Tools UI/UX Design – merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pengembangan aplikasi atau website. Bagi pengguna, kualitas tampilan dan pengalaman pengguna yang baik sangat menentukan keputusan mereka dalam menggunakan atau tidak menggunakan suatu aplikasi atau website.

Untuk itu, pengembang aplikasi atau website harus memastikan bahwa tampilan dan pengalaman pengguna yang disediakan memenuhi kebutuhan pengguna. Untuk membantu pengembang dalam proses desain, terdapat berbagai tools UI/UX design yang dapat digunakan.

Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa alat atau aplikasi UI/UX design yang populer dan efektif yang dapat membantu dalam proses desain.

Baca juga: Situs Penyedia Hosting di Indonesia

Tools UI/UX Design

Berikut ini beberapa tools UI/UX yang dapat Anda coba dan gunakan untuk menjadi seorang web designer. Simak satu persatu penjelasan, kelebihan dan kekurangan dari setiap tool UI/UX design.

Adobe XD

Adobe XD - tools ui/ux

Adobe XD atau dengan kepanjangan eXperience Design merupakan sebuah alat desain dan prototype baru yang dikembangkan oleh Adobe. Adobe XD pertama kali dikenal dengan Project Comet yang diluncurkan pertama kali pada Februari 2016.

Untuk pertama kali rilis hanya mendukung pengguna MAC saja dan dengan fitur yang masih sangat terbatas. Sejak tahun 2017 Adobe XD dapat digunakan oleh pengguna Windows 10, iOS, dan Android.

Adobe XD adalah tools UI/UX design yang menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan desainer untuk membuat desain aplikasi atau website dengan cepat dan efektif. Alat ini menyediakan fitur vector editing yang memungkinkan desainer untuk membuat desain dengan presisi tinggi.

Adobe XD - tools ui/ux

Selain itu, Adobe XD juga menyediakan fitur prototype dan design spec yang memungkinkan desainer untuk membuat prototipe interaktif dan spesifikasi desain yang detail. Fitur lainnya adalah fitur collaboration yang memungkinkan beberapa desainer untuk bekerja secara bersamaan pada satu proyek.

Ingin menggunakan AdobeXD dan belajar lebih jauh, silahkan kunjungi tautan ini: https://helpx.adobe.com/uk/support/xd.html

Figma

tools UI/UX Design

Figma adalah tools UI/UX design yang terkenal dengan fitur collaboration yang sangat baik. Dalam Figma, desainer dapat bekerja secara bersamaan pada satu proyek dan melakukan review atau feedback secara real-time. Figma juga menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan desainer untuk membuat desain dengan cepat dan efektif, seperti vector editing, prototyping, dan design spec.

Selain itu, Figma juga menyediakan fitur plugin yang memungkinkan desainer untuk menambahkan fungsi tambahan yang tidak disediakan oleh default. Silahkan mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan Figma melalui tautan https://www.figma.com/.

tools UI/UX Design

Kelebihan menggunakan figma dapat bekerja secara bersama antar pengguna, dapat berbagi file atau project dengan mudah, penggunaan tool yang sangat mudah untuk dipahami.

Sketch

Tool selanjutnya adalah Sketch, merupakan salah satu alat UI/UX design yang populer digunakan oleh para desainer. Sketch menyediakan berbagai fitur yang memudahkan desainer dalam membuat desain aplikasi atau website. Salah satu fitur yang cukup populer adalah fitur vector editing yang memungkinkan desainer untuk membuat desain dengan presisi tinggi.

tools UI/UX Design

Selain itu, Sketch juga menyediakan berbagai plugin yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses desain. Sketch memiliki fitur collaborative design yang memungkinkan beberapa desainer untuk bekerja secara bersamaan pada satu proyek.

Dengan Sketch, desainer dapat membuat prototipe interaktif dengan mudah.

Baca juga: 8 Situs Kompres Gambar Populer

Canva Ui/Ux Design

Selanjutnya, Canva adalah tools UI/UX design yang lebih sederhana dan mudah digunakan dibandingkan dengan tools lainnya yang telah disebutkan. Tool ini menyediakan berbagai template yang dapat digunakan untuk membuat desain seperti poster, brosur, presentasi, dan sebagainya.

canva workspace

Canva juga menyediakan berbagai fitur editing yang sederhana, seperti pengaturan font, warna, dan gambar. Canva sangat cocok bagi pengguna yang belum terbiasa dengan tools UI/UX design yang lebih kompleks.

Untuk dapat menggunakan fitur secara keseluruhan harus upgrade berlangganan menjadi pro atau bisnis. Saat ini lebih dari 60 juta pengguna aktif menggunakan canva. Selain banyak menyediakan template, canva memiliki komunitas yang sangat besar. Komunitas bertujuan untuk membantu setiap apapun yang ingin ditanya dan memenuhi kebutuhan pengguna.

Zeplin

zeplin ui/ux

Alat ui/ux selanjutnya Zeplin, tools UI/UX design yang memungkinkan desainer untuk membuat spesifikasi desain yang detail. Zeplin menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan desainer untuk membuat spesifikasi desain dengan cepat dan efektif. Fitur yang perlu Anda ketahui Zeplin juga menyediakan fitur collaboration yang memungkinkan beberapa desainer untuk bekerja secara bersamaan pada satu proyek.

Alat ini dapat terintegrasi dengan aplikasi design lainnya seperti Adobe XD, Adobe Photoshop CC, Figma dan Sketch. Dengan menggunakan plugin sesuai aplikasi yang ingin di integrasikan, zeplin menjadi lebih powerfull untuk digunakan.

Dengan menggunakan zeplin developer website tidak lagi menulis ulang kode stylesheet lagi, cukup click element lalu dapat menggunakan kode css yang sudah ada.

css zeplin

Kode yagn dihasilkan sudah menyesuaikan dari desain aslinya, selain itu kode juga akan berbeda jika implementasinya untuk website, aplikasi android ataupun iOS. Keren bukan? jadi developer tidak perlu lagi memikirkan kode yang dihasilkan sudah mendukung web browser secara keseluruhan atau belum.

Ketahui terlebih dahulu untuk penggunaan aplikasi satu ini, zeplin menawarkan pilihan harga yang berbeda-beda pastinya. Versi gratis hanya diberikan akses membuat 1 proyek saja. 17 Dollar per bulan untu 3 proyek aktif, 26 dollar untuk 12 proyek aktif, 129 dollar untuk jumlah proyek unlimited dan batasan member sekitar 12 orang.

Baca juga: Platform Blog Terbaik Saat Ini

InVision Studio

tools UI/UX Design

InVision Studio adalah tools UI/UX design yang menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan desainer untuk membuat desain aplikasi atau website dengan cepat dan efektif. InVision Studio menyediakan fitur vector editing yang memungkinkan desainer untuk membuat desain dengan presisi tinggi.

Selain itu tool ini juga menyediakan fitur prototyping yang memungkinkan desainer untuk membuat prototipe interaktif dengan mudah. Fitur lainnya InVision Studio juga menyediakan fitur collaboration yang memungkinkan beberapa desainer untuk bekerja secara bersamaan pada satu proyek.

Dalam memilih tools UI/UX design yang sesuai, perlu dipertimbangkan beberapa faktor seperti fitur, kompleksitas, dan biaya. Beberapa tools UI/UX design yang telah disebutkan memiliki fitur yang cukup lengkap dan memungkinkan desainer untuk membuat desain dan prototipe interaktif dengan cepat dan efektif.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan tools UI/UX design hanya merupakan salah satu aspek dari proses desain. Kreativitas dan pemahaman akan kebutuhan pengguna juga merupakan faktor yang sangat penting dalam proses desain.


Avatar for Pram Eko

administrator

Pram Eko is devoted to exploring web trends, website developer, and writing about WordPress for almost 8 years.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *