Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara ganti value lang HTML WordPress – Halo, semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara ganti value lang HTML wordpress. Mungkin Anda masih sedikit bingung di bagian mana kah letak atribut ini. Anda dapat melihatnya dengan cara klik kanan pada halaman situs Anda lalu klik atau pilih view page source.

cara ganti value lang html wordpress

Sebelum masuk pada pembahasan ini, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai atribut Lang. Atibut lang adalah salah satu atribu HTML global yang ada dan dapat Anda pakai pada semua element HTML lainnya. Atribut ini berfungsi dan dapat membantu dengan aksesibilitasnya. Secara umum fungsinya adalah dapat membantu Anda untuk menentukan bahasa suatu element dan semua element yang ada.

Lang, paling umum dan sering kita jumpai pada elemen HTML. Biasa dan tujuannya adalah memberi tahu kepada browser bahwa semua konten di halaman tersebut adalah menggunakan bahasa sesuai dengan bahasa yang di deklarasikan. Misal pada lang=”id-ID”, ini akan memberitahu browse bahwa bahasa pada halaman tersebut menggunakan bahasa Indonesia.

Alasan Menentukan Lang

Ada beberapa pertanyaan mengenai atribut Lang ini, salah satunya adalah seberapa penting untuk menentukan lang pada sebuah halaman. Berikut alasan menentukan lang pada sebuah halaman:

  • Membantu browser mendeteksi bahasa pada sebuah halaman tersebut. Sebagai contoh, Anda klik kanan pada halaman dan memilih translate halaman ini. Browser khususnya chrome akan memberi tahu Anda bahasa yang dipakai pada halaman itu.

Lalu bagaimana jika kita tidak menentukan lang pada suatu halaman atau HTML? Apakah berpengaruh pada SEO? Anda dapat menemukan jawabannya disini:

Cara Ganti Value Lang HTML WordPress

Secara default atau bawaan, wordpress menggunakan bahasa inggris. Ini bergantung ketika Anda memilih bahasa saat install wordpress pertama kali. Jika Anda memilih bahasa Inggris, maka lang akan bernilai en-US. Ada beberapa kondisi mengapa ini perlu Anda ganti. Yang pertama adalah Anda ingin menyesuaikan bahasa pada halaman Anda. Lalu yang kedua, Anda ingin menyesuaikan bahasa pada halaman namun tidak ingin merubah pengaturan bahasa pada website.

Ganti nilai Lang tanpa merubah pengaturan bahasa WordPress

Lalu bagaimana cara mengganti nilai atau value dari lang tersebut sesuai dengan keinginan kita? Anda dapat meletakkan beberapa kode dibawah ini pada file wp-config.php dan function.php. Gunakan FTP Filezilla untuk menemukan file tersebut. Berikut cara mudahnya:

  • Pertama, tambahkan variabel global di file wp-config.php
$locale = 'id-ID';
  • Kedua, deklrasikan konstanta WPLANG di wp-config.php, tambahkan kode berikut ini di bawah variabel globat tadi
define(' WPLANG ', 'id_ID';)
  • Ketiga, tambahkan kode ini di function.php atau lustom function Anda
add_filter( 'locale', function() {
     return 'id_ID';
});

Mengganti Bahasa WordPress

Cara selanjutnya adalah mengganti bahasa wordpress, ini akan merubah nilai atau value dari lang pada keseluruhan halaman. Berikut cara sederhana yang dapat Anda lakukan:

  • Login, dan masuk pada tampilan dashboard. Pilih menu pengaturan (settings) » General » Language (bahasa).
  • Ubah bahasa pada website sesuai dengan keinginan
cara ganti value lang html wordpress

Cara pertama sangat flexibel karena dapat menambahkan lebih banyak kondisi, seperti memeriksa ID website yang menggunakan multisite. Demikianlah cara mengganti nilai Lang pada halaman HTML wordpress. Jika Anda menemukan cara lain selain yang sudah ada diatas, ajukan pada kolom komentar setelah artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih!.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.