Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara membuat efek sudut melengkung di CorelDraw – Istilah lain dari sudut melengkung adalah Rounded. Apa itu efek rounded? Rounded adalah bentuk tumpul pada setiap ujung objek, bisa dikatakan ini tidak jauh berbeda dengan istilah border radius. Dimana sama-sama memiliki ujung yang tumpul atau melengkung. Masih bingung bentuknya seperti apa? lihat gambar di bawah ini:

Membuat Sudut Melengkung CorelDraw

Tujuan dari penerapan efek sudut melengkung adalah supaya tidak terlihat kaku, dimana objek dengan ujung yang runcing sering terlihat dan berkesan kaku. cara ini dapat Anda terapkan pada semua versi coreldraw, hanya saja ada perbedaan pada posisi letak tools ini.

Cara Membuat Efek Sudut Melengkung CorelDraw

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan, ini bergantung pada jenis objek apa yang akan Anda beri efek rounded. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan, langkah demi langkah berikut ini:

Shape Tool

  • Buat objek persegi menggunakan Rectangle Tool. Pastikan jika objek sudah terbuat maka seleksi atau klik objek, lalu pilih Shape tool pada toolbox dan tarik salah satu pada sudutnya ke arah dalam objek. Perhatikan gambar dibawah ini:
Membuat Sudut Melengkung CorelDraw

Fillet Tool

Cara ini mungkin sedikit asing untuk di dengar, Fillet tool tidak jauh berbeda dengan shape tool yaitu memiliki tujuan yang sama. Jika Anda menggunakan cara ini, berikut hal yang harus Anda lakukan. Klik objek atau seleksi pada objek, lalu klik menu Window Dockers Fillet/Scallop/Chamfer. Atur atau isikan nilai yang sesuai Anda inginkan, kemudian klik tombol Apply.

Round Corners

Penggunaan round corners ini biasanya pada saat Anda membuat garis dan ingin terlihat tumpul pada setiap ujung atau bagian yang runcing. Pertama, buat objek garis menggunakan Pen Tool, lalu buat garis berbentuk huruf V terbalik. Buat tebal garis sekitar 2 sampai 5mm lihat gambar di bawah ini:

Selanjutnya, pilih color outline dan dobel klik. Color outline berada di pojok kanan bawah Anda, lihat gambar di bawah ini:

Maka akan muncul tampilan seperti ini, Pilih Round Corner dan isikan berapa nilai radius yang Anda inginkan. Jangan lupa pilih pada Line cap adalah Round Cap. Perhatikan gambar di bawah ini yang ada tanda panahnya:

Maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat sudut melengkung di coreldraw. Jika Anda memiliki cara alternatif lainnya, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini ya. Smeoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.