Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara membuat menu wordpress – Membuat menu di wordpress sangatlah mudah, dimana wordpress merupakan salah satu CMS yang mudah untuk digunakan. Menu sering disebut juga dengan istilah menu navigasi. Apa itu menu? Menu adalah fitur pada wordpress dimana Anda dapat meletakkan link halaman pada bagian tertentu dalam website.

Menu navigasi menjadi hal yang paling utama dalam sebuah website. Ini bertujuan untuk mempermudah pengunjung menemukan halaman penting sebagai sumber informasi. Menu navigasi biasanya terdiri dari halaman utama yang menunjukkan informasi penting. Halaman tersebut biasanya seperti Blog, Kategori Blog, Kontak, Tentang Kami, Privacy Policy dan lain sebagainya.

Menu berbentuk vertikal juga ada dengan bentuk horizontal. Jika Anda membuat menu, pastikan halaman yang di tampilkan tidak terlalu banyak. Dan pastikan desain website Anda sudah responsive.

Baca juga: Cara Cek Website Responsive

Cara Membuat Menu WordPress

Berikut langkah demi langkah membaut menu di wordpress dengan mudah, pastikan Anda sudah membuat halaman khusus untuk menampilkan menu.

  • Pilih menu Appearance Menus, atau Tampilan Menu jika website Anda menggunakan bahasa Indonesia
  • Buat menu baru, klik Create a New Menu, lalu isikan nama menu yang Anda inginkan. Sebagai contoh Anda ingin membuat menu untuk di tampilkan pada header, beri nama Header Menu Primary. Kemudian ceklis pada bagian lokasi menu yaitu Primary. Lokasi Primary merupakan lokasi menu yang akan muncul pada header saja. Jika sudah yakin untuk membuat menu, klik tombol Create Menu.
  • Selanjutnya pilih halaman yang ingin Anda letakkan atau tampilkan pada header menu. Seperti penjelasan diatas, tidak semua halaman ditampilkan pada menu. Pilih beberapa halaman penting yang menunjukkan identitas website dan dapat membantu pengunjung menemukan halaman yang ada. Setelah itu klik tombol Add to Menu.
  • Anda juga dapat membuat kustom link, pilih menu Custom Links. Isikan nama halaman yang akan di tampilkan dan URL atau Link.
  • Cek halaman utama website Anda, lihat apakah menu yang Anda buat sudah tampil.
cara membuat menu wordpress
  • Jika Anda ingin mengurutkan atau memindahkan posisi menu, klik salah satu menu lalu geser ke bagian yang Anda inginkan.
cara membuat menu wordpress
  • Selanjutnya adalah, membaut menu dropdown yang sudah di buat tadi, cukup mudah. Pilih salah satu menu atau buat custom link, lalu geser dan tempatkan di bawah menu utama yang akan Anda buat Dropdown.

Menu yang Anda buat tadi jika ingin menghapusnya, silahkan clik Delete Menu pada bagian kanan bawah. Cukup mudah bukan? Demikianlah pembahasan mengenai cara buat menu di wordpress dengna mudah. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *