Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara buat sitemap di WordPress – Pada artikel kali ini akan membahas mengenai Sitemap dan bagaimana cara membuat sitemap di wordpress. WordPress saat ini masih menjadi CMS populer dan banyak digunakan dalam pembuatan website. Jika Anda belum memahami apa itu CMS? dapat membaca artikel berikut ini: Apa itu CMS?.

Pada wordpress sangatlah penting untuk memiliki sebuah halaman sitemap. Mengapa begitu penting? Ini akan membantu website Anda mudah untuk di index oleh Google melalui beberapa bot Google saat ini seperti Google Spiders, Google Bots dan Google Crawler. Simak penjelasan lengkap mengenai sitemap berikut ini:

Apa Itu Sitemap?

Sitemap adalah sebuah halaman atau file yang berisikan daftar semua halaman yang ada pada sebuah website. Dengan istilah lain sitemap sebagai denah yang dapat membantu mesin pencarian dan pengunjung menemukan semua halaman. Halaman yang tampil pada sitemap biasanya seperti page, post, kategori dan tag.

Teknologi sitemap pertama kali muncul di Internet sejak tahun 1994. Pada saat itu sitemap merupakan alat navigasi satu-satunya yang dapat membantu pengunjung menemukan halaman website. Namun saat ini setelah banyak desainer website menemukan alat navigasi yang lebih mudah dan canggih, sitemap tidak terlalu lagi digunakan.

Perlu Anda ketahui, meski saat ini sitemap tidak dijadikan alat navigasi namun keberadaan sitemap menjadi hal yang wajib dan harus. Jika Anda mengutamakan SEO pada sebuah website, sitemap menjadi tolak ukur dan harus ada. Mengapa demikian? berikut alasannya:

  • Dengan adanya sitemap, website Anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian seperti Google dan Bing,
  • Website Anda akan lebih cepat di index oleh mesin pencarian,
  • Jika melakukan perubahan pada struktur website seperti permalink, sitemap dapat menginformasikan dengan cepat ke mesin pencarian,

Pada tahun 2005 Google mengembangkan protokol baru menggunakan XML yang saat ini dikenal dengan istilah XML Sitemap.

Jenis Sitemap

Banyak pengguna wordpress tidak mengetahui sejatinya sitemap memiliki beberapa jenis, yaitu XML Sitemap dan HTML Sitemap. Apa perbedaan keduanya? Berikut penjelasan mengenai perbedaan dari keduanya,

  • XML Sitemap – XML Sitemap di tujukan untuk mesin pencari. Selanjutnya XML juga berisikan informasi mengenai metadata dengan URL website. Metadata tersebut memiliki struktur kapan URL pada website tersebut terakhir di update, waktu perubahan hingga seberapa cepat perubahan berlangsung.
  • HTML Sitemap – Ini di tujukan untuk pengguna. Banyak website mencantumkan HTML sitemap pada sebuah halaman dan menampilkannya di beberapa menu. Biasanya tampil di footer namun ada juga yang meletakkannya pada menu header utama. HTML Sitemap juga dapat menaikkan rangking website Anda.

Lalu apakah boleh menggunakan kedua jenis sitemap diatas? Tentunya boleh, bahkan sangat direkomendasikan untuk menggunakan kedua jenis sitemap ini pada website Anda.

Cara Buat Sitemap di WordPress

Setelah Anda memahami apa itu sitemap dan fungsinya, berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana cara buat sitemap di WordPress. Berikut cara langkah demi langkah membuat sitemap wordpress,

Menggunakan Plugin

Anda dapat menggunakan bantuan Plugin untuk membuat sitemap di wordpress. Ada beberapa plugin wordpress yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan,

  • Yoast Plugin
    Seperti Anda ketahui Yoast Plugin merupakan plugin SEO dengan banyak fitur lengkap yang tersedia. Salah satunya adalah fitur XML Sitemap, jika Anda menggunakan Yoast Plugin sebagai plugin SEO website maka Anda tidak perlu mengintall plugin lain untuk membuat sitemap. Untuk membuat sitemap menggunakan plugin Yoast, silahkan masuk pada dashboard wordpress Yoast SEO General. Selanjutnya silahkan pilih tab Fitur, aktifkan XML Sitemap lalu Simpan.
cara buat sitemap di wordpress

Untuk mengetahui apakah sudah benar aktif, silahkan tambahkan /sitemap_index.xml di akhir nama domain website Anda. Sebagai contoh https://prameko.com/sitemap_index.xml. Maka yang akan muncul seperti gambar dibawah ini:

cara buat sitemap di wordpress
  • Plugin ini dapat membantu Anda membuat HTML Sitemap di WordPress. Install terlebih dahulu plugin WP Sitemap Page ini, jangan lupa untuk aktifkan. Selanjutnya buatlah halaman baru dengan nama Sitemap. Selanjutnya paste shotcode berikut ini
[wp_sitemap_page]

Publish halaman yang Anda buat tadi dan lihat halaman tersebut. Sebagai contoh: https://prameko.com/sitemap/

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat halaman sitemap di wordpress dengan mudah. Jika Anda memiliki cara lain, ajukan pada kolom kemnatar setelah pembahasan artikel ini ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.