Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara Install SSL di Cpanel – Tidak hanya kecepatan yang perlu diperhatikan jika ANda memiliki website. Keamanan menjadi faktor penting untuk menjaga perpindahan tau pertukaran data menjadi aman.

Tentunya dengan keamanan yang baik pengunjung akan aman jika melakukan transaksi atau berbagi data di website Anda. SSL adalah sebuah perangkat lunak yang wajib digunakan untuk menunjang keamanan situs.

Sebelum mengetahui cara install SLL di cPanel, ada baiknya mengetahui apa itu SSL, manfaatnya dan lain sebagainya.

Baca juga: Control Panel Hosting Populer Saat ini

Apa itu SSL?

Apa itu SSL? Secure Socket Layer atau biasa disingkat dengan SSL merupakan sebuah protokol keamanan yang digunakan untuk mengenkripsi komunikasi antara perangkat pengguna dan server web.

Ini bertujuan untuk melindungi data yang ditransmisikan, membuatnya sulit untuk diakses oleh pihak yang tidak berwenang. SSL menciptakan saluran aman yang memastikan bahwa informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan data pribadi lainnya tidak dapat disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara Kerja SSL

SSL bekerja dengan mengenkripsi data yang dikirimkan antara perangkat pengguna dan server web. Ini melibatkan penggunaan sertifikat digital yang diterbitkan oleh otoritas sertifikasi yang terpercaya. Ketika pengguna mengakses situs web yang menggunakan SSL, koneksi aman dibangun, dan data dikirim dalam bentuk terenkripsi.

Manfaat SSL

Berikut beberapa manfaat penggunaan Secure Socket Layer pada website:

  • Keamanan Data: Melindungi data sensitif dari ancaman online.
  • Kepercayaan Pengguna: Meningkatkan kepercayaan pengunjung situs web.
  • SEO: Mempengaruhi peringkat di mesin pencari.
  • Perlindungan Terhadap Phishing: Mencegah serangan phishing.
  • Kepatuhan Hukum: Mematuhi regulasi keamanan data.

Baca juga: Cara Membuat Staging WordPress di Cpanel

Cara Install SSL di Cpanel

Saat ini tersedia SSL gratis dan berbayar, SSL gratis ini didapatkan berdasarkan jenis server dan layanan penyedia hosting. Ada beberapa penyedia hosting tidak memberikan layanan SSL secara gratis. Berikut ini cara install ssl di cpanel dengan mudah dan benar, silahkan login ke dashboard cpanel terlebih dahulu,

  1. Login cPanel Anda melalui halaman login member atau menambahkan /cpanel pada akhir domain. Sebagai contoh “https://domain.com/cpanel”
  2. Pilih pada bagian Security dan klik menu SSL/TLS
Cara Install SSL di cpanel

3. Selanjutnya akan masuk pada halaman SSL/TLS. Pilih Install and Manage SSL for Your Site (HTTPS) pada sidebar sebelah kanan

Cara Install SSL

4. Silahkan pilih domain yang akan Anda install SSL. Selanjutnya, Klik tombol Autofill by Domain

Cara Install SSL

5. Setelah klik tombol autofill nantinya data SSL akan masuk secara otomatis pada kolom berikut ini:

Cara Install SSL

6. Jika semua data sudah terisi secara otomatis, lalu klik tombol Install Certificate. Tunggu hingga proses install ssl selesai.

7. Silahkan uji coba pada halaman incognito browser dengan menambahkan https sebelum domain. Sebagai contoh, https://domain.com/

Perlu diperhatikan, beberapa server menggunakan teknologi server untuk meningkatkan kecepatan server. Jika belum ada perubahan silahkan tunggu beberapa menit kemudian.

Jika Anda ingin menambahkan domain di server yang sama, maka Anda tidak perlu lagi membeli SSL. Anda dapat menggunakan SSL gratis yang sudah tersedia di cPanel.

Mudah bukan? Semoga langkah-langkah cara install SSL diatas dapat membantu Anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih!


Avatar for Pram Eko

administrator

Pram Eko is devoted to exploring web trends, website developer, and writing about WordPress for almost 8 years. Moto Traveler, Ingress Prime Agent

1 Comment

  • Avatar for secret

    secret, 3 September 2023 @ 10:05 pm Reply

    Awesome post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *