3xx Redirect in Sitemap – Melakukan redirect atau pengalihan untuk halaman yang sudah tidak ada atau tidak digunakan sangatlah penting. Namun sayangnya, penerapan redirect jika tidak sesuai dengan ketentuan akan banyak menimbulkan masalah.

Salah satunya adalah redirect pada suatu halaman atau url akan berdampak pula pada sitemap. Masalah ini akan muncul pada saat melakukan site Audit menggunakan tool SEO. Pengguna Ahrefs tentunya akan muncul pemberitahuan dengan label red (merah) jika ditemukan masalah ini.

Dengan pesan 3xx redirect in sitemap menandakan masalah yang perlu segera di tangani, sebelum menimbulkan dampak yang lebih serius lagi.

Pelajari lebih lanjut tentang masalah atau pesan kesalahan 3xx redirect in sitemap pada site audit Ahrefs dan bagaimana cara memperbaikinya.

Baca juga: Cara Mengatasi “Noindex Page in Sitemap” pada Site Audit

Apa Penyebab Munculnya Masalah ini?

Teridentifikasi adanya beberapa url yang sudah di alihkan namun belum ada tindakan apapun pada sitemap. Perlu diketahui sitemap akan mengumpulkan semua halaman untuk membantu mesin pencari melakukan perayapan dan index.

Mesin pencarian akan menggunakan sitemap untuk merayapi dan index semua halaman yang ada pada sebuah website. Jika ada url halaman terindikasi dialihkan maka mesin pencarian akan mengabaikannya.

Seperti ini teknisnya, mesin pencari akan memberikan kode 200 (ok) apabila url tidak memiliki pengalihan (redirect). Jika url memiliki pengalihan maka mesin pencari akan memberikan kode HTTP 3xx.

Sitemap membantu mengarahkan url dan megirimkan sinyal untuk mengindeks URL, namun jika ada url yang terindikasi pengalihan tentunya ini akan menyesatkan dan membingungkan mesin pencarian.

Ingat, mesin pencarian hanya akan mengindeks url dengan kode HTTP 200!

Bagaimana Mengatasinya?

Cukup mudah, halaman yang Anda alihkan masih ada? Silahkan hapus dan lakukan redirect 301 (permanen). Pastikan url lama sudah tidak tersedia di halaman sitemap. Untuk pengguna plugin SEO Yoast wordpress, silahkan cek dengan menambahkan index_sitemap.xml pada akhir domain.

Baca juga tips SEO lainnya:

Sebagai contoh, https://prameko.com/sitemap_index.xml

3xx Redirect in Sitemap

Sitemap hanya boleh menyertakan url aktid yang mengembalikan kode respon 200 (OK). Ganti URL pengalihan di sitemap dengan URL tujuan. Jika url tujuan sudah muncul di sitemap dan url lama sudah tidak tersedia silahkan lakukan validasi kembali.

Semoga bermanfaat dan terimakasih!


Avatar for Pram Eko

administrator

Pram Eko is devoted to exploring web trends, website developer, and writing about WordPress for almost 8 years.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *