Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Apa itu SSL?

Apa itu SSL atau dengan istilah Secured Socket Layer merupakan sebuah standar keamanan pada internet sebagai pelindung koneksi antar server website anda dan browser.

Semua data yang melalui link atau URL menggunakan SSL akan di enksripsi sebelum melakukan tranmisi di Internet.

Dengan menggunakan SSL pada website Anda akan meningkat keamanan website tersebut, dimana setiap melakukan tranmisi yang berhubungan dengan data seperti nama pengguna, password, kartu kredit, debit dan informasi yang sangat sensitif akan lebih aman dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menggunakan SSL sangat dianjurkan untuk Anda yang ingin membangun website online shop, pemerintahan, finansial dan lain sebagainya.

Manfaat SLL pada website Anda

Berikut penjelasan mengenai funsi atau manfaat menggunakan SSL pada website Anda

  • Mengamankan transaksi di dalam website dengan melakukan enkripsi sehingga data transaksi pengguna, password, kartu kredit lebih aman.
  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung website, pastinya pengunjung memilih website yang lebih Aman.
  • Meningkatkan ranking SEO di Google, dimana Google mengutamakan website menggunakan SSL untuk di index terleboh dahulu.
  • Browser akan menampilkan informasi Website Anda aman untuk di kunjungi jika menggunakan SSL, biasanya ini muncul pada kolom sebelah kiri URL.
  • Meningkatkan penjualan di dalam website, dikarenakan kepercayaan konsumen yang tinggi terhadap keamanan website Anda

Lalu bagaimana menandai website yang menggunakan SSL? Seperti yang sudah dijelaskan diatas pada manfaat SSL, untuk mengetahui sebuah website yang menggunakan SSL adalah pada URL selalu menggunakan HTTPS bukan HTTP.

Selain itu pada browser seperti Google Chrome, Firefox dan Microsoft Edge akan otomatis memberi tahu pada notifikasi disebelah kiri kolom URL, ini biasanya mengandung kalimat Not Secure atau Tidak aman.

Jika website Anda dibangung dengan menggunakan WordPress cukup mudah memasang SSL/TLS di wordpress. Anda dapat menggunakan plugin Really Simple SSL dan SSL Insecure Content Fixer. Pastikan Anda sudah membeli SSL/TLS terlebih dahulu ya.

Cara ini di gunakan jika Anda membeli SSL/TLS terpisah dari provider penyedia saat membeli Hosting.

Perlu diketahui, SSL saat ini sudah tidak lagi digunakan dan digantikan oleh TLS (Transport Layer Security). Jika Anda ingin menggunakannya, Anda dapat membeli hosting yang menawarkan berbagai macam pilihan SSL certificate sesuai budget yang Anda miliki.

Semoga penjelasan diatas menjawab pertanyaan Anda ya apa itu SSL. Terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.