Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Apa itu cache? – Bagi sebagian pengguna internet mungkin masih cukup asing dengan istilah cache. Lalu apa itu cache? apakah cache memiliki peranan penting pada sebuah website atau aplikasi dan sebuah perangkat? Berikut penjelasan mengenai cache, jenis dan cara menghapus cache di perangkat Anda.

Apa itu Cache?

Cache adalah data sementara yang di simpan pada suatu file oleh sistem yang bertujuan untuk mempermudah kinerja dari aplikasi atau sebuah website. Setiap aplikasi dan website yang Anda gunakan pasti memiliki cache. Dengan adanya cache ini akan memberikan pengalaman terbaik pada saat kunjungan kedua.

Dengan kata lain, cache membantu Anda lebih cepat saat membuka aplikasi atau sebuah halaman website dari pertama kali Anda membukanya atau mengaksesnya. Proses ini adalah caching. Cache menyimpan data sementara dari website, browser dan aplikasi tanpa harus mengunduh data request berulang kali.

Cara kerja Cache

Data yang disimpan tidak selalu mirip. Secara umum data cache bekerja hampir disetiap kondisi dan situasi. Anda dapat membuat sebuah aturan untuk informasi apa yang disimpan, di mana dan waktu yang dibutuhkan berapa lama.

Data cache biasanya memiliki batas kadaluarsa, jadi sifatnya tidak permanen. Mengapa demikian? untuk membantu dan memastikan bahwa Anda tidak terjebak dan memuat data atau informasi lama setelah melakukan perubahan pada website atau aplikasi.

Jenis Cache pada Komputer

Cache memiliki dua kategori atau jenis yaitu client-side caching dan server-side caching. Berikut penjelasan dari dua jenis cache ini,

Client-side caching

Cache dengan jenis ini menyimpan data di dalam perangkat penggunanya dan dapat digunakan oleh pengguna kapan pun pengguna inginkan. Anda dapat melihat pada perangkat dengna beberapa folder dengna nama cache. Salah satu jenis client-side yang sering di temukan adalah browser cache.

Browser cache dapat mempermudah dan mengurangi waktu untuk memuat sebuah halaman website. Caching akan mulai pada saat Anda pertama kali mengunjungi website tersebut. Semua jenis browser menerapkan browser caching. Penting, lakukan penghapusan cache pada browser secara bertahap dan berkala. Mengapa demikian? cache yang terlalu banyak akan membebani kinerja komputer Anda.

Server-side caching

Sercer-side caching melakukan penyimpanan data seperti gambar dan file di website ke dalam server dari website itu sendiri. Pengguna dapat lebih cepat mengakses website tersebut. Dengan begitu adanya proses caching ini akan meningkatkan kecepatan dan pengalaman pengunjung. Jenis cache ini memiliki beberapa jenis seperti,

Database cache – Jenis cache ini banyak digunakan oleh para pengembang aplikasi berbasis web dengan tujuan meningkatkan kemapuan web menjadi lebih baik. Keunggulan menggunaka njenis cache ini adalah proses data lebih cepat dan mengurangi kinerja CPU.

Object cache – Object cache berfungsi untuk menyimpan data onjek secara lokal dan tidak perlu mendownload secara berkala. Objek yang di simpan berupa gambar, video, dokumen atau file lainnya. Data yang di tampilkan lebih cepat karena data dapat diakses tanpa menggunakan server.

Opcode cache – berfungsi untuk meningkatkan kinerja dari bahasa pemograman PHP. Opcode cache ini adalah salah satu dari beberapa metode untuk meningkatkan performa dari PHP.

Page cache – pada jenis cache ini tidak jauh berbeda dengan cache sebelumnya, hanya saja cache ini menyimpan halaman web secara lengkap untuk nantinya di tampilkan oleh user. Data ini akan di simpan pada Random Access Memory (RAM).

Perlukah Menghapus Cache?

Banyak pertanyaan pengguna internet tentang menghapus cache, salah satunya adalah perlukah menghapus cache atau apa resiko jika cache tidak melakukan penghapusan?. Menghapus cache dapat Anda lakukan dan tergantung kondisi. Jika kapasitas memori perangkat mobile dan komputer Anda hampir penuh, lebih baik ada menghapus cache.

Perlu Anda ketahui bahwa, menghapus cahe maka akan mengulang kembali sistem aplikasi dan mendownload data yang ada seperti semula. Dalam artian lain, aplikasi atau website yang Anda gunakan akan lebih lambat pertama kali di proses. Namun jangan khawatir, untuk kunjungan kedua akan lebih cepat daripada kunjungan pertama.

Cara Hapus Cache

Ada beberapa cara menghapus cache baik itu di aplikasi atau browser yang Anda gunakan. Cara menghapus cache pada browser dengan mudah berikut ini,

Google Chrome

Menghapus cache adalah menghapus data yang tersimpan, jadi perhatikan dan cek kembali jika ada data yang tidak ingin Anda hapus seperti histori penjelajahan yang penting supaya tidak terhapus.

  • Buka chrome, klik ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas,
  • Klik More Tools,
  • Klik Clear browsing data,
  • Centang atau ceklis pada Cookie and other data site, sisanya silahkan sesuaikan kebutuhan Anda.
  • Lalu klik tombol Clear data
cara hapus cache

Android

Buka pengaturan pada ponsel Anda, lalu pilih menu aplikasi, cari dan tentukan aplikasi mana yang akan Anda hapus cachenya. Hapus cache pada aplikasi yang sering Anda gunakan, seperti instagram, facebook, whatsapp dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu dan cara hapus cache, jika Anda memiliki tips lain tentang cache silahkan ajukan pada kolom komentar setelah artikel ini ya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.