Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara Hapus /page/1/ Pagination WordPress – Pagination adalah bagian utama dalam sebuah website yang menampilkan banyak data dalam bentuk listing. Site checker mengartikan pagination adalah teknik penomoran halaman yang dilakukan secara berurutan.

Website yang dibangun menggunakan wordpress juga dapat menggunakan pagination untuk membantu mengelompokkan konten ke dalam halaman yang terpisah. Pagination biasanya banyak dipakai dalam website yang masuk dalam kategori News, Blog dan e-Commerce.

Dapat Anda lihat prameko.com pada halaman depan atau homepage maka akan menemukan bagian yang menampilkan pagination. Pagination berbentuk nomor-nomor halaman. Biasnaya nomor halaman ini terletak pada bagian bawah halaman situs.

Menggunakan pagination selain untuk mempercantik halaman, tujuan utamanya adalah meningkatkan pengalaman pengguna lebih mudah dan lebih sederhana dalam menemukan data.

Baca juga: Schema Markup, Penjelasan dan Contohnya

Selain itu, pengguna juga akan merasa lebih nyaman saat melihat data. Data yang langusng ditampilkan secara keseluruhan akan menyebabkan pengunjung merasa bosan. Terlalu banyak scroll terus menerus juga akan membuat pengunjung semakin bosan dan lelah, terlebih lagi menggunakan smartphone.

Berikut ini contoh tampilan pagination:

cara hapus /page/1/ wordpress

Masalah yang Muncul di Pagination

Jika dilihat dari sudut pandang developer website yang biasa menggunakan wordpress tentunya membuat pagination tidak akan menimbulkan masalah lainnya. Dari sisi design juga tidak akan menimbulkan masalah, karena membuat pagination malah akan menimbulkan kesan yang lebih baik.

Sayangnya dari sisi SEO pagination kadang menimbulkan banyak isu atau masalah ketika setiap bulan melakukan audit. Audit menggunakan ahref dan semrush pun tetap saja masalah dari pagination selalu ada.

Mengapa pagination menimbulkan masalah dari sisi SEO? Pada saat posisi pagination berada di halaman kedua atau berada di halaman mana saja yang masih dalam area pagination, jika kita hover atau arahkan kursor pada halaman 1 pagination maka akan muncul url halaman pertama menjadi https://domain.com/page/1/.

URL tersebut akan menimbulkan masalah yaitu internal outlink 301 atau pengalihan (Redirect). Jika tidak dirubah tentunya akan menimbulkan masalah yang secara terus menerus.

Cara Hapus /page/1/ Pagination WordPress

Solusi dari masalah diatas adalah merubah /page/1/ hanya nama domain saja. Cukup menambahkan kode sederhana saja maka masalah tadi dapat diatasi.

Setelah mengetahui mengapa dalam pagination /page/1/ halaman pertama harus dihapus, berikut ini cara hapus /page/1/ wordpress pagination dengan mudah.

Menggunakan FTP

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan FTP untuk menambahkan kode hapus url halaman pertama pada pagination wordpress.

Baca juga: Apa itu Filezilla, Download dan Cara Menggunakannya

  • Buka Filezilla, dan login atau sambungkan ke situs
  • Cari file function.php yang ada di situs, file ini terletak di wp-content/themes/[tema aktif]
  • Edit function.php dan tambahkan kode berikut ini
//Untuk pagination yang berada di page (halaman)
add_filter( 'paginate_links', function($link){
   if(is_paged()){$link= str_replace('page/1/', '', $link);}
   return $link;
});
//Untuk pagination yang berada di archive category
add_filter( 'paginate_links', function($link){
   if(is_category()){$link= str_replace('page/1/', '', $link);}
   return $link;
});

Dashboard Tema WordPress

Jika tidak memiliki akses menggunakan FTP, dapat juga menggunakan cara untuk menambahkan kode yang sama melalui dashboard tema wordpress. Pastikan backup terlebih dahulu file function.php.

  • Login dan masuk ke halaman dashboard wordpress
  • Pilih menu Appearance » Theme File Editor
cara hapus /page/1/ wordpress
  • Cari file function.php, lalu tambahkan kode yang sama seperti diatas solusi pertama.
  • Pastikan letakkan kode sesuai tipe halaman, apakah page, category, atau halaman archive. Untuk mengetahuinya silahkan install Query Monitor.

Comment below to let me know if it works or not. Punya alternatif lain untuk mengatasi masalah diatas? ajukan pada kolom komentar ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *