakan pada sebuah sesi wawancara dengan majalah Forbes, sebagai berikut:

Memory is dim now. What i do remember is that i had seen a cartoon that showed an wgg and a chick and the chick was saying, “Hello, world!”

Brian Kernighan

Semenjak pernyataan itu terucap olehnya, kalimat “Hello, World!” sering digunakan pada saat mencoba kode baru.

Contoh Penggunaan “Hello, World!”

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwasannya kalimat “Hello, World!” digunakan pada semua bahasa pemograman. Lalu bagaimana penggunaan kalimat tersebut di beberapa bahasa pemograman, berikut contoh penggunaannya:

Bahasa Pemograman BCPL

main(){
 extrn a,b,c;
 putchar(a); putchar(b); putchar(c); putchar('!*n');
}
a 'hell';
b 'o, w';
c 'orld!';

kode diatas akan menghasilkan output “hello, world!”

Bahasa Pemograman Java

class HelloWorld {

    public static void main(String[] args) {

        System.out.println("Hello World!");

    }

}

Bahasa Pemograman PHP

<?php echo "Hello, World"; ?>

Bahasa Pemograman Ruby

puts 'Hello, World!'

Bahasa Pemograman Python

print("Hello World")

Demikianlah penjelasan mengenai sejarah “Hello, World”. Jika Anda ingin menambahkan penjelasan artikel ini dan beberapa pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar pada akhir artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih!.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

2 Comments

  • Mas Gun, 3 Januari 2022 @ 2:03 pm Reply

    Wah baru tahu saya, sekian lama bro. Nice info bro

    • Pram Eko, 3 Januari 2022 @ 8:51 pm Reply

      hahaha serius? makasih sudah mampir bro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.