Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Cara tambah avatar default wordpress – Secara default avatar yang ada pada wordpress menggunakan Gravatar. Gravatar adalah sistem avatar default wordpress. Gravatar ini berfungsi untuk menampilkan foto profil pengguna, ini akan terlihat pada saat pengguna mengirikan komentar pada sebuah artikel atau post.

Gambar avatar yang dibuat menggunakan gravatar ajab tampil di sebelah komentar yang dibuat oleh pengguna di wordpress. Sekali Anda membuat, itu akan tampil di website mana pun yang menggunakan wordpress.

Baca juga: Cara Mengganti Foto Profil WordPress

Pada saat menginstall wordpress, gambar avatar gravatar secara default sudah tersedia. Gambar avatar yang ada berupa placeholder profil, ini akan tampil saat pengguna belum memilih atau membuat avatar mereka sendiri di gravatar.

Default avatar wordpress

WordPress juga memberikan beberapa pilihan bentuk avatar. Anda dapat memilihnya melalui Dashboard » Settings » Discussion » Default Avatar,

tambah avatar default wordpress

Selain pilihan avatar diatas, apakah bisa menambahkan avatar kustom sendiri? Seperti logo website kita sendiri atau menggunakan gambar vektor lainnya? Tentunya bisa. Anda dapat melakukannya dengan mudah.

Tambah Avatar Default WordPress

Seperti yang sudah saya katakan tadi, Anda dapat menambahkan gambar avatar baru ke dalam wordpress. Yang perlu Anda persiapkan adalah gambar yang ingin ditambahkan nantinya. Untuk ukuran gambar usahakan minimal 512×512 pixel. Berikut ini cara mudah tambah avatar kustom di wordpress:

  • Upload gambar avatar ke media library,
tambah avatar default wordpress
  • Copy URL Gambar yang ingin Anda jadikan avatar nantinya. Anda juga dapat menggunakan gambar lain dengan URL yang berbeda.
tambah avatar default wordpress
  • Tambahkan kode berikut ini di file function.php atau kustom file function yang ada pada website.
/**
 * Register new default avatar.
 *
 * @param array $avatars Default WordPress Avatars.
 *
 * @return array
 */
function prameko_register_new_avatar( $avatars ) {

	$new_avatar = 'https://prameko.com/wp-content/uploads/2021/12/favicon-32x32-1.png';

	$avatars[ $new_avatar ] = __( 'Kustom Avatar', 'dorzki' );

	return $avatars;

}

add_filter( 'avatar_defaults', 'prameko_register_new_avatar' );
  • Penjelasan:
    Pada bagian $new_avatar = ‘https://prameko.com/wp-content/uploads/2021/12/favicon-32×32-1.png‘; ganti URL sesuai dengan URL gambar atau media yang tadi Anda upload
  • Simpan. Selanjutnya, cek pada Dashboard » Settings » Discussion » Default Avatar
tambah avatar default wordpress

Tambah avatar default wordpress, ini lah cara sederhananya. Apakah ada cara lain seperti menggunakan plugin? Tentunya ada. Anda dapat menggunakan plugin sebagai alternatif jika cara tadi sangat beresiko dan tidak memiliki akses untuk menemukan file function.php. Gunakan Plugin Simple Local Avatar untuk menambahkan avatar baru di wordpress.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang bagaimana cara menambahkan avatar baru di wordpress. Semoga bermanfaat dan terimakasih!


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.