Prameko.com – Semenjak update versi wordpress dari versi 3.x, wordpress semakin powerfull dan ramah pengguna. Memungkinkan pengguna dapat menyesuaikan situs web dan mengelola konten secara fleksibel.

Sebagai contoh salah satu fitur luar biasa pada wordpress pada bagian menu. Pengguna dapat mengatur dan menambahkan pengaturan untuk menu sesuai kebutuhannya masing-masing.

Banyak pengguna menggunakan menu sebagai menu navigasi, tidak hanya pada header namun juga pada footer atau sidebar. Kebutuhan pengguna akan menu sangat beragam salah satunya adalah membuat menu memiliki fungsi open new tab jika di klik atau target _blank.

Apakah bisa menu wordpress memiliki fungsi yang sama seperti kita menambahkan atribut _blank pada url biasa? tentunya bisa.

Apa itu Target _blank?

Target _blank adalah sebuah atribut HTML yang mana jika digunakan pada url jika di klik maka halaman yang dituju akan terbuka di halaman atau tab baru browser. Ada beberapa atribut target selain _blank, yaitu target “new”.

Tentunya ini memiliki fungsi yang berbeda setiap atribut target ini, _blank berfungsi membuka halaman yang dituju pada tab baru browser. Sedangkan untuk taget=”new” maka ketika Anda melakukan klik untuk yang pertama kalinya maka halaman yang dituju akan terbuka di tab yang baru. Selanjutnya jika kita klik untuk yang kedua kalinya maka halaman akan terbuka di halaman yang sama kita buka di awal.

Cara Menambahkan Target Blank Menu

WordPress adalah sistem manajemen konten yang paling ramah pengguna yang pernah kami temukan. Itu dapat kita lihat pada fungsi menu yang dapat menambahkan atribut target _blank. Berikut ini cara mudah menambahkan target _blank menu di wordpress:

Langkah 1: Masuk ke halaman dashborad wordpress lalu klik menu Appearance » Menus

Langkah 2: Lihat pada pojok kanan atas, klik pada bagian Screen Options, lalu ceklis pada bagian Link Target

menambahkan target _blank Menu
menambahkan target _blank Menu

Terakhir Langkah 3: Klik pada daftar menu yang sudah Anda buat, ceklis pada bagian Open link in a new tab

menambahkan target _blank Menu

Langkah-langkah Menambahkan Target blank Menu diatas cukup mudah bukan? Anda tidak perlu menambahkan kode tambahan atau hook untuk membuat menu memiliki fungsi target blank di wordpress.

Kami harap tutorial ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan situs wordpress yang lebih baik. Jika ada pertanyaan yang ingin Anda sampaikan, silahkan ajukan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


Avatar for Pram Eko

administrator

Pram Eko is devoted to exploring web trends, website developer, and writing about WordPress for almost 8 years.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *