Seringkali mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi pingback yang muncul pada dashboard wordpress? Banyak pengguna atau pemilik situs wordpress tidak mengetahui arti dari pingback dan dampak yang ditimbulkannya.

Jadi apa itu Pingback WordPress dan bagaimana cara menonaktifkannya? Dalam artikel ini kami akan membahas semua yang perlu diketahui mengenai Pingback WordPress. Simak penjelasannya berikut ini:

Apa itu Pingback WordPress?

Apa itu Pingback WordPress? Pingback adalah pemberitahuan yang dikirim oleh wordpress ke blog wordpress lainnya saat menautkan ke konten mereka. Dengan kata lain, apabila ada situs wordpress yang menautkan halaman yang ada pada situs wordpress Anda maka wordpress akan memberitahu Anda melalui dashboard wordpress.

Biasanya pemberitahuan akan muncul pada menu Comments dashboard wordpress. Layaknya mention atau tag pada media sosial, pingback memiliki kinerja yang sama seperti itu.

apa itu pingback wordpress
Sumber gambar: Hubspot

Bagaimana Cara Kerja Pingback WordPress?

Secara default, pingback berjalan secara otomatis pada situs wordpress. Pingback bekerja pada saat, orang lain menautkan ke artikel atau halaman yang ada pada situs Anda. Tentunya dengan menautkan artikel yang ada ini meningkatkan SEO pada situs wordpress. Tentunya ini juga akan meningkatkan backlink situs wordpress.

Perlu diketahui, pingback tidak hanya terjadi ketika orang lain atau pemilik situs wordpress lain menautkan artikel yang Ada pada situs wordpress Anda di artikel atau halaman mereka.

Tapi itu juga terjadi ketika Anda menautkan halaman atau artikel yang ada pada situs Anda sendiri, ini biasa disebut dengan internal link. Dan cara kerja pingback yang Anda lakukan pada situs itu sendiri disebut dengan Pingback Mandiri (Self-Pingbacks).

Keuntungan dan Kekurangan Pingback WordPress

Ada beberapa keuntungan dan kekurangan jika menggunakan fitur Pingback WordPress pada situs Anda. Berikut ini beberapa keuntungan dan kekurangannya:

Keuntungan Pingback

  • Meningkatkan backlink. Dengan adanya pingback ini akan membawa traffic ke situs Anda sekaligus meningkatkan kualitas SEO.
  • Meningkatkan kualitas konten. Tentunya dengan adanya tautan yang serupa atau konten yang saling berkaitan ini akan meningkatkan kualitas konten dan meningkatkan pengalaman pengunjung.
  • Meningkatkan Popularitas Situs. Ini menjadi tolak ukur popularitas sebuah situs, semakin banyak situs wordpress lainnya yang menautkan artikel yang ada dan memberitahu Anda semakin tau banyaknya situs lain yang menautkan artikel pada situs Anda.
  • Pengurangan Beban Server: Menonaktifkan pingback akan mengurangi beban server, meningkatkan kinerja situs web.

Kekurangan Pingback

  • Ancaman Keamanan. Fitur pingback sangat berpotensi dimanfaat para spammers untuk membanjiri spam atau konten yang tidak bermanfaat.
  • Penurunan Kualitas Konten. Semakin banyak yang menautkan konten Anda di artikel yang tidak berkaitan atau tidak berkualitas ini akan menimbulkan penurunan kualitas konten di hasil mesin pencarian seperti Google.
  • Menghabiskan banyak waktu. Jika Anda mengaktifkan fitur pingback dan harus melakukan persetujuan, Anda perlu mengeceknya satu persatu dan tentunya ini akan banyak menghabiskan banyak waktu.

Cara Menonaktifkan Pingback WordPress

Dalam beberapa situasi, pingback harus di nonaktifkan. Setelah mengetahui apa itu pingback wordpress, lalu bagaimana cara menonaktifkan fitur pingback wordpress tersebut? Berikut ini cara menonatifkannya:

Langkah 1: Masuk ke halaman dashboard wordpress

Silahkan masuk pada halaman dashboard wordpress, pastikan sudah memiliki Akses. Jika tidak memiliki akses, dapat menambahkan admin menggunakan akses FTP.

Baca juga: Cara Menambahkan User dengan FTP WordPress

Langkah 2: Non-aktifkan melalui fitur Diskusi

Klik atau pilih Menu Settings ยป Discussion, nonaktifkan atau unchecklist pada bagian Attempt to notify any blogs linked from the article. Lalu uncheck juga pada bagian Allow link notifications from other blogs (Pingback and Trackbacks) on new articles.

Apa itu Pingback WordPress?

Langkah 3: Simpan Perubahan

Setelah melakukan langkah 2 diatas, lakukan simpan perubahan yang sudah dilakukan. Silahkan bersihkan cache website dan server.

Selain itu Anda juga dapat menonaktifkan fitur pingback pada masing-masing artikel saja. Silahkan edit artikel atau halaman, lalu lihat pada bagian sidebar sebelah kanan nonaktifkan fitur pingback & trackbacks.

Apa itu Pingback WordPress?

Kesimpulan

Menonaktifkan pingback di WordPress adalah langkah yang penting untuk meningkatkan keamanan dan kinerja situs web Anda. Dengan mengikuti panduan ini dan memperhatikan pertimbangan tambahan, Anda dapat melindungi situs Anda dari potensi risiko keamanan dan meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan pengetahuan ini, Anda siap untuk menjaga situs WordPress Anda tetap aman dan efisien.


Avatar for Pram Eko

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *