Ketika kita berbicara tentang file gambar, kita pasti tidak asing dengan format JPEG atau JPG. Format ini adalah salah satu format gambar yang paling umum digunakan dan dikenal luas di seluruh dunia.

Namun, apa sebenarnya perbedaan antara JPEG dan JPG? Pada artikel ini, kita akan membahas secara rinci perbedaan antara kedua format gambar ini.

Apa itu JPEG?

JPEG merupakan singkatan dari Joint Photographic Experts Group, yaitu sebuah kelompok ahli fotografi dan komputer yang membuat format gambar kompresi yang paling umum digunakan.

Format ini memungkinkan gambar untuk disimpan dalam ukuran file yang lebih kecil, sehingga dapat dengan mudah dikirim melalui internet atau media penyimpanan yang terbatas.

Baca juga: Perbedaan Kompresi Lossy dengan Kompresi Lossless

Cara Kerja JPEG

JPEG menggunakan algoritma kompresi dengan lossy compression, yaitu sebuah teknik kompresi data yang menghilangkan beberapa informasi dari gambar asli untuk menghasilkan file yang lebih kecil.

Proses ini mengorbankan kualitas gambar asli, sehingga semakin besar tingkat kompresi, semakin buruk kualitas gambar yang dihasilkan.

Kelebihan JPEG

  • Ukuran file yang lebih kecil
  • Mendukung hingga 16,7 juta warna
  • Cocok untuk gambar yang memiliki banyak warna dan detail

Kekurangan JPEG

  • Kualitas gambar dapat berkurang jika terlalu banyak dikompres
  • Tidak cocok untuk gambar dengan garis dan teks yang tajam
  • Format gambar ini tidak mendukung transparansi

Apa itu JPG?

JPG adalah bentuk singkat dari JPEG, yaitu format gambar yang sama dengan JPEG namun memiliki penulisan nama file yang lebih pendek. Format JPG sering digunakan untuk menyimpan gambar di situs web dan media sosial.

Cara Kerja JPG

Seperti yang telah disebutkan, JPG adalah format gambar yang sama dengan JPEG. Namun, nama file yang lebih pendek memungkinkan file gambar untuk disimpan dengan cepat dan mudah.

Kelebihan JPG

  • Ukuran file yang lebih kecil
  • Cocok untuk gambar yang digunakan di situs web dan media sosial
  • Mendukung hingga 16,7 juta warna

Kekurangan JPG

  • Kualitas gambar dapat berkurang jika terlalu banyak dikompres
  • Tidak cocok untuk gambar dengan garis dan teks yang tajam
  • Format gambar ini tidak mendukung transparansi

Perbedaan JPEG dan JPG

Dalam hal fungsinya, tidak ada perbedaan antara JPEG dan JPG. Keduanya adalah format gambar yang sama dan dapat digunakan dengan cara yang sama. Yang membedakan kedua format gambar ini hanyalah penulisan nama file yang lebih pendek pada format JPG.

Namun, secara teknis, ada sedikit perbedaan dalam hal spesifikasi. JPEG adalah format gambar standar, yang berarti ada banyak variasi dalam spesifikasi yang digunakan oleh produsen kamera dan software. Sedangkan JPG adalah salah satu spesifikasi JPEG, yang telah disesuaikan untuk digunakan secara khusus di media sosial dan situs web.

Baca juga: Penjelasan Format Gambar Vektor dan Raster

Fakta Unik

Format file gambar JPG ini awalnya digunakan pada sistem operasi windows lama. Jadi jika masih menggunakan windows versi lama file JPEG tidak akan pernah dapat dibaca oleh windows. Karena sistem operasi windows dengan versi lama tidak mendukung format file lebih dari 3 huruf. Mengapa demikian? Windows belum mengizinkan untuk membaca format file dengan penamaan lebih dari 3 huruf.

Sementara dengan sistem operasi windows terbaru, sudah mendukung format file yang menggunakan lebih dari 3 huruf, seperti JPEG, WEBP dan lain sebagainya. Windows memberikan pengingat bahwasannya JPEG dan JPG tidak memiliki perbedaan, dengan itu jika menyimpan file dengan format JPEG secara tidak sadar memiliki tambahan informasi dalam tanda kurung pada format file JPEG.

perbedaan jpeg dan jpg

Kesimpulan

Perbedaan JPEG dan JPG kesimpulannya, meskipun JPEG dan JPG memiliki perbedaan dalam penulisan nama file dan spesifikasi yang digunakan, keduanya sama-sama merupakan format gambar kompresi yang sering digunakan di seluruh dunia.

Baik JPEG maupun JPG memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung pada kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, pemilihan format gambar harus disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.


Avatar for Pram Eko

administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *