Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

White screen of death WordPress – Situs Anda menggunakan CMS WordPress? Pernah mengalami tiba-tiba situs tidak menampilkan apa-apa alias hanya menampilkan halaman putih tanpa konten sama sekali? Inilah yang kita kenal dengan WSOD. Istilah ini tadi merupakan sebuah kesalahan atau error teratas di wordpress.

Kesalahan ini bisa terjadi akibat beberapa hal, tergantung dari kondisi atau kesalahan yang kita lakukan pada situs. Jika Anda sedang mengalami hal seperti ini jangan panik, selagi masih memiliki backup. Lalu, bagaimana yang tidak memiliki backup?

Jangan panik, ini dapat teratasi dengan beberapa cara yang nantinya dapat Anda lakukan. Sebelumnya, saya akan menjelaskan apa itu WSOD pada wordpress. Simak penjelasan berikut ini:

Apa itu WSOD pada WordPress?

White Screen of Death (WSOD) adalah sebuah error yang menyebabkan situs hanya menampilkan layar putih saja pada saat diakses. Apakah ini umum terjadi? ya, tentunya ini sangat umum dan sering terjadi pada setiap situs yang dibangung menggunakan CMS WordPress. Perlu Anda ketahui error ini muncul tanpa adanya notifikasi atau pemberitahuan seperti error yang terjadi pada wordpress lainnya.

Error ini terjadi tidak pada satu halaman atau jenis post saja, melainkan pada keseluruhan halaman dan jenis post. Dari kesalahan white screen wordpress ini, Anda tetap dapat masuk dan login dan mengakses halaman dashboard wordpress.

Lalu apa penyebab dari munculnya white screen of death wordpress ini? Ada beberapa faktor yang menyebabkan error ini terjadi:

  1. Plugin bermasalah, tidak kompatibel dengan tema dan versi wordpress
  2. Cache browser
  3. Limit memori wordpress yang terlalu kecil
  4. File permission issue
  5. WordPress gagal update
  6. Syntax error
  7. PHP max execution time yang kecil
  8. Server web hosting

Lalu, bagaimana cara mengatasi jika kesalahan atau error white screen of death terjadi? berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan situs seperti semula.

Cara Mengatasi White Screen of Death WordPress

Pada pembahasan kali ini, saya menggunakan aplikasi Filezilla FTP Client untuk mengatasi permasalahan white screen of death wordpress. Untuk mengurangi resiko, Pastikan Anda memiliki dan melakukan backup situs sebelum error ini terjadi.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah memiliki akses untuk masuk ke situs, memiliki akses menggunakan FTP ataupun akses pada server. Ini sangat perlu, untuk menggunakan berbagai cara untuk mencari letak kesalahan dan error yang terjadi. Berikut cara mengatasi error WSOD pada wordpress:

Tambah Memori Limit WordPress

Kapasitas memori yang ada pada wordpress Anda terlalu kecil ini akan menimbulkan white screen terjadi. Secar umum wordpress secara default sudah mengatur ini dan berjalan dengan baik. Sayangnya beberapa plugin tertentu memerlukan alokasi memori yang lebih besar suapaya dapat berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Ada baiknya Anda mengatur atau menambah lagi alokasi kebutuhan memori pada wordpress. Lakukan cara ini untuk menambah memori limit wordpress:

  • Buka dan akses menggunakan FTP situs Anda
  • Masuk pada folder public_html, cara file wp-config.php
  • Edit file wp-config.php, tambahkan kode dibawah ini
define ( 'WP_MEMORY_LIMIT', '64M' );
cara mengatasi white screen of death wordpress
  • Simpan, dan lihat perubahan yang terjadi

Baca juga: Cara Mengatasi Error Penjadwalan Publish Post WordPress

Non-aktifkan Plugin

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menonaktifkan beberapa plugin yang Anda rasa itu menjadi penyebabnya. Jika terlalu banyak plugin, Anda dapat memastikan dengan cara cepat.

  • Buka Filezilla dan hubungkan, lalu cari folder public_html
  • Masuk ke bagian wp-content dan temukan folder plugins
  • Rename atau ubah nama folder plugin menjadi pluginsOLD
  • Cek situs Anda apakah sudah kembali normal. Jika sudah kembali normal ada beberapa konten yang muncul meskipun berantakan tampilannya, rename folder pluginsOLD tadi ke nama semula.

Dari cara diatas kita dapat menyimpulkan bahwa ada salah satu plugin yang menyebabkan error white screen terjadi. Non-aktifkan satu persatu plugin melalui dashboard plugin, atau dapat menggunakan cara serupa menggunakan FTP lalu rename folder plugin yang aktif satu persatu.

Aktifkan WP Debug

Solusi lainnya adalah dengan mengaktifkan Wp Debug pada wordpress. Secara default wp_debug wordpress tidak aktif, Anda perlu mengaktifkan untuk melihat pesan error yang ada. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka Filezilla dan sambungkan FTP Server situs Anda
  • Cari file wp-config.php, edit dan temukan kode WP_DEBUG
  • Ubah value dari wp_debug dari false menjadi true
  • Simpan, lalu lihat tampilan white screen tadi cek ada pesan error yang muncul atau tidak
  • Jika muncul pesan error, Anda dapat menentukan penyebab utama mengapa error seperti itu dapat terjadi
  • Anda sudah menemukan dan memperbaikinya? jangan lupa untuk merubah value wp_debug true menjadi false

Perbaiki Syntax Error

Penyebab lain adalah adanya syntax error. Ini biasanya sering terjadi ketika Anda menambahkan kode tertentu melalui beberapa file yang ada di wordpress. Syntax error terjadi karena adanya salah dalam penulisan kode. Silahkan perbaiki kembali kode atau script yang baru saja ditambahkan.

Hapus Cache Browser & WordPress

Jika Anda telah mencoba beberapa cara diatas namun belum teratasi, silahkan untuk bersihkan cache browser yang Anda pakai. Berikut cara untuk menghapus cache browser

  • Pilih ikon titik tiga pada pojok kanan atas Anda
  • Piluh More tools > Clear browsing data lalu pilih clear
  • Untuk memastikan terlebih dahulu, buka situs menggunakan mode penyamaran atau incognito.

Jika Anda menggunakan plugin cache, silahkan lakukan pembersihan cache melalui fitur plugin yang sudah ada.

WSOD memang membuat kita ketar ketir panik seketika. Namun ada baiknya, lakukan backup situs minimal seminggu dua kali dan berkala. Jika terjadi kesalahan seperti ini tanpa terduga Anda hanya perlu mengembalikan dengan file backup sebelum masalah ini terjadi.

Demikianlah pembahasan mengenai WSOD pada wordpress, semoga dapat membantu dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.