Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara tambah user dengan FTP WordPress – Sesuai dengan judul artikel kali ini, akan membahas tentang bagaimana cara menambahkan user baru dengan FTP di wordpress. Mengapa harus menggunakan FTP? Mengapa tidak menambahkannya secara manual melalui dashboard user? atau dapat juga menambahkannya secara manual pada database dan mengakses PhpMyadmin?

Cara ini merupakan alternatif jika Anda tidak memiliki akses ke dashboard dan database website. Pastikan jika Anda membuat akun FTP di setiap website untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Seperti, website Anda di retas dan akun admin sudah di hapus. Dengan cara ini tentunya dapat membantu Anda dengan cepat untuk mengakses halaman dashboard lagi.

Jika Anda belum tau menggunakan FTP, silahkan baca pada artikel Apa itu Filezilla. Anda dapat menggunakan aplikasi Filezilla untuk dapat menggunakan FTP dengan aman dan mudah.

Cara Tambah User dengan FTP WordPress

Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan, backup terlebih dahulu website Anda. Berikut yang perlu Anda lakukan untuk menambahkan user wordpress menggunakan FTP:

  • Hubungkan atau login menggunakan akun FTP Anda,
  • Buka direktori tema wordpress Anda, dan buka file function.php menggunakan aplikasi text editor,
  • Tambahkan kode dibawah ini:
function add_admin_account(){
	$user = 'Username';
	$pass = 'Password';
	$email = 'email@domain.com';
	if ( !username_exists( $user )  && !email_exists( $email ) ) {
		$user_id = wp_create_user( $user, $pass, $email );
		$user = new WP_User( $user_id );
		$user->set_role( 'administrator' );
	} 
}
add_action('init','add_admin_account');
  • Selanjutnya simpan file function.php!

Jangan lupa! ganti pada bagian Username dengan username yang Anda inginkan, Password dan email juga sesuai dengan keinginan. Untuk user role administrator adalah jenis user role Admin, untuk user role lain silahkan lihat disini https://wordpress.org/support/article/roles-and-capabilities/.

Silahkan coba login menggunakan username dan password yang Anda buat tadi pada file function.php. Jika berhasil login dan masuk mengakses dashboard Anda. Buka kembali file function.php tadi, hapus kode atau script untuk menambahkan user menggunakan FTP tadi. Jangan khawatir, menghapus kode tadi tidak akan menghapus user yang sudah di tambahkan tadi.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara menambahkan user menggunakan FTP. Jika Anda memiliki solusi dan cara alternatif lain, silahkan ajukan pada kolom komentar setelah artikel ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.