Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Halo, semoga Anda dalam keadaan sehat selalu ya. Kali ini saya akan membahas mengenai cara menonaktifkan klik kanan pada website wordpress. Sebelum masuk ke pembahasan inti, mengapa harus menonaktifkan klik kanan pada website?. Konten adalah hal yang paling penting dan berharga dalam website kita, tetapi bagaimana jika seseorang menyalin konten Anda?

Tidak hanya sekedar menyalin, namun mencuri konten seperti gambar yang itu cuma Anda yang memilikinya. Tentunya kita harus melindungi konten tersebut dengan baik. Anda dapat mendaftarkan seluruh konten Anda pada DCMA untuk melindungi konten dan mendapatkan perlindungan hukum jika terjadi pencurian konten.

Selain cara menonaktifkanya, saya akan membahas bagaimana ini di SEO, berpengaruh atau tidak.

Menonaktifkan Klik Kanan pada WordPress

Jika Anda mengalami kesulitan untuk mendaftar di DCMA, cara lain untuk melindungi konten adalah menonaktifkan klik kanan, copy dan cut di wordpress menggunakan plugin dan kode sederhana. Berikut cara mudahnya:

Menggunakan Plugin

WordPress banyak menyediakan plugin sesuai kebutuhan, salah satunya adalah untuk menonaktifkan klik kanan. Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk menemukan plugin yang Anda butuhkan. Berikut beberapa plugin yang dapat Anda pakai untuk menonaktifkan right-click di wordpress.

Disable Right Click For WP

menonaktifkan klik kanan wordpress

Plugin ini digunakan untuk menonaktifkan klik kanan pada website untuk mencegah, copy, paste, cut, simpan gambar, view source, dan lain sebagainya. Jika Anda masuk menggunakan role Administrator atau Editor makan Anda dapat melakukan hal yang tidak aktif tadi tanpa ada batasan.

Selain menonaktifkan right click, plugin ini juga dapat menonaktifkan cara cepat atau shortcut menggunakan tombol keyboard untuk copy, paste dan lain sebagainya. Anda cukup install dan aktifkan plugin ini, dan atur beberapa pengaturan pada menu dashboard settings.

Anda menggunakan plugin cache pada website? Sebagai saran, harap bersihkan cache Anda terlebih dahulu sebelum dan sesudah melakukan pengaturan pada plugin ini.

Disable Right Click and Content Copy Protection

menonaktifkan klik kanan wordpress

Tidak jauh berbeda fungsi dengan plugin sebelumnya, plugin ini untuk melindungi seluruh konten Anda. Mencegah klik kanan menjadi fitur unggulan dari plugin ini. Plugin ini sangat ringan dan tidak perlu banyak konfigurasi setelah menginstall.

Menggunakan Kode Sederhana

Pada cara ini Anda hanya perlu menambahkan kode pendek pada situs wordpress. Letakkan kode di bawah ini pada file footer.php. Anda dapat menemukan atau mengakses file tersebut menggunakan FTP Filezilla. Jika tidak ada akses FTP website, Anda dapat menggunakan menu Dashboard > Appearance > Edit themes.

<script type="text/javascript">
            jQuery(document).ready(function () {
                //Disable cut copy paste
                jQuery('body').bind('cut copy paste', function (e) {
                    e.preventDefault();
                });
                //Disable mouse right click
                jQuery("body").on("contextmenu",function(e){
                    return false;
                });
            });
 </script>

Jika Anda menggunakan Oxygen Builder, tentunya Anda tidak dapat menemukan file footer.php. Anda dapat menggunakan plugin code snippet atau kustom plugin untuk meletakkan kode diatas. Gunakan hook ‘wp_footer‘ untuk mempermudah meletakkan kode pada oxygen builder. Seperti di bawah ini:

add_action('wp_footer', 'wpram_action_example'); 
function wpram_action_example() { 
    ?>


        <script type="text/javascript">
            jQuery(document).ready(function () {
                //Disable cut copy paste
                jQuery('body').bind('cut copy paste', function (e) {
                    e.preventDefault();
                });
                //Disable mouse right click
                jQuery("body").on("contextmenu",function(e){
                    return false;
                });
            });
        </script>

    <?php
}

Kekurangan

Ada beberapa kekurangan yang dapat diterima jika menggunakan cara tersebut, salah satunya pada SEO. SEO adalah hal yang penting pada suatu website, dengan cara tersebut ini akan merusak pengalaman pengunjung dan mesin pencarian. Selain itu, ini akan muncul masalah baru seperti pengunjung akan terus melakukan banyak cara untuk mendapatkan konten Anda. Bisa saja melakukan peretasan website, tentunya ini semakin merugikan bukan?

Anda dapat melindungi konten dengan membuat harga berlangganan. Ini mungkin dapat menjadi solusi terbaik, jika Anda tidak ingin pengguna lain mendapatkan konten.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara melindungi konten yang ada pada website Anda yang menggunakan wordpress. Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.