Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Tentunya FileZilla sudah tidak asing lagi saat ini untuk para pengguna dan pembuat website, nah jika Anda belum mengetahui apa itu FileZilla, cara download filezilla hingga cara menggunakannya, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Penjelasan Perbedaan FTP dengan SFTP.

Apa itu FileZilla?

FileZilla adalah adalah sebuah software atau perangkat lunak open source (FTP Client) yang disediakan secara gratis yang berfungsi membantu Anda untuk mentransfer atau mendownload file pada server website. FileZilla memiliki dua jenis yaitu FileZilla Server dan FileZilla Client. Keduanya memiliki perbedaan pada fungsinya, FileZilla Client digunakan untuk request akses download dan upload dari lokal komputer sedangkan FileZilla Server digunakan untuk menjawab request dengan memberikan data yang diminta dan diperlukan oleh Client.

FileZilla hingga saat ini menjadi software yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan software FTP Client lainnya. FileZilla dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, BSD ataupun MAC Os dan tentunya software ini gratis.

Cara Download FileZilla

  • Download Filezilla melalui website resminya langsung [disini] dan klik tombol Download FileZilla Client
apa itu filezilla
  • Selanjutnya pilih jenis OS yang Anda gunakan saat ini, dan klik tombol download tunggu hingga proses download selesai
apa itu filezilla
  • Klik 2x pada FileZilla yang sudah di download tadi, kemudian klik tombol I Agree untuk melanjutkan proses instalasi
setup filezilla
  • Selanjutnya pilih pada pilihan pertama, yang telah direkomendasikan, lalu klik tombol Next. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Finish, jika Anda ingin menggunakannya langsung klik Finish. Jika tidak, unchecklist pada bagian Start FileZilla now.

Cara Menggunakan FileZilla

Setelah Anda melakukan proses instalasi diatas, lalu bagaimana cara menggunakan FileZilla? cara berikut dapat digunakan pada semua sistem operasi. Berikut langkah-langkah menggunakan FileZilla:

  • Buka aplikasi FileZilla Anda
  • Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, jika Anda hanya ingin menggunakan satu akses FTP silahkan masukkan Host, Username, dan password lalu klik tombol Quickconnect, lihat pada bagian warna merah seperti gambar dibawah ini.
  • Dan jika Anda banyak menggunakan FTP, Klik Menu Site Manager dibawah menu File. Lalu klik tombol New Site dan isikan nama wesbite Anda, isikan detail FTP seperti Host, Username dan Password. Pada kolom Encryption pilih Only use plain FTP dan Logon Type pilih Normal. Pastikan yang Anda isi sudah benar. Klik tombol Connect.
  • Jika berhasil, maka akan muncull folder Root Website Anda pada kolom pagian kanan bawah.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu FileZilla, download hingga cara menggunakannya. Jika Anda mengalami kesulitan dan pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar di akhir artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.