Nonaktifkan Admin Bar WordPress – Admin bar wordpress adalah sebuah bagian dari toolbar yang terletak pada bagian atas layar ketika sukses login. Semua role pengguna wordpress akan memiliki tampilan admin bar yang sama.

Fungsinya adalah untuk menampilkan pintasan praktis membantu pengguna seperti edit halaman, akses cepat ke halaman dashboard dan masih banyak lagi. Ada beberapa pertanyaan muncul haruskah menampilkan atau menyembunyikan admin bar wordpress?

Nonaktifkan Admin Bar WordPress

Tentunya banyak menjawab sangat perlu admin bar untuk ditampilkan disemua pengguna yang login. Namun dapat kita lihat bahwa pada semua perangkat admin bar muncul, mulai dari desktop hingga mobile.

Pada tampilan mobile tentunya dengan kemunculan admin bar sangat mengganggu, terlebih lagi sangat jarang pengguna login atau masuk menggunakan perangkat mobile. Admin bar pada tampilan mobile sangat mengurangi ruang akses pengguna yang login. Alternatif lain untuk menambah ruang akses pada tampilan mobile, admin bar wordpress harus dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Admin Bar WordPress

Secara default, menonaktifkan atau menyembunyikan admin bar wordpress sangatlah mudah untuk setiap pengguna. Anda dapat melakukannya satu persatu pada setiap pengguna yang terdaftar. Namun sayangnya ini membutuhkan waktu yang lama jika pengguna terdaftar pada suatu situs sangat banyak.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mudah untuk nonaktifkan admin bar wordpress kecuali role pengguna administrator.

Cara 1: Menonaktifkan Admin Bar untuk Semua Pengguna

Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah mengedit profil pengguna wordpress satu persatu. Dapat dikatakan ini adalah cara paling mudah dan cepat, jika pengguna yang terdaftar tidak terlalu banyak. Ikuti tahapan berikut ini:

  • Masuk pada halaman Dashboard » Users
  • Edit salah satu user yang ingin di nonaktifkan admin bar wordpress
  • Unchecklist atau pastikan bagian ini tidak terceklis
nonaktifkan Admin Bar wordpress
  • Perbaharui pengguna, untuk menyimpan perubahan tadi.

Cara ini akan menonaktifkan admin bar hanyak untuk pengguna tertentu, jika ingin menerapkan ke seluruh pengguna silahkan lakukan cara diatas ke semua pengguna lainnya.

Cara 2: Menonaktifkan Admin Bar untuk Semua Pengguna Kecuali Admin

Tidak ingin menonaktifkan admin bar untuk pengguna dengan jenis role Administrator? Tentunya tetap dapat dilakukan. Selain menggunakan cara pertama, juga dapat melakukannya dengan menambahkan kode pendek.

Lebih disarankan untuk menambahkan kode dibandingkan dengan mengedit satu persatu melalui halaman edit profil pengguna. Silahkan tambahkan kode berikut ini pada file function.php atau melalui plugin code snippets.

add_action('after_setup_theme', 'remove_admin_bar');
function remove_admin_bar() {
if (!current_user_can('administrator') && !is_admin()) {
  show_admin_bar(false);
}
}

Kode diatas akan mengidentifikasi pengguna non-admin, jika pengguna bukan admin maka admin bar tidak akan ditampilkan. Silahkan cek kembali dengan melakukan login menggunakan akses role pengguna yang berbeda untuk memastikan kode berjalan atau tidak.

Cara 3: Menonaktifkan Admin untuk Semua Pengguna

Jika pada cara kedua menonaktifkan admin baru kecuali admin, maka cara ketiga ini adalah untuk semua pengguna tanpa terkecuali. Silahkan tambahkan kode berikut ini:

add_filter( 'show_admin_bar', '__return_false' );

Cara 4: Nonaktifkan Admin Bar hanya di Mobile Saja

Cara selanjutnya adalah menonaktifkan admin bar hanya pada tampilan mobile saja. Dari cara pertama hingga nomor tiga, cara keempat ini yang sangat direkomendasikan. Bagaimanapun tetap saja ada baiknya untuk menampilkan admin bar pada tampilan dekstop hingga tablet. Tambahkan kode dibawah ini:

if(wp_is_mobile()){
add_filter( 'show_admin_bar', '__return_false' );
}

Cara 5: Menggunakan Plugin

Dari beberapa cara yang sudah ada, jika Anda tidak terbiasa menambahkan kode dapat menggunakan bantuan plugin. Berikut ini beberapa plugin yang direkomendasikan untuk menonaktifkan admin bar:

  • Hide Admin Bar by Shelby Denike
  • Hide Admin Bar Based on User Roles by Ankit Panchal
  • Hide Admin Bar From Front End by Aftab Husain

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara menonaktifkan admin bar pada semua ataupun spesifik pengguna, baik menggunakan kode ataupun plugin. Jika memiliki cara lain dari yang sudah disebutkan tadi, silahkan ajukan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


Avatar for Pram Eko

administrator

Pram Eko is devoted to exploring web trends, website developer, and writing about WordPress for almost 8 years.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *