Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Hapus pesan pemberitahuan admin di wordpress – WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang sangat populer saat ini. Hampir 60% lebih situs yang ada di internet menggunakan wordpress. Selain kemudahan dalam penggunaannya, ternyata wordpress juga sangat mudah untuk di kustomisasi.

WordPress memberikan kebebasan untuk melakukan kustom, baik dari segi tampilan hingga ke kustom function. Jika pengguna tidak terlalu banyak mengetahui pemrograman, wordpress banyak menyediakan plugin dalam pembangunan sebuah situs.

Sayangnya, ketika banyak menggunakan plugin akan muncul pesan-pesan pada halaman dashboard. Pesan yang muncul ini biasa kita kenal dengan istilah Admin notice. Pemberitahuan yang muncul berisikan informasi tentang kesalahan (error), peringatan (warning) dan informasi penting lainnya.

Meskipun pemberitahuan admin ini sangat penting, namun sayangnya terkadang sangat mengganggu. Bagaimana tidak, jika pesan yang muncul dari plugin terlalu banyak ini akan terlihat membosankan dan mengganggu tata letak pada dashboard.

Jenis Pemberitahuan Admin

Pada pemberitahuan Admin atau admin notice memiliki beberapa jenis yang dikategorikan menggunakan warna. Ada empat warna yang memiliki maksud dan tujuan berbeda. Jadi dengan adanya perbedaan warna Anda akan tahu apa yang terjadi dari pesan yang muncul. Berikut ini penjelasan dari empat warna admin notice:

  • Merah, menampilkan kesalahan yang terjadi
  • Kuning, menampilkan peringatan
  • Hijau, menampilkan berhasilnya sebuah tindakan, seperti update, delete, dan publish
  • Biru, menampilkan pesan penting untuk admin

Dari empat warna tadi, nyatanya ada warna lain yang muncul pada admin notice. Warna ini biasanya muncul mengikuti kode warna dari plugin yang Anda gunakan. Seperti pesan yang muncul ketika Anda menggunakan plugin woocommerce, warna yang dipakai pada pemberitahuan admin adalah warna khas dari woocommerce.

Hapus Pesan Pemberitahuan admin

Seperti yang sudah saya katakan diawal, wordpress memberikan keleluasaan untuk melakukan kustom sesuai kebutuhan Anda. Pesan pemberitahuan untuk admin pada halaman dashboard dapat anda hapus atau sembunyikan. Berikut cara mudah untuk hapus admin notice pada halaman dashboard di wordpress:

Menggunakan Kode

Pada cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan kode. Cara ini sangat tepat jika Anda tidak ingin menggunakan plugin. Tambahkan kode berikut ini pada file function.php. Anda dapat menggunakan akses FTP, cPanel atau menggunakan themes editor untuk menemukan file function.php.

add_action('admin_enqueue_scripts', 'prameko_admin_theme_style');
add_action('login_enqueue_scripts', 'prameko_admin_theme_style');
function prameko_admin_theme_style() {
	if (!current_user_can( 'manage_options' )) {
		echo '<style>.update-nag, .updated, .error, .is-dismissible { display: none; }</style>';
	}
}

Jika kode diatas tidak berfungsi gunakan kode alternatif berikut ini:

add_action('in_admin_header', function () {
  if (!$is_my_admin_page) return;
  remove_all_actions('admin_notices');
  remove_all_actions('all_admin_notices');
  add_action('admin_notices', function () {
    echo 'My notice';
  });
}, 1000);

Install Plugin Hide Notice Admin

Tidak punya akses ke cpanel ataupun menggunakan FTP? Anda juga tidak ingin mengmabil resiko lebih? dapat menggunakan plugin. Cukup install plugin Hide Notice Admin, lalu konfigurasi atau setting sesuai kebutuhan Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara hapus pemberitahuan admin aau admin notice. Punya cara lain? beritahu saya melalui kolom komentar ya! Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.