Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

WordPress menjadi salah satu CMS yang juga memiliki banyak plugin. Menurut situs wpbeginner.com, wordpress memiliki sekitar 54.000 plugin yang tersedia hingga saat ini. Dan masih banyak juga plugin di luar atau tidak tersedia di wordpress.org baik itu gratis maupun berbayar. Namun sebelum melanjutkan pembahasan mengenai plugin, sudah tahu kah Anda apa itu plugin wordpress? Simak penjelasan berikut ini,

Apa Itu Plugin WordPress?

Plugin adalah perangkat lunak atau software dengan fungsi dan memiliki fitur tertentu untuk menjalankan fitur tambahan di wordpess ataupun plugin lainnya tanpa merubah program itu sendiri. Banyak plugin berjalan sebagai add-on atau extension. Plugin di buat untuk meningkatkan performa atau menambah fitur yang sebelumnya tidak tersedia.

Sebagai contoh Anda memiliki website toko online dengan woocommerce, dan ingin menambahkan metode pembayaran, sementara itu tidak tersedia melalui plugin toko online woocommerce. Anda dapat menggunakan plugin metode pembayaran lain, Nah ini menjadi peran penting dari plugin tadi melengkapi atau meningkatkan performa dari plugin yang sudah ada.

Jika Anda selesai install wordpress di xampp, selanjutnya harus mengetahui jenis-jenis plugin yang dapat membantu Anda lebih mudah membangun website.

Jenis Plugin WordPress

Dengan adanya plugin para pengguna wordpress dapat meningkatkan kemampuan di website atau blognya. Plugin memudahkan pengguna yang tidak memiliki pengetahuan di dunia programming lebih dalam. Selain itu plugin juga mudah untuk digunakan, Anda tinggal cari plugin sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya lalu menginstallnya sesuai instruksi. Dari banyaknya plugin yang tersedia saat ini, berikut beberapa pengelompokan atau jenis plugin berdasarkan fungsinya:

Plugin Backup

Plugin dengan jenis ini berfungsi untuk mencadangkan atau mengembalikan data website, baik itu kode, database dan lain-lain secara utuh. Ini bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan kode, data terhapus dan lain sebagainya. Ada beberapa plugin masuk dalam jenis plugin backpup seperti:

Plugin SEO

Ini menjadi jenis plugin yang paling penting dan harus Anda install. Plugin ini berfungsi untuk membantu Anda menaikkan ranking atau posisi di mesin pencarian seperti google, BING dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat mengetahui artikel Anda sejauh ini sudah SEO Friendly atau belum. Ada banyak plugin yang tersedia, namun plugin berikut ini yang sudah tidak lagi diragukan kemampuannya seperti,

Plugin Performa Kecepatan Website

Kecepatan website adalah hal yang paling utama untuk di perhatikan, mengapa demikian? Semakin cepat website Anda untuk di tampilkan atau di muat ini sangat berpengaruh untuk pengunjung. Banyak pengunjung meninggalkan website hanya karena website tersebut lama untuk di muat. Ini akan mengakibatkan turunnya performa di hasil pencarian google. Anda dapat menggunakan plugin dengan jenis ini di website seperti,

Plugin Security (Keamanan)

Selain kecepatan, keamaan juga jangan Anda anggap sepele atau tidak penting. Plugin keaamanan membantu melindungi website Anda dengan berbagai macam cara dari berbagai jenis serangan seperti DDOS Attack, SQL Injection dan lain sebagainya. Berikut beberapa plugin keamanan yang dapat Anda gunakan seperti,

Perlu di perhatikan, jika Anda menggunakan terlalu banyak plugin juga tidak baik. Mengapa demikian? ini akan meningkatkan jumlah penggunaan memory pada hosting Anda tentunya. Selain itu website juga akan semakin berat karena terlalu banyak request file yang akan di tampilkan. Gunakan sebijak mungkin plugin wordpress, jika Anda masih dapat menggunakan kode ada sebaiknya tidak menggunakan plugin.

Selain itu, perhatikan rating, jumlah pengguna, reviewnya dan apakah support dengan versi wordpress Anda sebelum menginstall. Ini bertujuan untuk mengurangi resiko kerusakan yang ditimbulkan setelah Anda menginstall plugin.

Demikianlah pembahasan mengenai plugin wordpress dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.