Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Dalam pembahasan mengenai sistem atau metode transfer file pada website sering kita temukan istilah FTP, SFTP, FTPS dan lain sebagainya terkadang banyak pengguna merasakan bingung dalam memahami dan mengetahui perbedaannya. Tentunya sistem transfer file tadi memiliki perbedaan dalam penerapan dan penggunaannya. Berikut penjelasan perbedaan FTP dengan SFTP .

Apa itu FTP?

File Transfer Protokol atau biasa dikenal dengan istilah FTP adalah protokol jaringan yang berfungsi untuk mentransfer file atau data ke sebuah server. FTP sangat banyak di gunakan sejak hadirnya world wide web atau www. Klien FTP membuat koneksi dengan bantuan TCP yang memungkinkan banyak klien untuk mengakses server secara bersamaan.

FTP dibuat sebagai protokol transfer file dengan minim keamanan, terlebih lagi untuk menangani jenis ancaman keamanan siber. FTP bertukar data menggunakan dua saluran terpisah yang dikenal sebagai commnad channel dan data channel.

Dengan kedua saluran tersebut tidaklah terenkripsi yang dapat menyebabkan data yang dikirim melalui saluran ini rentan untuk di cegat dan dibaca oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini sangat tidak disarankan jika website Anda sering melakukan transfer file. FTP membuat koneksi kontrol pada port TCP 21.

Apa itu SFTP?

Secure File Transfer Protocol atau biasa dikenal dengan SFTP adalah metode untuk mengamankan pengiriman dan pertukaran informasi antara server dengan klien. SFTP merupakan bagian dari SSH atau Secure Shell yang memungkinkan pada proses transfer file akan dilakukan enkripsi.

Berbeda dengan FTP, SFTP hanya menggunakan satu koneksi dan akan mengenkripsi informasi otentikasi serta file data yang sedang di transfer. Dengan SFTP Anda cukup menggunakan ID pengguna dan kata sandi saja untuk proses otentikasi. Metode otentikasi pada SFTP juga dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan SSH Keys. Pada sistem koneksi SFTP mentransfer file di bawah koneksi yang dibuat oleh protokol SSH antara klien dan server saja.

Perbedaan Utama

  • FTP adalah protokol jaringan yang digunakan untuk bertukar file melalui jaringan TCP/IP, sedangkan SFTP adalah protokol jaringan yang memungkinkan akses file, transfer, dan manajemen data melalui aliran data.
  • Pada FTP koneksi menggunakan kontrol pada port TCP 21, sedangkan SFTP mentransfer file dibawah koneksi yang aman pada protokol SSH antara klien dan server
  • FTP dapat diakses secara anonim dan tidak terenkripsi. Sedangkan pada SFTP di enkripsi dn membuat kontrol lalu lintas tidak efektif saat menggunakan proxy.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.