Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Prameko.com – Kali ini saya akan membahas tentang cara mudah membuat nomor urut di Microsoft Excel. Pada sebuah tabel data, membuat nomot urut adalah hal yang paling penting. Pada microsoft excel membuat nomor urut memiliki banyak cara. Yang biasa dilakukan dalam pembuatan nomor urut adalah mengetikkan angka satu persatu pada sel excel.

Jika Anda hanya membuat nomor urut tersebut maksimal 10 nomor itu sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, bagaimana jika Anda akan membuat dengan jumlah nomor urut hingga puluhan dan ratusan data? tentunya butuh waktu lama dan akan membosankan.

Selain menggunakan cara mengetikkan satu persatu nomor, ada tiga cara yang dapat Anda lakukan dalam pembuatan nomor urut di Microsoft Excel secara otomatis. Tentunya cara ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut ini cara membuat nomor urut di microsoft excel dengan mudah:

Cara Membuat Nomor Urut di Excel

Tentunya cara ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut ini cara membuat nomor urut di microsoft excel dengan mudah:

Membuat Nomor Urut Manual

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat nomor urut dengan cara manual. Seperti pada penjelasan diatas, Anda dapat menuliskan atau mengetikkan nomor dengan cara satu-persatu. Cara ini merupakan cara paling umum dan dasar dalam penggunaan microsoft excel. Jika Anda sudah mengetahui cara lainnya jangna lagi untuk menggunakan cara ini. Mengapa? tentunya sangat merepotkan dan membutuhkan waktu lama, jika Anda memiliki nomor urut hingga ratusan bahkan ribuan.

Nomor Urut dengan Tombol CTRL

Pembuatan nomor urut selanjutnya adalah dengan cara memanfaatkan tombol CTRL pada keyboard. Cara ini cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Banyak para pengguna microsoft excel menggunakan cara ini. Lalu bagaimana caranya? Anda cukup membuat angka awalan kemudian tekan tombol CTRL dan tahan, lalu arahkan kursor Anda ke pojok kanan bawah sel, lalu drag kebawah. Lihat video berikut ini untuk lebih jelasnya:

Menggunakan Fill Excel

Cara selanjutnya adalah menggunakan bantuan menu Fill pada microsoft excel. Cara ini sangat efektif jika Anda membuat nomor urut hingga ratusan atau bahkan ribuan. Lalu bagaimana caranya? perhatikan langkah demi langkah dibawah ini:

  • Ketik angka yang akan Anda jadikan permulaan, misalnya angka 1.
  • Selanjutnya klik menu Home, lalu pilih menu Fill, kemudian pilih Series
cara membuat nomor urut excel
  • Maka akan muncul tmapilan seperti dibawah ini, jika Anda akan membuat nomor urut dengan tampilan dari atas ke bawah silahkan pilih Column pada bagian series. Jika ingin menampilkan urutan secara vertikal maka pilih Rows. Selanjutnya masukkan nomor akhir yang Anda ingingkan pada kolom stop value, misalkan Anda akan membuat nomor urut 1 hingga 200 maka masukkan nilai stop value 200. Lalu tekan tombol OK.
cara membuat nomor urut excel

Cukup mudah bukan? silahkan gunakan mana yang menurut Anda paling mudah. Jika Anda memeiliki cara lain secara otomatis, silahkan komentar pada akhir pembahasan ini ya. Semoga bermanfaat.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.