Address

Perm. Handayani, Jl. Handayani, Pekanbaru, Riau

Contact

Aplikasi Chat untuk Kerja Tim Terbaik – Kondisi pandemi covid-19 saat ini membawa semua perusahan melakukan kerja remote atau jarak jauh. Dengan adanya beberapa ketentuan beberapa persen atau sebagian karyawan harus melakukan kerja Work From Home (WFH) membuat komunikasi sedikit terganggu. Komunikasi yang awalnya di lakukan secara langsung, kini harus menggunakan media atau aplikasi lain.

Komunikasi lebih banyak menggunakan aplikasi chat seperti whatsapp ataupun telegram melalui grup. Namun sayangnya komunikasi kerja tim mungkin sedikit kurang efektif, karena chat gabung dengan chat pribadi atau ke rekan lainnya. Nantinya akan terjadi kesalahan membalas chat ataupun salah mengirim file dokumen.

Jika Anda bekerja dengan tim saya merekomendasikan aplikasi chat khusus untuk tim kerja. Tentunya ini membawa pengalaman baru dan keuntungan yang lebih banyak. Selain keuntungan, tentunya ini sangat efektif karena hanya berfokus pada satu lingkungan kerja saja.

Aplikasi Chat Kerja Tim

Saat ini aplikasi chat yang tersedia sangat banyak, mulai dari gratis hingga berbayar. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi chat kerja tim yang terbaik menurut saya untuk dapat Anda gunakan untuk kebutuhan kerja sehari-hari dengan tim atau karyawan lain:

Slack

aplikasi chat kerja

Aplikasi chat Slack mulai diperkenalkan pada tahun 2013 oleh Perusahaan Stewart Butterfield, Tiny Speck. Awalnya slack dirancang untuk media chat atau komunikasi tim internal yang ada pada perusahaan stewart yang mengerjakan proyek Game “Glitch”. Dengan banyak pertimbangan, akhirnya pembuat slack meluncurkan aplikasi ini untuk umum.

Lima tahun setelah peluncurannya, saat ini slcak diakuisisi oleh perusahaan Salesforce pada januari 2021 seharga $27,7 miliar. Saat ini slack memiliki lebih dari 12 juta pengguna aktif. Lebih dari 119.000 di antaranya adalah pengguna berbayar. Slack memiliki dua metode percakapan yaitu melalui chanel atau direct message.

Apakah slack gratis? Slack memiliki tingkatan yang berbeda-beda dalam menyediakan fitur untuk penggunanya. Ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Untuk versi gratis hanya bisa menampung chat 10.000 pesan serta menambahkan jumlah orang ke dalam channel. Saat ini slack masih mendukung untuk pengguna Windows Phone.

Discord

aplikasi chat kerja

Discord adalah aplikasi gratis VoIP, pesan instan (chat) dan penditribusian media. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengna slack dan skype dan aplikasi lainnya yang sama fungsinya. Awal mulanya discord dikembangkan hanya untuk interaksi pemain game dengan pemain game yang lainnya. Saat ini aplikasi ini memiliki pengguna sekitar 100 juta lebih.

Aplikasi ini menampung server atau ruang chat dengan berbagai topik, mulai dari game, musik, film. Aplikasi ini juga memiliki fitur bot, ini juga ada pada slack. Untuk menggunakannya dapat Anda akses melalui komputer desktop, browser dan aplikasi seluler. Jika Anda memiliki tim kerja yang cukup banyak, tidak ada salahnya mencoba sebagai aplikasi chat untuk mempermudah kerja Anda. Selain gratis, discord juga sangat ringan jika digunakan pada smartphone Anda.

Microsoft Teams

aplikasi chat kerja

Untuk perusahaan Microsoft sudah tidak di ragukan lagi pada kontribusinya dalam pengembangan aplikasi bisnis dan prokduktifitasnya. Salah satu aplikasi yang populer saat ini dari Microsoft adalah Microsoft Teams. Aplikasi ini merupakan penghubung ke berbagai layanan dan sektor bisnis melalui chat atau obrolan.

Microsoft teams mendukung kalan obrolan dengan sistem berkomentar, video chatting dan dapat terhubung dengan layanan dokumen lain yang ada pada Microsoft. Jika Anda menggunakan Office 365, integrasi pada aplikasi ini tentunya semakin meningkat. Anda dapat membagikan dokumen yang ada kepada tim kerja.

Selain itu microsoft teams juga dapat terhubung melalui aplikasi atau layanan pihak ketiga seperti Github dan Twitter. Sayangnya untuk menggunakan Microsoft teams harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun tidak salahnya Anda coba untuk mendapatkan keuntungan dan pengalaman kerja tim yang baik di perusahaan.

Twits

aplikasi chat kerja

Twits adalah aplikasi chatting untuk organisasi baik dalam skala besar maupun kecil. Aplikasi ini dikembangkan oleh Todoist. Fitur yang dimiliki oleh Twits adalah mendukung saluran obrolan, obrolan berbasis thread, mendukung bot dari zapier, dan dapat mengintegrasikan ke layanan lain.

Layanan yang dapat terintegrasi jika menggunakan Twits sebagai berikut:

  • CircleCI (Project Management)
  • Github
  • Skype
  • Asana
  • Auto Reports
  • Google Drive
  • Gitlab
  • Slack
  • Zapier
  • Trello
  • Todoist Quick Add
  • Zoom
  • Teamwork

Untuk versi gratis, Twits membatasi penggunanya untuk menikmati layanan dan fitur yang ada. Untuk fitur gratis hanya bisa menambahkan anggota maksimal sampai 500 orang, hanya dapat melakukan integrasi ke layanan lain maksimal hanya 5, Unlimited Guest. Jika menggunakan versi berbayar, biaya untuk langganan $5 untuk per user atau pengguna.

Google Hangouts

Untuk saat ini Google Hangouts sudah tidak ada kelanjutan pengembangannya oleh Google. Tapi saat ini google mengalihkannya menjadi aplikasi chatting untuk organisasi atau perusahaan pada layanan G-Suite sebuah layanan bisnis dari Google. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi chat kerja tim yang sudah ada, hangouts memliki fitur yang sama.

Seperti chatting, Hangout Meet dan dapat terhubung dengan layanan lainnya seperti Google Drive, Google Docs dan lain sebagainya. Untuk dapat menggunakan Hangouts Anda harus memiliki kases ke dalam G suite. Aplikasi ini masuk kategori komersial alias berbayar.

Demikianlah pembahasan aplikasi chat untuk kerja tim yang dapat Anda coba. Sesuaikan dengan kebutuhan di tempat Anda kerja. Anda punya alternatif aplikasi lainnya? ajukan pada kolom komentar ya. Semoga bermanfat dan terimakasih. 🙂


administrator

Eko Pramono lebih akrab disapa Pram, seorang web developer, suka nulis, suka ngegame, dan suka turing. Bekerja di salah satu perusahaan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.