Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Menonaktifkan Theme dan Plugin Editor – WordPress secara default memberikan kuasa kepada pengguna untuk dapat melakukan edit file tema dan plugin. Anda dapat edit tema dan plugin melalui dashboard tanpa menggunakan FTP ataupun melalui file manager server.

Mungkin fitur ini sangat membantu bagi kita yang tidak memiliki akses menggunakan FTP ataupun melalui server. Namun sayangnya, ini dapat menyebabkan masalah seperti merusak situs dan potensi keamanan lainnya. Sebagai contoh, Anda melakukan edit file pada tema melalui editor tanpa melakukan backup, lalu ada kerusakan pada situs.

Anda tidak dapat melakukan undo pada file editor, tentunya ini akan menghabiskan banyak waktu untuk mengingat kode apa saja yang sudah Anda edit. Selain itu, jika ada seseorang yang dapat masuk ke situs Anda dengan menggunakan cara “hacking”. Seseorang tadi dapat melakukan hal banyak hingga merusak bagian inti tema pada situs Anda.

Baca juga: Cara Hapus dan Unistall Tema WordPress dengan Aman

Cara Menonaktifkan Theme dan Plugin Editor Worpdress

Untuk itu perlu dan ada baiknya jika Anda menonaktifkan kedua fitur yang ada di WordPress ini. Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk menonaktifkan theme dan plugin editor di wordpress.

Editor tema ada pada bagian Dashboard » Appearance » Theme Editor. Jika Anda buka maka tampilan awal menunjukkan bagian tema yang sedang aktif.

menonaktifkan theme dan plugin editor

Dan untuk Plugin Editor, Anda dapat menemukannya di Dashboard » Plugin » Plugin Editor

menonaktifkan theme dan plugin editor

Lalu bagaiman cara menonaktifkannya? Berikut ada langkah demi langkah untuk menonaktifkannya

Melalui File wp-config.php

  • Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan, ada baiknya backup situs terlebih dahulu
  • Cari file wp-config.php pada root situs Anda, edit file itu. Gunakan FTP untuk menemukannya, atau Anda dapat menemukannya melalui file manager server.
  • Tambahkan kode dibawah ini

Baca juga: Penjelasan Perbedaan FTP dengan SFTP

define( 'DISALLOW_FILE_EDIT', true );
define( 'DISALLOW_FILE_MODS', true );
  • Simpan, dan lihat hasilnya

Melalui Code Snippets

  • Install Plugin code snippets
  • Lalu buat snippet baru, lalu tambahkan kode dibawah ini
/**
 * Removes theme editor.
 */
function wplib_remove_menus(){
   	remove_submenu_page( 'themes.php', 'theme-editor.php' );
  	remove_submenu_page( 'plugins.php', 'plugin-editor.php' );
}
add_action( 'admin_menu', 'wplib_remove_menus', 999 );
  • Kode diatas, selain menggunakan plugin kode snippets, juga dapat menambahkannya di file function.php atau file kustom function yang Anda buat.
  • Simpan, dan lihat hasilnya

Bagaimana jika ingin menambahkan kode di tema situs seperti css? Anda dapat menggunakan fasilitas customize. Dashboard » Appearance » Customize

Selanjutnya, pilih Additional CSS

Lalu bagaimana cara untuk menambahkan kustom function jika theme editor di nonaktifkan? Harus menggunakan FTP. Dengan adanya akses menggunakan FTP ini akan mengurangi resiko yang tidak diinginkan terjadi.

Jika cara pada artikel ini berjalan dengan baik, jangan lupa untuk share di media sosial Anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.