Perbedaan Hosting dan Domain

Istilah Hosting dan Domain merupakan istilah yang sering ditemukan dalam hal membangun website. Keduanya sangatlah berbeda namun memiliki keterkaitan yang kuat. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Domain?

Domain atau nama domain adalah sebuah alamat atau nama dari sebuah website. Secara teknis domain merupakan sebuah IP yang disusun sangat rumit dan unik, dengan domain IP tadi dibungkus dan disusun dengan kata yang lebih mudah untuk diingat.

Domain terdiri dari domain second-level dan top-level(TLD). Domain second level adalah kata atau frasa pilihan Anda, sebagai contoh prameko sedangkan domain top-level adalah ekstensinya seperti .com, .org, .net, dan lain sebagainya.

Dimana mendapatkan atau memperoleh domain? Di indonesia cukup banyak penyedia hosting yang menawarkan domain dengan harga terjangkau. Pastikan Anda membeli satu paket denga nhosting, jika Anda belum memiliki hosting. Pastinya akan lebih murah dibandingkan Anda membelinya terpisah.

Apa itu Web Hosting?

Web hosting atau Hosting adalah sebuah tempat dimana file dan data yang diperlukan wesbite disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File yang disimpan pada hosting seperti video, gambar, aplikasi, database dan lain sebagainya.

Dengan kata lain Hosting dapat mempublikasikan website Anda ke Internet. Penyedia hosting menyimpan data website Anda di servernya lalu mengirimkan informasi tersebut ke web browser pengunjung saat mereka mengetikkan nama domain Anda di kolom pencarian atau kolom URL.

Jenis Web Hosting

Perbedaan hosting dan domain
Sumber gambar: Unsplash.com

Web hosting memiliki beberapa jenis, berikut penjelasan singkatnya:

  • Shared Hosting – merupakan sebuah hosting bersama untuk beberapa website yang berada di satu server fisik dengan kapasitas penyimpanan dan resource dalam jumlah tertentu. Biasanya jenis hosting ini di bandrol dengan harga murah. Jenis hosting ini banyak digunakan dengan website kategori UMKM, personal, dan website yang tidak memiliki kapasitas besar.
  • VPS Hosting – VPS hosting masih sama seperti shared hosting menggunakan server fisik, namun memiliki ruang server khusus yang terpisah dengan orang lain yang menyewa hosting. Harga yang ditawarkan biasanya diatas harga dari Shared Hosting.
  • Cloud Hosting – hosting ini bekerja sebagai virtual pribadi yang terderi dari beberapa server berbeda. Anda akan mendapatkan resource dan alamat IP khusus dan mendapatkan hak akses untuk mengontrol server Anda sendiri. Harga dari cloud hosting sudah menyentuh ratusan ribu perbulan.
  • WordPress Hosting – jika Anda menggunakan wordpress untuk membangun website, jenis hosting ini sudah tersedia di banyak penyedia hosting dengan paket lengkap dan fitur optimisasi. Harga wordpress hosting masih sangat terjangkau di kisarabn Rp.10.000 sampai dengan Rp.200.000 perbulan.

Penjelasan perbedaan hosting dan domain diatas semoga dapat menjawab pertanyaan Anda dan semoga bermanfaat. Terimakasih!


Avatar for Pram Eko

administrator

Pram Eko is devoted to exploring web trends, website developer, and writing about WordPress for almost 8 years.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *